Rabu, September 11, 2013

Tips Hemat Bagi Anak Kos

  15 comments    
categories: 
Saya gugur di tantangan #30HariNonstopNgeblog | haha | Gak papa deh, nulis lagi disini :D | Oke deh, saya punya banyak cerita. Soal Jember Fashion Carnaval - Suramnya Alas PronoJiwo - Pengalaman KRS (Pemrograman kelas) - Ketemu temen kelas (lagi), dan masih banyak deh. Tapi, buat ngawali, saya mau ngasih tips nih ya.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

“Yay ! Kita adalah agen of change ! kita mahasiswa yang nantinya akan membawa perubahan untuk negara ini ! Hidup MAHASISWA !” itulah kata- kata yang sering dilontarkan saat pertama kali menjalani ospek.

Lalu hubungannya dengan judul diatas ? ya kalau jadi mahasiswa kan pastinya kita merantau, memang tidak semua tapi mayoritas oke MA YO RI TAS merantau, jadi kalau merantau perlu persiapan yang matang salah satunya adalah tempat kost.

Oke lah ya, anak kosan identik dengan kere diakhir bulan, dan mie instan, identik dengan banyak utang dan kesusahan. Menurut saya sih gak terlalu segitunya juga. Saya meskipun kos selama satu bulan dapat  dihitung makan mie instan, ngutang ? pernah tapi tidak sesering yang dibilang orang, pas fotokopi buku misalnya ditawarin temen via sms yaudah iya fc dulu, tapi ngutang dulu ya uangnya, kalau ketemu langsung dibayar. Ada juga yang bilang kalau anak kosan kaya di awal bulan bisa makan di mall, bisa jalan- jalan di mall dan kere di akhir bulan dan makan Cuma pakai mie instan, ya itu sih cuma anggapannya orang- orang boros.. Jika ada yang nanya saya “Kenapa begitu ?” saya mau coba balik nanya “Apakah anda tidak menyisihkan uang saku anda selama satu bulan? Apakah semuanya anda habiskan?” Jika jawabannya menyisihkan untuk ditabung tentunya tidak akan pernah yang namanya kere, kalau tidak menabung? Yah sepertinya anda perlu merencanakan keuangan anda.

Saya udah 2 tahun merasakan jadi anak kost, dan belum pernah sekalipun ngutang buat makan. Ets, jangan mikir saku saya banyak, malah bisa dibilang saku saya lebih sedikit dibanding teman yang lain. Setiap bulan ibu memberi saya 500K, padahal teman yang lain sakunya mencapai 700- 1000K. Gimana caranya bisa hemat ? Nih :

1. Makan seadanya saja
Di setiap daerah kampus, sangat mudah mencari makanan murah, tapi sangat susah mencari yang sehat. Jadi, pintar- pintar saja memilih. Kalau zaman saya dulu masih awal semester semua tempat (warung) di coba, setiap hari pindah tempat, mulai yang paling dekat sampai paling jauh, lama- kelamaan sistem kita akan memilih dengan sendirinya.
2. Jangan terlalu banyak jajan
Hal yang membuat boros biasanya memang bukan untuk makan, tapi jajan. Memang susah sih ya, kalau di kost bawaanya pengen ngemil. Tapi, untuk menghindari jebolnya dompet jajan berlebihan perlu di rem. Untuk jajan makanan saya sering belinya di awal bulan dan pertengahan bulan, belinya camilan yang kiloan itu. Oh ya, untuk penghematan boleh bawa tumblr / air minum kalau lagi kuliah, di jamin bakal jarang jajan. Untuk jajan yang lainnya (shopping) bagi cewek pisahkan antara pengen saja/pengen banget/ butuh/sangat butuh, setelah memilih kategori tersebut pikir lagi bermanfaat atau tidak. Oh ya selain itu, anda juga harus tau, anda cuma lapar mata atau bukan. *wing*
3. Diskon
Ini sangat penting diperhatikan, untuk membeli barang kita juga perlu yang namanya diskonan untuk meminimalisir jebol kantong.
4. Pilih Pasar Besar
Seperti yang kita tahu, pasar adalah tempat yang paling bagus untuk melakukan transaksi tawar menawar, benar? Nah, mending belanja di pasar, kalau bisa pasar besar. Jangan melulu di mall, oke boleh sesekali tapi jangan terlalu sering. Saya pernah membandingkan, jadi ceritanya waktu itu saya mau beli celana jeans, sebelum beli tentunya kita window shopping dulu ya, bandingkan bahan dan harga. Waktu itu saya di mall dan di pasar besar. Yah tahu sendirilah, merk sama, bahan sama, HARGA BEDA!. Jadi, konsumen cerdas, pilih yang murah dan berkwalitas. Asek.
5. Koneksi Internet
Anak kos harus suka gratisan. Di area kampus tentunya sudah disediakan wifi ya, jadi mending ngenet di kampus aja daripada di hotspot corner atau di warnet. Lumayan duit ngenetnya bisa ditabung.
6. Jangan Malu Bawa Makanan Dari Rumah
Setiap pulang ke rumah di Kediri pas weekend dan balik hari ahadnya saya selalu bawa makanan dari rumah (masakan ibu), dengan begitu bisa hemat beberapa hari. Hehe

Kayaknya itu aja deh ya, nanti kalau ada tambahan saya tambahin. hehe
Hemat bukan berarti pelit, tapi hemat untuk kebaikan di masa depan. :D | setiap orang harus dan wajib punya tabungan, masyarakat Indonesia sudah sangat konsumtif, kita yang masih muda jangan mau nerusin kebiasaan itu. Jangan hanya menggunakan uangmu untuk kegiatan konsumsi, tapi juga investasi (menabung). *tsahh*
Tertanda

Calon Sarjana Ekonomi
Muahahahah


15 komentar:

  1. Hahaha, be a smart kos mania. :P

    BalasHapus
  2. waduuuh jadi teringat masa2 kulai waktu masih jadi anak kos..
    selalu menrpkan poin yang ke 1, 2 sama 5 hehe :p

    salam EPICENTRUM
    main2 lagi kemari ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muahaha.. memang ya.. Tapi, hampir semua anak kos seperti itu..
      iyaaa... :D

      Hapus
  3. benar juga..
    sekarang problem terberatku ini, antara kebutuhan beli buku, makan, dan bensin untuk kuliah, apalagi ngeprint yang harganya selangit...

    sip.. bisa dicoba tipsnya ..
    terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin untuk beli buku bisa nyari pinjaman di kakak tingkat/ perpus Ma'ruf.. Nah, untuk bensinnya naik sepeda ontel HA HA HA HA
      di malang, ngeprint selembar 200 rupiah, di Kediri 500 yak ?

      Hapus
    2. ya, ternyata tidak jauh berbeda.. di sini adanya 300/lembar.
      tapi benar, membaca postinganmu ini aku menjadi terinspirasi untuk menulis semisal. bila tidak ada tulisan ini, mana mungkin akan muncul tulisanku yang bertema 'menabung waktu untuk masa depan'..

      terimakasih mba' atas artikelnya.. kok jarang publish di rumah yang ini..
      kan lomba 30 hari ngeblok nonstopnya udah selesai 15 sep. kemarin?

      Hapus
    3. sama- sama. sebagai mahasiswa rantau memang sudah seharusnya saling membantu. :D
      iya jarang sudah menulis. haha.. *lagi malas* hoho.. sempat ikut, tapi gugur. :D

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. sama- sama. sebagai mahasiswa rantau memang sudah seharusnya saling membantu. :D
      iya jarang sudah menulis. haha.. *lagi malas* hoho.. sempat ikut, tapi gugur. :D

      Hapus
  4. thanks... lumayan bermanfaat nehh :D

    BalasHapus
  5. bermanfaat mbak. Keren deh kalo bisa berhemat. Patut ditiru

    BalasHapus
  6. Apakah Anda perlu pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Cahya Kirana Kantor Loan memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2% Silahkan hubungi kami di email kami: cahya.creditfirm@gmail.com, hubungi kami hari ini dan mendapatkan pinjaman Anda, tanpa stres. terima kasih.
    kita pada Tuhan percaya

    BalasHapus

Keep Blogwalking!