Rabu, Oktober 14, 2015

Cara Me- Resize Foto Dengan Paint

  9 comments    
categories: 
Suatu ketika saya ingat kata- kata Ilham saat itu. "Jangan hanya belajar satu hal saja, tapi yang lainnya juga, dipakai atau tidak yang penting kita sudah pernah tau dan belajar".

Nah, ngeblog juga begitu. Dulunya saya taunya ngeblog cuma nulis dowang. Iya nulis tok. Ternyata saya salah. Memang sih dalam suatu tampilan blog content atau tulisan adalah raja, dan hal lainnya adalah penyokong. Tapi, mau tidak mau mereka melengkapi. Jadilah saya belajar keduanya, dan hal lainnya. Ya belajar nulis yang baik dan benar meski ngepop bahasanya, lalu belajar utak- atik blog mulai dari widget sampai layout, dan salah satunya adalah memasukkan foto dalam tulisan.

Saya ingat pertama kali saya menulis di blog awal masa SMA, tulisan saya gak ada fotonya sama sekali. Iya, dalam satu postingan isinya tulisan tok. Tapi, beberapa saat yang lalu, saat saya mulai kenal dengan salah satu web penyedia jasa tiket di Indonesia, dan dia meluncurkan web rujukan wisata di berbagai daerah Indonesia dan saya beruntung sekali dapat ikut serta meramaikan khasanah penulisan tema wisata di web tersebut, saya mulai belajar tentang bagaimana caranya me resize foto supaya presisi dan tidak penyok. Pokoknya pas dengan ukuran yang ditentukan.

Saat itu saya sudah mencoba menggunakan office picture manager, namun ternyata tidak tepat dengan ukuran yang saya inginkan. Lalu, saya sharing dengan mbak Rahmah teman blogger dari Makassar dan saat ini tinggal sementara di Kertosono yang notabene dekat dengan Kediri, jadi saya dan Mak Rahmah beberapa kali berjumpa. Akhirnya saya tahu, bagaimana membuat ukuran foto supaya presisi. Salah satunya menggunakan Paint. Kalau belum tahu, ikuti cara- caranya ya. Mudah banget cuma ada 4 step doang, dan gratis :p
 
1. Buka aplikasi paintnya



2. Pilih resize



3. Lalu akan muncul kotak resize and skew seperti di bawah ini



 4. Jika ingin presisi sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, maka ganti Precentage ke Pixel, lalu hilangkan centang di Maintain aspect ratio dan isi sesuai angka yang diinginkan. Jika sudah klik OK.



5. Tadaaaa... Foto kita sudah sesuai dengan yang diinginkan, dan siap di upload.



Nah, mudah kan, mudah kaaaaan. Sekarang, kalau kamu mau edit foto gak perlu bingung lagi. Tapi, ada satu yang harus kamu tahu. Ukuran yang saya pakai tersebut untuk jenis foto landscape ya, 500x 350. Kalau kamu pakai foto potrait, tinggal dibalik aja ukuranya, jadi 350x500. Mudahnya begini nih :


Nah, ini hasil edit foto potrait dengan ukuran 350x 500.
Kalau kamu ukuran 500x350, hasilnya cemet :


Sudah mengerti anak - anak ? Hehehe
Semoga bermanfaat. ^.^


9 komentar:

  1. Baca postingan Mbak Silvi yang ini berasa ada titik terang buat me-resize foto buat lampiran laporan praktikum. Selama ini selalu ngasal asal bisa ditempel jadi ya ada objek foto yang terlihat kekurusan kadang juga kegendutan. :D

    BalasHapus
  2. makasih mba atas ilmua.. bermanfaat sekali, kbtln di komputer saya baru ada paint saja..
    salam kenal mba ^^

    BalasHapus
  3. iya aku jug apake ini kalao mau resize paint xD soalnya g pecah

    BalasHapus
  4. Lebih mudah ya, Pii. sesuai dg yg kita inginkan ukurannya.

    BalasHapus
  5. Aku juga pake ini klo nge-resize foto :D padahal awalnya suka bingung klo mau resize foto pake apa. Ringan pula, jd gak bikin lemot komputer hehe

    BalasHapus
  6. aku dulu pake ini juga Silvi, tapi semakin lama ngutek atik, ternyata bisa pake photoscape sekalian editing font dan sebagainya.

    BalasHapus
  7. paint ini dulu andalanku pertama kali terjun ngeblog lho non :)

    BalasHapus
  8. Wah, ternyata pakai paint juga bisa resize gambar yaa.. Saya baru tahu... Trims atas ilmunya :-)

    BalasHapus
  9. Ini andalan saya pertama kali ngeblog :)

    BalasHapus

Keep Blogwalking!