Sabtu, Juli 28, 2012

Infeksi Sinusku

  2 comments    
categories: 
Beberapa hari ini angin begitu kencang menyapa, baik pagi, siang, sore, bahkan malam. Susahnya adalah sahur itu tempatnya di pagi hari, sebelum shubuh, dingin menusuk tulang dan malas bangun adalah faktor utama penghambat jalannya puasa. Siang hari, matahari pun tak segan untuk membakar kulit, dan sorenya air yang akan digunakan untuk mandi begitu dingin bak air kutub. Ujungnya saat tarawih ngantuk. Tuhaaan. Kenapa ini ? 

Cuaca tak menentu, membuat tubuh saya sedikit drop dibulan puasa kayak gini. Flu berat yang sudah saya usir akhirnya datang lagi untuk menyapa pagi saya. 3 hari berturut- turut menjaga uti di rumah sakit membuat badan saya agak lunglai, tidur di lantai, dan suasana crowdied membuat badan saya menangis karena kurang istirahat, menjaga orang sakit memang bukan hal yang menyenangkan. Sepulang dari RS, ganti badan saya yang tepar. Flu, keluar lendir bening kental dan kepala bagian belakang teras berat, badan demam serta ngilu disetiap tulangnya adalah hal yang saya rasakan saat ini. Kemarin, saya iseng googling tentang sinusitis :/ dan malamnya saya diajak bapak buat periksa ke dokter THT karena wajah saya ngilu serta pilek ga wajar, dan ternyata saya positif kena gejala sinusitis. :/

Kenapa bisa sinusitis ? 

Menurut om google yang ngasih saya inpo, sinusitis adalah suatu peradangan sinus paranasal (apa ini ???), nah di sekitar rongga hidung ada empat sinus yaitu sinus maksilaris ( terletak di pipi) , sinus etmoidalis ( kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi). Penyakit ini disebabkan oleh infeksi mikroorganisme pathogen. Bakteri dan jamur yang berkembangbiak didalam sinus menyebabkan penyumbatan intemiten (apa ini ???) dari ostium sinus (apa ini ???). Penyakit ini tidak menular (so, jangan takut deket- deket saya). Ada beberapa gejala yang mengarah pada timbulnya penyakit ini yaitu demam tinggi, sakit kepala berkepanjangan, nyeri wajah, rasa hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk.

yaah, gapapa. Ini masih gejala, kemarin dokter juga udah ngasih obat antibiotik. #positifmikirnya.

Nah absurdnya, terjadi obrolan santai tadi pagi sama ibuk, ini bikin saya agak nyengir. Semalam karena saya dan bapak pulang malam sehabis periksa, ibuk sudah tidur dan belum tau berita ini. Tadi pagi sebelum beliau berangkat kerja, terjadi percakapan random antara ibu dan anak. 

Ibuk : "semalam gimana ? sudah enakan badannya, mbak ?",
Aku : "iya, gak apa- apa, cuma gejala pilek yang kalau parah harus dioperasi :/",
Ibuk : "lho ya ? sinusitis to ? gak apa- apa, nanti kalau dioperasi hidungnya bisa dibikin agak mancung lagi kayak penyanyinya butiran debu",
Aku : "..."

Setelah itu aku sering pakai masker, tidur, didalam rumah, pokoknya sekarang jadi sahabat terdasyat masker dan tisu.


Engga lupa juga nyari Pencegahan, biar cepet sembuh dan gamau lebih parah. Keren sih namanya, tapi "_" .
udah segini aja dulu ya curhatnya, takut besok ga bisa bangun sahur. :)
selamat malam cemans

2 komentar:

  1. Wah, headernya baru niih :p ada potonyah..hihi..
    Kalau saya punya alergi mak, jadi hampir tiap hari ya ingusan mulu.. kaya orang pilek padahal engga.. Alhamdulillaahnya ga parah sih, kalau lagi di luar rumah suka ga kumat jadi ga ngerepotin :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. iya mak.. pengen yg lucu lucu. :D
      Sudah pernah coba ke THT mak ?

      Hapus

Keep Blogwalking!