Sabtu, Juni 20, 2015

Alur Penyerahan Skripsi di Universitas Negeri Malang

  3 comments    
categories: 
Hai.. Hai.. Hai.. Gimana kabarnya temen- temen (calon) alumni yang sedang mengurus penyelesaian jenjang kuliah ? Capek dan riweh ya? Ets tapi meskipun demikian semoga tetap bahagia yah. :)

Tak terasa ya, kita semua sudah ada di tahap ini, tahap yang paling kita tunggu- tunggu demi lepas dari label mahasiswa tingkat akhir atau sering disebut mahasiswa tua. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Cuma itu yang bisa diucap. Hehehe.

 
Nah, buat teman- teman calon alumni lainnya yang sedang berusaha untuk melepas 'label' saya mau sharing soal tahap dan alur dalam penyerahan skripsi di perpustakaan kampus. Tapi, kalau ada yang kurang jangan segan kasih masukan yah. ^.^

Awalnya, pastikan dulu ya kalau sudah ujian skripsi dan selesai revisi sampai sudah dicetak dan dijilid. Jilidnya sesuai kebutuhan saja, umumnya sih 4 buku skripsi. Tapi, bisa lebih kalau dosen pembimbing atau tempat observasi minta skripsi kita. *tsaelah.

Ohya, kalau jilid skripsi sudah selesai jangan lupa minta stampel di fakultas masing- masing ya, untuk pengesahan dan penguat saja sih, karena saya kuliah di fakultas ekonomi jadi saya minta stampelnya di bagian TU ekonomi, kami biasanya menyebutnya mbak/ibu aquarium, karena tempatnya seperti aquarium.

Sekarang saatnya menyebarkan skripsi kita! :D

Pada umumnya, ada 3 tempat yang wajib menerima buku skripsi kita. Pertama adalah jurusan yang kita ambil selama kuliah, kedua perpustakaan fakultas, dan ketiga perpustakaan pusat/ Universitas. Untuk pembagian skripsi ini boleh dimulai dari mana saja, tidak harus dari jurusan dulu, lalu fakultas, lalu universitas. Bebas mau dibagi kemana dulu, karena yang penting saat penyerahan skripsi kita akan mendapat 1 lembar kertas tanda terima penyerahan skripsi yang nantinya digunakan untuk proses penjajakan atau pengambilan ijazah.

Penyerahan Skripsi di Jurusan (Ekonomi Pembangunan)


Kalau di jurusan saya, Ekonomi Pembangunan tak perlu menyerahkan buku skripsi, hanya 3 lembar FC cover depan, lembar persetujuan dosen pembimbing 1 dan 2, serta lembar pengesahan skripsi yang ditanda tangani ketua jurusan dan dekan fakultas. Yah, tergantung kebijakan jurusan masing- masing ya.

Penyerahan Skripsi di Fakultas (Ekonomi)

Selanjutnya, untuk penyerahan skripsi di perpustakaan Fakultas Ekonomi, kita hanya perlu memasukkan (input) data- data valid kita di komputer yang disediakan, data- data umum seperti Nama, NIM (Nomor Induk Mahasiswa), jurusan, alamat rumah, lalu judul skripsi. Selesai ? Lapor ke petugas dan kita akan mendapat lembar tanda terima skripsi. Lagi- lagi, tergantung kebijakan fakultas masing- masing yah. Hehe

Perpustakaan Pusat/ Universitas Negeri Malang

Penyerahan skripsi di pusat sedikit riweh sih, soalnya ada tahap- tahap untuk upload abstrak dsb, tapi tenang saja, sudah ada panduannya kok, jadi gampang. Jadi, untuk penyerahan skripsi di sini, kita terlebih dahulu menyiapkan file skripsi kita dalam bentuk dvd. Isi dvdnya terdiri dari Artikel Ilmiah, Skripsi format DOC, Skripsi format PDF, dan PPT Ujian.

Oke, jadi yang harus kalian lakukan untuk menyerahkan skripsi di perpustakaan pusat adalah datang dulu ke perpustakaan ya :D, lalu input data dan upload file abstrak milik kalian, sudah ? pastikan semua data sudah terinput dan terdeteksi di sistem ya. Kalau sudah yakin file terkirim dengan selamat, sekarang masuk ke ruangan untuk menyerahkan skripsi. Ibu petugasnya ramah kok, suka nyanyi juga :D, jadi woles saja ngga usah takut, masa udah sarjana takut. hihi

Nah, saat menghadap ibu petugas ini, serahkan buku skripsi dan dvd kalian. Kita akan diberi 2 lembar formulir tanda terima skripsi, 1 lembar tanpa stampel, dan 1 lembar stempel. Sembari mengisi formulir, dvd dan skripsi kita akan di cek oleh petugas, lalu kita akan ditanya, apakah sudah upload abstrak, jika sudah maka akan di cek data kita, sudah masuk ataukah belum di sistem perpustakaan. Jika sudah selesai mengisi format tanda terima skripsi, serahkan ke petugas format tanpa stampel, dan yang ada stampelnya kita simpan guna penjajakan.

Sudah, mudah kan ya ? Hihi.. Tapi, harus sabar ya, karena memang harus antre dulu, dan jangan lupa semua tanda terima skripsi di masing- masing tempat jangan sampai hilang, simpan baik- baik, biar gak menghambat jalan kita semua menuju wisuda. ^^




Semoga sharingnya bermanfaat ya.

3 komentar:

  1. Uh... jadi inget masa-masa bikin skripsi. Penuh kenangan tapi gak mau terulang. Hihihi...

    BalasHapus
  2. Akujuga dulu bikin skripsi sampai 4, aduh sayang banget aku udah gak punya skripsinya gara-gara dulu pindah rumah .

    BalasHapus
  3. Pii, duluuu tanda bukti penyerahan skripsi saya utk fakultas pernah ilang, dong. Lupa naroh, sih. :D

    Tapi diurus sehari tapi fotocopyan gitu. Alhamdulillaah dibolehkan.

    BalasHapus

Keep Blogwalking!