Senin, April 07, 2014

Outbound dan Filosofi dalam Organisasi

  1 comment    
categories: 
Gak nyangka kalau sekarang sudah di semester 6 *udah berapa kali ngomong gini ya*. Tiga tahun sudah jadi mahasiswa. Selama tiga tahun ini, ternyata saya gak cuma jadi mahasiswa kupu- kupu (kuliah pulang)2. Saya ikut gabung di himpunan mahasiswa jurusan, dan majalah fakultas. Nah, memang cuma dua organisasi tapi Insya Allah maksimal. Apalagi saya kan orangnya sibuk banget, sibuk sama diri sendiri di kosan. Jadi, kalau banyak- banyak ikut organisasi takut gak maksimal dan mengecewakan.

Saya gabung di HMJ selama dua periode, dan sekarang sudah off karena sudah sadar harus serius kuliah supaya bisa cepat lulus. Nah, meskipun sekarang saya sudah bukan lagi pengurus himpunan, tapi masih tetep punya jabatan, namanya DPO bukan daftar pencarian orang tapi Dewan Penasehat Organisasi. Jadi, tetep bisa ngecengin adik- adik maba meskipun bukan pengurus himpunan lagi. Hahahaahahahahaahahahhahaahahahahahaahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha


Kemarin, kami bareng- bareng 'get lost' di cuban talun untuk beberapa saat. Acaranya outbound tapi bukan sekedar outbound, di setiap kegiatan selalu ada makna untuk kelangsungan organisasi kedepannya.


Oya, outbound ini selalu ada setiap tahunnya, nama kegiatannya LKMO (Latihan Dasar Manajemen Organisasi), indoor dan outdoor. Nah yang saya mau ceritain ini yang outdoor, yang indoor ya gitulah biasa materi dan teori.

Tahun ini, teman- teman himpunan jurusan yang sudah direkrut berjumlah 55 mahasiswa, sayangnya kemarin tidak semua yang ikut serta karena jadwalnya berbenturan. Namun, tidak mengurangi serunya acara kok. Dari peserta yang ikut, dibagi menjadi beberapa grup, nah masing masing dari mereka menunjukkan identitas dengan memakai baju dengan warna yang sama. Ada, merah, kuning, merah jambu, hijau, abu- abu, coklat, dan lainnya.

Ini sebelum outbound, masing- masing peserta matanya ditutup, kemudian baris bebanjar, tangan kanan dan kiri menengadah. Masing masing di beri garam, gula, dan kopi. Kemudian setelah habis, filosofinya adalah dalam organisasi rasanya memang seperti itu.

*Namanya A. Fiat dari Majene, cerewet sekali. haha*


*classmate, Agrifina*


Saat outbound, teman- teman sie acara menentukan 6 pos yang harus dilalui oleh setiap kelompok.


*Ini salah satu kelompok* 
Kasihan, statusnya ada yang DI PHP, DIGANTUNG, JOMBLO, BERPACARAN, RUMIT, dan KASMARAN. 
Kelompok lain, malah lagi On the way.. Haha 

Pos 1, merupakan permainan lompat tali, disini semua anggota kelompok harus ikut serta dalam tali yang diputar. Sambung menyambung menjadi satu. Nah, filosofinya dalam organisasi harus ada saling kerja sama dalam satu ritme, dan tidak boleh mementingkan ego diri.


Pos 2, permainan membawa bola dengan tali. Setiap kelompok diberikan satu bola plastik, dan botol yang dipotong setengah yang sudah dikaitkan dengan tali. Masing- masing anggota memegang tali, dan satu orang memberi aba- aba. Filosofinya, semua anggota harus saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, dan hanya ada satu pemimpin dalam organisasi.


Pos 3, nama permainannya LDR. Disini, setiap kelompok akan diberi tali rafia sepanjang 1meter, dan tantanannya adalah bagaima caranya supaya tali tersebut bisa lebih panjang. Kebijakanya boleh menggunakan apa saja yang ada dalam diri setiap anggota. Nah. Filosofinya, LDR itu nyakitin dan penuh pengorbanan. Setiap anggota memiliki kemampuan dalam diri yang bisa digunakan untuk menjalankan rencana dari suatu organisasi, dan dalam organisasi tidak ada satupun yang dapat bekerja sendiri, selalu perlu orang lain.


Pos 4, permainan kaki seribu, kaki dikaitkan antara anggota satu dengan yang lain. Kiri dengan kanan begitu sebaliknya. Setiap kelompok diberi waktu untuk berjalan di medan yang sudah ditentukan. Filosofinya, setiap anggota organisasi harus saling bekerja sama untuk mencapai tujuan.




Pos 5, safe your king. Permainanya menggunakan plastik yang sudah diisi air. Ada satu yang menjadi raja, dua orang menjadi penyuplai air, dua orang menjadi penembak dengan menggunakan jas hujan. Jadi, raja harus dilindungi dari tembakan air dari lawan. Filosofinya, setiap anggota harus saling melindungi dan memiliki strategi untuk dapat menyelesaikan masalah dalam organisasi.

*lagi cari amunisi*

*atur strategi*

Pos 6, semua peserta di bawa ke sungai, melakukan sumpah organisasi. Seru wes pokoknya. :D



*FYI saja, airnya dingiiin sekali ini*

Seperti biasa, ada bonus foto dong. Hhahaha





*yang ngambil Agrifina, di landscape (Vivid)*




1 komentar:

Keep Blogwalking!