Selasa, Mei 28, 2013

100 Pembicara 'Ricuh' di Blogger Bicara Komunitas

  35 comments    
categories: 
Acara tanggal 25 Mei di Coffee Toffe JX Internasional Surabaya benar- benar ricuh. Pasalnya ada 100 orang koplak keren yang hadir di acara ini. Meskipun nama acaranya Blogger Bicara Komunitas, tapi ternyata bukan hanya blogger saja yang hadir, peserta non blogger pun ikut menyemarakkan acara.
Jadi, udah tau ya, ricuhnya gimana. Kalau masih mau tau lebih lanjut, coba baca terus sampai habis.  #kode


Acara #BloggerBicaraKomunitas yang diadakan oleh BLOGdetik kali ini sangat spesial, kenapa ? ya, karena Surabaya ini adalah kota PERTAMAX yang disinggahi bicara komunitas di luar Jakarta, bukan kebetulan juga kalau saat itu ada acara Festival TIK di JX Internasional, Surabaya pada tanggal 24- 26 Mei 2013. Hal ini menambah serunya acara.

Saya yang pertama kali mengikuti acara seperti ini, merasa sangat senang dan beruntung bisa menjadi salah satu dari 100 peserta yang diundang untuk hadir. Setelah hari Kamis saya registrasi, dan Jumatnya cek email, saya mendapat undangan dari dBlogger Surabaya, wah senangnya. :D

Oh ya, disini saya berjumpa kembali dengan om Fayyas aka @gajahpesing setelah perjumpaan awal kami di Blogilicious Madura setahun yang lalu dan juga kembarannya om @gajahpenyet. Saya tidak menyangka loh kalau om Fayyas ini kembar. Haha
pict from BLOGdetik 

Acara di mulai pukul 19.00 WIB, kami duduk di kursi yang disediakan oleh panitia, posisi duduknya diatur berderet kebelakang. Setelah berkenalan sana- sini, akhirnya acara dimulai dengan dibagikannya lontong sate untuk dinner. *untung belum makan*.

Sembari makan sate, juga dibagikan sebuah barang mirip kapsul yang berukuran besar dan tertera huruf- huruf alfabet. Mulai dari A hingga Z, kebetulan saya dapat huruf F. Kapsul ini tidak boleh dibuka sampai waktu yang ditentukan. Karena nantinya akan ada instruksi untuk doorprize. 


Selesai makan sate, kami melihat video dari BLOGdetik tentang pandangan masyarakat tentang apakah komunitas itu??.


Setelah kami dibuat ngakak oleh video pandangan masyarakat tentng komunitas, om Karel Anderson sebagai MC, menginstruksikan kami untuk membentuk sebuah komunitas yang terdiri dari 10 orang, dan hanya diberi waktu 1 menit saja. Masing- masing dari kami langsung berhamburan membentuk komunitas. Benar- benar riuh.

Apa Saja Komunitasnya ? 
 Dalam waktu 1 menit 6 komunitas telah terbentuk, yaitu Komunitas Mata Hati, Pecinta Sate, SusimalaYes, Tahu Takwa, DETAK, dan Basamami. 

Setelah pembentukan komunitas, kami memilih ketua, dan  kemudian, Om Karel menanyakan definisi Komunitas kepada salah satu anggota yang ditunjuk. Tentunya dengan suasana yang selalu ceria. Selanjutnya kami diminta untuk membuat Yel- yel lagi- lagi kami diberi waktu 1 menit. 

Gimana Aja Yel- Yelnya ?
1. Komunitas Mata Hati : "Jagalah hati, jangan kau kotori, jagalah hati, karena kita mata hati" 
2. Komunitas Pecinta Sate : "Tee.. Satee... Yaaa'eee"  
3. Komunitas SusiMalayes : "...." *ekspresi mengingat- ingat*
4. Komunitas Tahu Takwa : "tahu takwa tahu takwa tahu takwa lontong sate, mulai kecil sampai tua, kita semua paling okeee"
5. Komunitas Detak : "Dedikasi, Edukasi, Teknologi, Apresiasi, Kreatif"
6. Komunitas Basamami : ".." seingat saya ada ah ah nya-  *maap lupa*
Tidak disangka Om Karel selanjutnya membagikan voucher belanja Carrefour yang pertama untuk salah satu komunitas. Voucher ini adalah titipan dari orang detikForum yang sukanya bagi- bagi tiket serta voucher gratis, sebelumnya kami diputarkan video perkenalan @mbaTiTis. Kalau yang belum tau siapa itu @mbaTiTis mungkin bisa buka INI.

Daan ternyata, komunitas Mata Hati yang berhak mendapatkan voucher tersebut, kemudian oleh pak Yosi (ketua komunitas Mata Hati), kesepuluh voucher tersebut dibagikan satu- satu setiap anggota, termasuk saya. *asik- asik* :D

KOMUNITAS MATA HATI
Komunitas Mata Hati ini terbentuk secara singkat padat dan jelas oleh sepuluh orang yang tidak ingin jauh- jauh mencari tempat duduk. Karena sepuluh orang anggota komunitas dadakan ini posisi duduk awal berdekatan dengan saya. Hihi.

Oke, sekarang, saya kenalkan dulu ke sepuluh anggota Mata Hati ya ;
Pak Yosi dari Surabaya - @abrijossi
 -

Mas Slamet dari Madura - @slameTux
-

Mas Teddy dari Surabaya - @tedyhan
pict from BLOGdetik
-

Mas Stevian aka Mas Centik dari Madura - @steviansh
-
Kak Didik dari Bojonegoro - @kakdidik13
-
Mas Bayu dari Kediri - @chandraBJ
 -
Silviana dari Pare - @silvianapple
 -

Mas Solikhin aka Joe Taslim KW dari Bandung - @massolpanjava
 -

Mas Elsen dari Garut - @rikardelsen
 -

Mas Ryan dari Gorontalo - @ryanosuke26
 -
Nah, kan, jauh jauh semua yak. Kemudian ada beberapa peserta yang lainnya datang, dan diminta untuk memilih salah satu dari enam komunitas yang ada, Mata Hati paling semangat menawarkan karena tempatnya paling depan, namun dari kesemua peserta yg barusan hadir menolak dan memilih komunitas Basamami. Entah apa yang membuat komunitas basamami memiliki daya tarik yang begitu kuat. haha
Kemudian datanglah pak Sigit w dari PANDI dan juga putranya, dek Didit, sama halnya dengan peserta yang baru datang lainnya, beliau ditanya ingin masuk dalam komunitas mana, dan lagi- lagi kami paling getol menawarkan diri. :D , dan ternyata penantian kami tak sia- sia, pak Sigit bergabung dengan Komunitas Mata Hati, kemudian dek Didit yang sedang asik makan lontong sate juga ditanya pengen gabung komunitas mana, ekspresinya lucu , dan akhirnya dek Didit ini gabung sama kami, faktor ikut papa tentunya. :D
Wah, dengan bergabungnya dek Didit di Komunitas Mata Hati, gelar anggota paling muda harus saya serahkan ke dia. Hehe. Sekarang, komunitas kami berjumlah 12 orang.


Pak Sigit W dari Jakarta - @sigitwid
pict from BLOGdetik
-
Dek Didit dari Jakarta - @TDOML1704
pict from @sigitwd
-
Oh ya, FYI saja, sebenarnya Komunitas Mata Hati ini benar- benar nyata adanya, nama komunitas diusulkan oleh pak Yosi, awalnya kami sih nggak tau kalau komunitas Mata Hati benar- benar ada, namun setelah selesai acara barulah pak Yosi, memberi tahu kami, jika komunitas mata hati adalah komunitas yang menaungi saudara kita yang kurang beruntung, yaitu memiliki kekurangan secara fisik, difable dan buta. Mungkin bisa dicek di komunitasmatahati.com.
Acara dilajutkan dengan diskusi tentang berbagai macam permasalahan dalam komunitas, dan ditanggapi oleh komunitas lain, itulah kenapa ada 100 pembicara dalam acara ini. Permasalahan komunitas yang paling banyak diungkapkan diantaranya adalah kendala waktu kopdar, susahnya berkumpul, lalu sikap egois masing- masing individu, permasalahan dalam rekruitmen anggota, dan sebagainya. Tanggapannya pun tak kalah seru dan benar- benar membuka mata hati saya kalau komunitas memang harus solid.  


saat sesi diskusi

Tak ada satu sesi pun yang dilewati tanpa keceriaan, diacara ini kita beneran seru- seruan dan ngawur banget tapi tetep serius. SERSAN (Serius tapi santai).
Oh ya, di acara ini juga live streaming melalui live.koplakyoband.com, btw ini nih orang dibalik handicamnya :



BAGI yang BERUNTUNG
Nah, ini saatnya membuka rahasia dibalik dibagikannya kapsul jumbo yang dibagikan saat makan sate tadi. Ternyata eh ternyata kapsul yang tertera huruf alfabet tersebut, digunakan sebagai sesi doorprize. Selain itu, kapsul ini ternyata bolpoin loh. Unyunya. 


Huruf- huruf tersebut dirangkai menjadi 1, dan kata kunci yang diberikan oleh MC adalah K-O-M-U-N-I-T-A-S ,beruntung sekali yang kapsulnya terdapat huruf- huruf tersebut, karena berkesempaatan untuk mendapatkan doorprize dari sponsor.
Sebelum sesi tanya jawab dimulai, MC meminta peserta di depan untuk memilih bel yang nantinya digunakan untuk menjawab. 
Belnya sangat bervariasi, yaitu Tet, Tot, TingTong, Tit, Ping, Josh, haik, dan lain- lain. Karena memang om Karel ini orangnya ngawur, setiap bel dibunyikan secara acak sehingga membentuk suara yang lucu dan membuat semua peserta tertawa. Selain itu jika diperhatikan, peserta yang beruntung maju ke depan semuanya berjenis kelamin LAKI- LAKI. Sepertinya setelah acara ini selesai, mereka akan membentuk boyband. 


Pertanyaannya pun bervariasi mulai dari  jumlah personel cherrybelle, hari jadi Surabaya, akun twitter blogdetik, dan lainnya. Pemenang di tentukan berapa banyak poin yang didapatkan. 
Hadiahnya Apa Aja ?
Uh banyaaaaak banget, mulai dari voucher belanja carrefour, helm dari Honda, goodiebag dari qwords, modem, powerbank, dan masih banyak yang lainnya. 
Untuk pemenang pertama, Wishnu dari komunitas mata hati, karena menjawab pertanyaan paling banyak, dan mendapatkan voucher belanja Carrefour senilai 1 juta rupiah. Pemenang ke dua, perwakilan dari komunitas basamami, mendapatkan powerbank dan modem. 
Kemudian, om Karel juga membagi- bagikan hadiah kepada setiap komunitas, mulai dari yang paling rame, anggota cewek terbanyak, bahasan diskusi paling cetar membahana, dan komunitas yang belum menang apapun (yang ini agaknya kok melas).

Komunitas yang paling banyak mendapat hadiah adalah komunitas basamami, hadiahnya yaitu powerbank, dan voucher, komunitas detak mendapat 3 helm dari honda, dan kelompok tahu takwa mendapat 5 goodie bag dari Qwords yang harus dibagikan kepada 10 anggota. Karena kehabisan ide apalagi hadiah yang akan dibagikan, om Karel mendatangi pak Sigit W dan menjadikannya sponsor dadakan, dengan meminta uang 100K untuk diberikan kepada peserta yang menang, karena pak Sigit tidak membawa uang tunai, maka beliau menawarkan untuk memberikan domain gratis selama 1 tahun untuk seluruh pemenang, pilihannya yaitu my.id atau web.id, dan setelah acara beliau membagikan kartu nama untuk konfirmasi email.

 Pak Sigit lagi di palakin om Karel

Masih ada satu lagi hadiah yang paling bikin ngiler, yaitu Samsung Galaxy Tab 2.7, yang memang dijadikan hadiah utama dalam blogger bicara komunitas. Namun, tidak akan dibagikan secara cuma- cuma, dengan kesepakatan seluruh peserta, akhirnya Galaxy Tab ini akan diberikan kepada pemenang utama review acara bicara komunitas.
Acara selesai pukul 21.00 WIB.
BAGI- BAGI MERCHANDISE
Gak lengkap kalau pulang gak bawa oleh- oleh, kebiasaan BLOGdetik nih, setiap acara selalu bagi- bagi merchandise. Semua peserta mendapat 1 GoodieBag (iya, karena poligami tidak baik). Isi dari GoodieBag ini adalah gantungan blogdetik.com, dan stiker detik forum. Kayak gini nih penampakan GoodieBagnya. 


Kreatif! Karena GoodieBag ini bahannya persis seperti bahan karung beras. Unik dan lucu.
FOTO BERSAMA

Kalau ada pepatah tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan blogger, mereka juga punya pepatah tersendiri, yaitu Tak ada blogger yang tak narsis. *plak*.
Eh tapi beneran lo, blogger selalu narsis dimana- mana, karena foto adalah hal yang wajib dilakukan! Nah, kami foto bersama di depan pintu utama JX, riuh rendah suara blogger yang sedang foto bersama, mulai dari yang teriak teriak karena tertutup teman di depannya, sampai ada yang bingung nyari posisi yang pas. 
Lagi- lagi om Karel Anderson menjadi provokator untuk meneriakkan sponsor- sponsor Blogger Bicara Komunitas, yang awalnya hanya cisss, funnyy, sampai ke hondaa, blogdetiik, pandiii, dan yang lainnya sehingga menambah keseruan saat photo session.
Setelah selesai foto, dan bersalaman dengan teman blogger yang lain, saya dan beberapa teman yang lain masih saja stay di JX untuk melakukan photo session sendiri, dan juga berdiskusi dengan teman- teman yang lain, nah, saya dipertemukan dengan salah satu blogger Maros yaitu kak Ilham. 
Mengikuti Blogger bicara komunitas membuat saya ingin sekali menjadikan komunitas saya semakin solid dan maju tentunya. Selain itu, saya juga jadi kenal banyak teman blogger hampir dari seluruh Indonesia. Senangnya lagi, acara ini benar- benar menghibur diri dan secara tidak langsung menjawab permasalahan dalam komunitas yang saya ikuti. 

Saya mau ngucapin terimakasih untuk pihak- pihak yang mendukung terlaksananya acara ini, mulai dari BLOGdetik tentunya, d'Blogger Suroboyo, detikForum, HONDA One Heart, serta Relawan TIK, dan yang lainnya sehingga menjadikan acara ini benar- benar meriah dan berkesan. 
Harapan saya adalah semoga acara seperti ini sering dilaksanakan di Jawa Timur dan tentunya semoga saya dapat hadir. 


35 komentar:

  1. weeh keren sekali mbak acara e :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Praw ga datang siihhh *huh* padahal kan bisa ketemu lagi, banyak loo yang datang temen2 pas ABFI ke festik

      Hapus
  2. Balasan
    1. seruuu sekali :D *mba Ade Anita apakah ngikuti juga ?? :)

      Hapus
  3. Wah lebih seru nih reviewnya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. reviewmu juga bagus mas Wishnu

      Hapus
  4. Balasan
    1. Iya mbak Vera, sayang nih mbak Vera ngga datang, aku juga ketemu sama beberapa anak cewek dari bojonegoro, namanya Sofi, mba Ajeng dan siapa gitu..

      Hapus
    2. Selamat ya say, kamu menang loh :)
      Hahaha... ntar kapan-kapan kita ketemu lagi :)

      Hapus
    3. Iya mbak, terimakasih :)
      iyaa, ntar aku main2 ke BJN ya, mbak ke Kediri doong :D

      Hapus
  5. Mata Hati Jos Gandos !!!! Twitterku Ganti : @kakdidik13 oya.... fotoku diganti donk..... dan namanya : Kak Didik githu......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak didik, nanti aku ganti, fotonya mau yang mana ? kasih saran dong,

      Hapus
  6. Wah, babeh Helmi kok kayak orang bener ya, ndak kelihatan koplaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, lagi capek mungkin ya, makanya bener :) - heheheh

      Hapus
  7. walah....itu emang siapa ja yang diundang :P ngarep,,,,

    padahal lumayan kan...cuma surabya doang..cuma !!! cuma !!! ?/?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin itu ngisi form online, lalu dapat undangan via email, gitu aja kok. Iya :)

      Hapus
  8. Selamat ya jd juara :) tulisannya memang enak d baca, lengkap lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba Martha :) - Salam kenal yaa :D

      Hapus
  9. wih keren acaranya, n selamat untuk samsung galaxy tab-nya ya mba... uhuuyyy....
    salam kenal dari blogger newbie Semarang ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren (y) , apalagi baru pertamax di luar jakarta. :D - Terimakasih mba Uniek ..
      salam kenal juga ya dari blogger newbie Keediri ^_^

      Hapus
  10. bener sekaleeee, blogger narsis pokoke. tak ada gading giselpun jadi. #halah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. iya yah, pepatah baru ituh. tak ada gading gisel sama desta aja :D

      Hapus
  11. selamat yo mbak silvi..nek aq orang pasuruan,
    mung tinggal ning jogja yo ga iso budhal J.hehe..
    tapi baca reviewnya mbak ee, jd tw lah gmana serunya acara dsana :*

    http://kluthukpisang.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak Istiq :) - wah Pasuruan, deketan sama Ngalam, saya sekarang domisili di Ngalam sekolah :D, wah iya merantau ya..
      alhamdulillah, lain waktu kalau ada acara ikut yuk, biar bisa kopdar :) :*

      Hapus
  12. Wah... aku ga bisa dateng, padahal kayaknya seru :)

    BalasHapus
  13. kayaknya saya kenal deh ini acara :D

    hehehehe.... ternyata kita dah dluan kenal di dumay dr pada di nyata... #eeh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh kayaknya kenal sama yg komeng :p

      hahaha, benaaaar :D

      Hapus
  14. wah bener yang gak dateng jadi kebawa suasananya...sukses dehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa, terimakasih kak Intan :) - kakak juga sukses

      Hapus
  15. wah... baru tahu ada acara ini,.. telat deh.. padahal ku kan juga di Surabaya,,, huft!!! seru ya :D

    BalasHapus
  16. informsi yang sangat menarik terim kasih sudah disampaikan salam sukses aja yupz gan !

    BalasHapus
  17. www.nusapalapa.com

    ayo tambah kreatif lagi pemuda indonesia. mari kita majukan konten internet indonesia dengan muatan lokal yang lebih berisi dan lebih bermakna.

    BalasHapus

Keep Blogwalking!