Selasa, November 17, 2015

Serunya Belajar Bersama di Fun Blogging Surabaya

  37 comments    
categories: 
Acara yang diadakan di Intiland Tower Surabaya pada Sabtu tanggal 7 November 2015 kemarin benar- benar seru dan menyenangkan. Apalagi waktunya tepat sekali dengan momen dimana “nyala lilin ngeblogku mulai padam”. Jadi boleh dibilang acara Fun Blogging itu semacam pemantik semangat untuk mulai ngeblog lagi.
 
Fun Blogging sendiri sudah diadakan di beberapa kota sebanyak 6 kali, dan Surabaya mendapat kesempatan sesi ke 7 untuk dikunjungi. Saya ingat, satu bulan yang lalu salah seorang teman menghubungi saya via WhatsApp mengabarkan tentang acara ini. 

“Cepetan daftar, Sil!” katanya. 

Lalu tanpa pikir panjang saya segera mendaftar dengan mengirim email karena takut tidak kebagian kuota. Apalagi temanya cocok, yaitu Dari Hobi Menjadi Profesi. 

(Dari Hobi Menjadi Profesi. Sumber foto : Ig @shintaries)
Sabtu pagi, saya berangkat dari Kertosono menuju Surabaya naik bus patas, dan ini adalah pengalaman pertama bagi saya ke Surabaya sendiri. Perjalanan terasa sangat lama, dan untungnya saat sampai di Intiland Tower acara masih belum dimulai.

For your information, gedung Intiland Tower merupakan gedung perkantoran dimana banyak jenis perusahaan yang menjalankan bisnisnya di tempat ini, seperti jasa keuangan dan perbankan, jasa telekomunikasi, penerbangan, IT, dan lainnya. Ruang- ruang yang ada di Intiland Tower ini semacam kapling atau petak yang diatur rapi dan diberi nomor untuk memudahkan pencarian lokasi. Kegiatan Fun Blogging sendiri berada di ruang 11B lantai 2, tepatnya di kantor Qwords.

Waktu menunjukkan pukul 09.00, peserta Fun Blogging semakin banyak yang datang. Nah, hal lain yang saya suka dari acara semacam ini adalah, saya bisa kopdar bareng temen- temen blogger yang sebelumnya hanya saya tahu dari dunia maya saja. Ada beberapa yang sudah saya kenal, dan beberapa belum tau sama sekali, bahkan ada yang sudah sering in touch di sosial media tapi pas ketemu gak tahu siapa dan inilah kesempatan untuk saling mengenal lebih dekat dengan mereka semua.
 
Pintu ruangan mulai dibuka, satu persatu peserta dipersilakan masuk dan disambut oleh para pemateri, yaitu Mbak Haya, Mbak Shinta, dan Mbak Ani. Lalu kami semua mengambil posisi duduk masing- masing. Kami memang tidak duduk di bangku atau kursi, tapi lesehan di karpet.

(Duduk bersama)
Menurut saya, acara dengan suasana seperti kemarin itu malah membuat kami akrab satu sama lain, karena sama rata dan sama rasa. Bahkan kesannya jadi santai dan gak tegang. Sembari menunggu peserta lain yang belum datang, kami mengisi daftar presensi dan masing- masing memperkenalkan diri. Sayapun sempat mencatat siapa- saja yang datang saat itu, urut sesuai dengan posisi duduknya.

Setelah semua selesai memperkenalkan diri, acara dilanjutkan oleh mas Frenavit dari Qwords, disini ia menjelaskan tentang profil Qwords sebagai jasa layanan domain dan Web Hosting. Selain itu ia juga bercerita tentang filosofi nama dari perusahaanya. Qwords sebetulnya persamaan kata dari keywords yang artinya kata kunci, namun untuk lebih simpelnya key diganti dengan huruf Q. Perusahaan yang dibangun pada tahun 2005 oleh Rendy Maulana ini menggunakan huruf Q yang sama seperti pada Al- Qur’an. Pemikiran without the box! karena out of the box sudah terlalu mainstream.

Acara inti Fun Blogging dimulai, sesi pertama akan disampaikan oleh Mbak Haya. Namun sebelumnya, mom blogger ini meminta kami untuk menuliskan 2 wishlist dalam bentuk materi di sticky notes warna biru yang sudah dibagikan di awal acara. Tapi, kami harus menulis di luar kebiasaan. Jika biasa menggunakan tangan kanan berarti kami harus menggunakan tangan kiri, begitu sebaliknya. Bahasa kerennya sih change how you do your routine

(Mbak Haya menjelaskan tentang bagaimana membuat tulisan yang gak sekedar bagus)
Jujur, susah sekali menulis menggunakan tangan kiri. Bahkan tulisan saya hampir tidak bisa dibaca. Disitu saya menuliskan keinginan untuk punya smartphone baru dan go pro. Begitu selesai, beberapa keinginan teman- teman dibacakan oleh pemateri, bermacam- macam harapan yang membuat saya tersenyum simpul ketika mendengarnya. Ada yang ingin punya mobil, laptop, smartphone, kamera, tabungan, dan masih banyak lagi. 


(Wishlist saya)

Nah, ternyata game yang kami mainkan tersebut berkaitan dengan materi yang akan dibawakan oleh mba Haya, yaitu Writing Great Content. Isi materinya tentang bagaimana sih menulis yang bagus dan baik itu, mulai dari penggunaan 5W + 1H, penulisan EYD yang meliputi benar dan sebagainya.

Kami juga ditunjukkan beberapa contoh blog dengan penggunaan EYD yang belum tepat. Ternyata memang sangat berpengaruh terhadap pembaca. Ada beberapa tips dan trik juga tentang bagaimana cara membuat konten supaya lebih berisi dan bertenaga, yang lebih penting lagi kami juga diingatkan untuk tidak sekalipun melakukan tindakan copy paste, karena napas dari seorang blogger terletak pada konten yang ditulisnya.

Nah, kalau semua itu sudah terpenuhi tentunya tidak menutup kemungkinan akan ada brand atau agency yang melirik blog kita untuk diajak kerjasama. Keren kan! Ternyata, dari menulis blog kita bisa mendapat penghasilan.  
 
Mendekati Ishoma, acara dilanjutkan oleh mas Rangga dari Mobil123.com, kami dijelaskan tentang portal otomotif nomor 1 ini dengan segala sistematikanya. Jadi buat yang ingin beli kendaraan baru atau bekas bisa cari- cari disini, sedangkan untuk yang pengen jual mobil atau motor lamanya bisa iklan di web ini dan gratis. Serunya dari mobil123.com adalah punya jaringan icar yang luas dan merk- merk dari kendaraan terkenal ada juga disini. Sudah terjamin aman dan trusted, kok.

Sesi selanjutnya adalah ISHOMA waktu ini kami gunakan untuk istirahat sejenak, makan siang, dan beribadah.

Setelah perut kenyang, dan hati tentunya jadi riang kami siap menerima ilmu baru di sesi kedua. Kali ini mba Shintaries membawakan materi yang berjudul Advancing Your Personal Platform. Mba Shinta mengupas tuntas tentang bagaimana tampilan blog yang ideal digunakan yang ternyata seharusnya sangat simpel tanpa pernak- pernik, platform mana yang terbaik yang paling kita kuasai,  alat- alat google dan sosial media yang menunjang performa ngeblog, serta bagaimana membangun personal branding melalui blog. 

(Mbak Shinta dengan materinya Advancing Your Personal Platform)


Penjelasan dari mbak Shinta ini membuat saya tahu dimana kekurangan dari blog yang saya kelola saat ini. Jadi makin rajin belajar tentang penggunaan Google Analytics.

Menjelang sore suasana di kantor Qwords semakin seru dan rasanya tidak rela karena harus memasuki sesi terakhir yang diisi oleh Mbak Ani Berta. Judul materi terakhir adalah Memaksimalkan Benefit Sosial Media. Mbak Ani menjelaskan tentang pentingnya sosial media guna menunjang tercapainya tujuan ngeblog.

(Mbak Ani dengan gaya khasnya)

Berkali- kali sosial media disinggung, ini mengindikasikan bahwa memang mendistribusikan tulisan blog ke sosial media itu sebetulnya wajib buat kita yang ingin traffic blognya tinggi. Tak hanya itu, kami juga dijelaskan mengenai bagaimana cara optimasi blog dan sosial media, jenis pekerjaan yang bisa didapat dari ngeblog, serta kiat dan etika tentang bagaimana cara mendapat job serta sesudahnya.

Mbak Ani juga bercerita tentang bagaimana prosesnya bisa menjadi seperti sekarang ini. Dulunya, sosok yang juga menjadi Digital Media Activist ini menulis untuk web pariwisata selama satu tahun tanpa kompensasi, namun ia melakukan hal tersebut dengan senang hati dan ternyata saat ini hasil dari buah kesabaran itu tidak main- main. Disini saya menyimpulkan, hasil tak akan pernah menghianati proses. Semua itu bergantung pada usaha kita untuk mencapai tujuan yang ingin diraih.

Nah, setelah mengikuti pemaparan dari ketiga pemateri, ternyata ngeblog gak segampang yang dilihat ya. Ada effort serta tanggung jawab yang gak main- main.

Ohya, tidak ketinggalan juga di setiap sesi dari acara Fun Blogging selalu bertabur doorprize yang tentunya jadi pemanis dalam acara ini. Beruntung saya juga dapat kesempatan menjawab pertanyaan dan mendapat doorprize yang keren banget dari sponsor. 

(Berkesempatan mendapat doorprise. Sumber foto : @edapoenya)

Acara Fun Blogging sesi 7 ini juga didukung oleh Qwords.com, mobil123.com, dan Smartfren yang sedang booming karena teknologi terbarunya yaitu 4G LTE. Makanya, acara yang memang keren ini menjadi semakin keren tentunya. Bahkan saking kerennya euforia Fun Blogging masih saja terasa buat saya.

(Foto bersama para peserta  Fun Blogging Sesi 7)

Rasanya, masih belum bisa lupa moment bertemu dengan teman- teman blogger dari jauh yang selama ini hanya bisa saya sapa di sosial media. 
(Berada dalam satu frame bersama mas dari mobil123, Mbak Haya, Mbak Shinta, Mbak Ani, dan Kak Didik)


(Berada dalam satu frame bersama Mbak Lianny Jember, Mbak Noe dan Bebe Ranu dari Serang)


(Bersama Mamas Daffa, dan Kakak Abyan)
Tidak ada kata selain senang dan bahagia, beruntung sekali saya punya kesempatan untuk bergabung dan hadir di acara ini. Terimakasih untuk waktu dan kesempatannya, rasanya gak sabar pengen kopdar lagi.

37 komentar:

  1. Asyiiik bisa kopdar bareng di Fun Blogging, meskipun berbayar tapi "Aku Puas" bisa ikutan Fun Blogging 7, meskipun Aku telat datangnya gara-gara bus nya lelet banget.

    Semoga bisa ikutan Fun Blogging lagi (berharap peserta blogger laki / kobel nya makin banyak) hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget! Iya tuh, kemana aja sih blogger lakinya. Masak kalah sama yang cewek :D

      Hapus
  2. Semoga habis ini nyala lilin ngeblognya berganti dengan nyala lampu LED yg tetap bersinar cerah ya :) Happy blogging Silvi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dan harus nih neng Uniek. Biar gak menguap ilmunya. Happy Blogging :)

      Hapus
  3. Cieee Silvi foto bareng dua cowok ganteng dr Serang :D


    Seru ya Sil, aku aja pengen ikutan lg acara ini. Tp udah gak boleh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, dua ganteng kids traveller.
      Hihi, aku juga pengen nih saking serunya. :D

      Hapus
  4. silvi aku suka deh huruf dan ukuran di blogmu ini. pake huruf apa dan ukurannya berapa sih Vi? (*maaf oot)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba Ade. Ini pakai Times New Roman, ukurannya 18 dalam angka. Tapi di blog ini pakai ukuran Kecil, Normal, Besar, Sangat Besar. Aku pakai yang besar.

      Hapus
  5. Kalau biasanya cuma baca postingannya, waktu itu bisa tatap muka ya...
    Salam kenal mbak Silvi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, menambah networking.
      Salam kenal mbak Ila. :)

      Hapus
  6. Nulis pake tangan kiri susah ya Sil, tapi meskipun hasil hurufnya jelek akhirnya berhasil juga, ya.
    Senengnya bisa ketemu teman-teman baru sekaligus menambah ilmu. Yuk, semangat ngeblog!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita ketawa- ketawa terus pas nulis ya mbak Li. Semangat!

      Hapus
  7. Akhirnya bisa ketemu Silvi.

    BalasHapus
  8. Silviiii... Pertama ketemu kita tanpa anak2 ya... Hihi, kali ini di fun blogging aku sm rombongan lenong :D asiik ya kita kopdar sambil belajar. Belajar sambil kopdar. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget. Kali ini versi lengkap ya. hihihi.
      Semoga dikasih kesempatan untuk jumpa lagi ya mbak Noe. :D

      Hapus
  9. aku waktu masuk ke intiland bingung.. pintunya sebelah manaaa :))
    seru bisa ketemu kalian semuaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa nih mbak Eda. Sampai harus diarahkan sama pak Satpam. Nice to meet you too, mbak! Semoga bisa kopdar- kopdar lagi ya. :)

      Hapus
  10. Silviiii, my soulmate ^_^
    Matur suwun sanget ya bantuanya...
    Kamu jadi saksi hidup mataku bengkak nangis karena nggak ikutan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak amma, kesayangan akuuh. Hehee
      Sama- sama, semoga selanjutnya bisa gabung diacara- acara ya.
      Hihihi. Iya tuh, nangisan :p

      Hapus
  11. Saya nih maah ya... agak pemalu kalo baru ketemu... coba sedikit lebih narsis pasti bisa banyak ngobrol pas ketemuuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok dirubah hihi.
      Ingat kata mbak Ani Berta, "kalau malu, kapan majunya?".

      Hapus
  12. Go Proooo...!!!
    Silvi yang kalem dan so sweet, nice to meet you yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice to meet you too, Mbak Heni! :)
      Semoga bisa berjumpa kembali

      Hapus
  13. Silvi, blog punyamu manis. Pengen ih punya kayak punyamu gini. Tulisanmu juga mengalir enak. Nilai 100 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak Tuha', bikin bikin hehe. Ini juga masih belajar. Ayok aku nunggu resensi bukunya :D

      Hapus
  14. Silvi, blog punyamu manis. Pengen ih punya kayak punyamu gini. Tulisanmu juga mengalir enak. Nilai 100 hehehe

    BalasHapus
  15. Hai SIlvi
    ternyata bukan hanya aku yg bingung di Intiland. Hi..hi..padahal udah pernah ke Intiiland sebelumnya, tapi kok ya kemarin masih bingun lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Gedungnya bagus dan besar, sih. :)

      Hapus
  16. Acara semacam ini sungguh menyenangkan, selain dapat ilmu juga bisa ketemu dan saling akrab dengan sesama blogger :)

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, mejalin silaturahim kan memperpanjang usia.
      Salam, mas.

      Hapus
  17. Semoga segera terwujud smartphone sama gopro nya
    eh itu kak noe ngapain jauh2 ke sby, demen banget ngelayap hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin! *teriak kenceng.
      haha. iya demen banget.

      Hapus
  18. Hai Silvi! Salam kenal lagi, masih ingat aku engak? Yang paling rajin datangnya ber dua Mbak Tatit hihi. Senang ya... semoga bisa jumpa lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih dong mbak Vanda. :D
      haha kegasiken ya.
      Aamiin. Moga bisa segera berjumpa dengan mbak Vanda lagi! :)

      Hapus

Keep Blogwalking!