Keripik Pisang GoBana, Produk Lokal yang Siap Mendunia

Januari 17, 2016


Bicara soal produk lokal UMKM aku jadi ingat pengalaman saat semester empat yang lalu, di tempatku belajar, kami yang sudah memilih Ekonomi Pembangunan sebagai jurusan harus memilih lagi konsentrasi untuk didalami ilmunya. Jadi simpelnya, setelah memilih A harus menentukan untuk masuk ke A1, A2, A3, dan seterusnya. Hal tersebut diharuskan karena aku mengambil jurusan non kependidikan (yang nantinya tidak bergelar S.Pd tapi S.E).

Saat itu aku dan teman- teman memilih salah satu dari tiga konsentrasi yang disediakan, antara lain Ekonomi Perbankan, Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah, serta Koperasi dan UMKM. Faktanya kurang lebih150 mahasiswa jurusan non kependidikan yang mengambil pilihan Koperasi dan UMKM hanya 2 orang. Bayangkan, hanya 2 orang saja. Akhirnya karena konsentrasi tersebut tidak memenuhi kuota, 2 orang pemilih itu masuk ke pilihan lainnya.  Jadi memang konsentrasi Koperasi dan UMKM tidak diminati.

Sayang sekali bukan ? Padahal aku yakin semakin berkembang pengetahuan dan kreatifitas manusia, maka akan banyak produk- produk baru yang muncul dan mungkin saja tidak terpikir oleh kita. Salah satunya ya produk- produk olahan makanan, karena sifatnya yang continue atau berkelanjutan dan selalu dibutuhkan oleh manusia yang notabene butuh makan. Apalagi kalau dilihat dari potensinya, produk olahan makanan yang berasal dari sektor agroindustri tentu punya tempat tersendiri buat orang Indonesia yang terkenal doyan nyemil.  Rasanya kurang pas kalau mengerjakan sesuatu tapi gak ada camilannya. Entah itu gorengan, kue kering, keripik atau yang lainnya. Tapi meskipun suka nyemil kita juga harus memilih camilan yang gak cuma enak aja, tapi juga sehat dan bergizi.



Nah beruntung sekali kemarin aku punya kesempatan untuk bisa hadir di acara Launching Keripik Pisang GoBana produksi Roemah Snack Mekarsari Sidoarjo. Buat yang belum tau, Mekarsari adalah nama dagang yang digunakan oleh bu Ida Widyastuti selaku pemilik dari Roemah Snack Mekarsari yang menyediakan berbagai macam produk makanan ringan. Saat pertama kali memasuki rumah snack ini aku melihat sekeliling, disana terdapat ratusan item dagangan yang berjajar rapi. Semua makanan ringan yang tersedia menggoda sekali untuk dibawa pulang. 



Puas berkeliling di toko lantai 1, aku diarahkan untuk naik ke lokasi acara yang berada di lantai 2. Banyak teman- teman yang sudah hadir, baik blogger maupun mahasiswa. Acara di mulai dengan sambutan dari Mbak Sugi Hartati dan dilanjutkan dengan pembawa acara. Sebagai pembukaan awal kami ditunjukkan video mengenai Roemah Snack Mekarsari dan berbagai award yang dicapai oleh bu Ida.

Bu Ida menyambut kami

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari bu Ida, beliau menyambut kami dengan hangat dan beberapa kali melontarkan candaan untuk mencairkan suasana. Beliau banyak bercerita tentang sejarah hidupnya hingga bisa menjadi seperti sekarang ini. Mulai dari beliau yang tidak pernah melihat ibu kandungnya, karena berpulang saat melahirkan bu Ida, hidup berpindah- pindah karena ikut dengan saudara, sampai merantau ke Batam untuk bekerja sembari memiliki sampingan berjualan sprei dan bed cover. Hingga akhirnya memiliki ide untuk mendirikan usaha produksi makanan ringan yang diberi nama Mekarsari. 

Memperluas jaringan pasar bu Ida juga bekerjasama dengan puluhan UMKM dan petani untuk menunjang usahanya. Jadi sama- sama diuntungkan dan disejahterakan. Pada tahun 2009 Mekarsari membuka gerai dengan nama Roemah Snack Mekarsari yang berada di pusat kota Sidoarjo, tepatnya di Pondok Jati C- 04 Sidoarjo Jawa Timur. Selain di Sidoarjo, Mekarsari juga memiliki outlet di Denpasar, Bali.

Semakin tahun Roemah Snack Mekarsari semakin melebarkan usahanya dengan membuat berbagai macam inovasi produk. Berawal dari emping melinjo yang dijual ke toko- toko, keripik singkong berbagai macam rasa, hingga keripik pisang yang diberi label Gobanano dan Opak Pisang Bananos. Inovasi- inovasi ini sukses membawa bu Ida meraih berbagai macam penghargaan, mulai dari perempuan inspiratif Nova, Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women, Green Entrepreneur, Award Inovasi Olahan Buah Tropis, dan masih banyak yang lainnya.

Hingga muncullah GoBana sebagai produk baru yang akan meramaikan pasar produk makanan olahan. Nah ada beberapa hal yang membuat GoBana ini istimewa, mulai dari bahan baku pembuatannya yang hanya menggunakan pisang agung atau pisang tanduk yang berukuran besar dan pisang- pisang ini hanya bisa ditanam di lokasi tertentu. Lalu ada 8 varian rasa yang dijamin belum pernah ada di pasaran. Jadi cocok kalau GoBana jadi salah satu oleh- oleh yang wajib dibawa pulang ketika kita mampir ke Sidoarjo.
 
Teman- teman yang menjadi penggemar makanan ringan tentu akan senang dengan adanya produk keripik ini. Rasa- rasa yang ditawarkan memiliki khas masing- masing, seperti D’ Rujak, D’Sambal Petir, Classic Caramel Chocolate, Classic Caramel Durian, Cheese, Japanese Green Tea, Choco Banana, dan Hot Spicy

Melihat peluang pasar yang luas, Mekarsari yang dulunya hanya menjual produk- produknya secara offline, sekarang ini juga menjual produknya secara online. Jadi, buat kamu- kamu semua yang pengen merasakan enaknya GoBana sudah gak perlu khawatir lagi karena bisa beli produknya secara online. Tinggal klik ini klik itu GoBana segera sampai di depan rumahmu.

Gak perlu ragu kalau mau beli online, soalnya GoBana yang baru saja launching ini juga sudah merambah pasar internasional loh seperti Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Oman, Bahrain, Saudi, Malaysia, Korea, dan Singapura. Nah, tau sendiri kan kalau produk yang mau masuk ke negara- negara tersebut harus memenuhi berbagai macam persyaratan. Jadi udah kompetitif banget nih GoBana, sudah teruji kualitasnya.

Soal harga 1 pack GoBana dibanderol dengan harga Rp. 15.000  saja, harga yang sebanding dengan rasa yang enak dan kualitas yang oke. Kalau mau harga lebih murah kamu bisa jadi Distributor atau resellernya. Informasi selanjutnya bisa kamu baca di web GoBana.

Web GoBana
Serunya lagi nih, program dari Mekarsari setiap 1 pack penjualan GoBana akan disisihkan Rp. 200 untuk sosial. Sasarannya ibu hamil yang tidak mampu membayar biaya rumah sakit dan anak- anak yang ingin melanjutkan sekolah namun tidak memiliki biaya. 

Setelah bu Ida menjelaskan tentang sejarah Roemah Snack Mekarsari dan usahanya, sekitar pukul 10.00 waktu Sidoarjo. Bu Ida bersama para undangan meresmikan peluncuran GoBana. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang seru. 


Bu Ida bersama undangan menunjukkan cara makan Pisang D' Petir
Nah, supaya gak penasaran soal varian rasa, nih aku beri gambaran ya biar kamu semua makin yakin kalau mau ngicip GoBana.

8 varian rasa Keripik Pisang GoBana Mekarsari


1.     Pisang D’ Rujak 


Kalau pisang jadi bahan tambahan rujak sih sudah biasa, kalau ini keripik pisang tapi rasa rujak. Manis, pedas, asin, lengket bercampur jadi satu. Cocok dinikmati degan es degan kayaknya ya.

2.     Pisang D’Sambal Petir





Penilaian pertamaku saat bu Ida mendemokan cara makan keripik pisang ini adalah "aneh". Keripik pisang original yang gurih dipadu dengan sambal cubit "petir" yang pedas. Pertama kali merasakannya, lidahku langsung berontak saking pedasnya. Sesuai dengan namanya ketika makan keripik pisang lalu dicolek ke sambelnya, saat masuk  ke mulut dan menyentuh lidah rasanya menggelegar seperti petir.

Sambal petir sendiri juga merupakan produk olahan yang dimiliki oleh Roemah Snack Mekarsari yang dibranding dengan nama Sambel Cubit Petir Jeng Ida. 

3.     Classic Caramel Chocolate


Keripik pisang dipadu dengan caramel adalah kombinasi yang cocok untuk lidahku karena rasanya yang umum. Penampilannya yang coklat mengkilat membuatku tertarik untuk makan lebih banyak. Jika biasanya makanan dengan campuran coklat kadang eneg, tapi GoBana memiliki komposisi yang pas.  

4.     Classic Caramel Durian 

 
Kalau lagi makan GoBana dengan rasa ini ibaratnya beli satu dapat dua rasa, pisang dan durian. Jadi kita makan pisang kombinasi rasa durian. Meskipun begitu, bau durian tidak terlalu menyengat. Jadi buat kamu yang gak suka sama durian, bisa coba makan GoBana dengan rasa ini. 

5.     Cheese



Buat yang suka keju, GoBana juga kasih varian rasanya. Kombinasi pisang dan bumbu menciptakan rasa yang Asin, manis, dan full of cheese. Jadi puas banget makan yang ini, apalagi kejunya dalam bentuk bubuk dan kamu gak akan merasa ditipu kayak rasa- rasa keju di tempat lain.

6.     Japanese Green Tea 


Matcha! Lagi hits kan sekarang matcha di mana- mana. Rasa GoBana green tea ini beda tentunya sama green tea dalam bentuk cair karena kalau minuman green tea lebih banyak rasa pahitnya sedangkan green tea yang ada di GoBana ini lebih manis.
7.     Choco Banana 


Saat kamu makan GoBana dengan rasa ini kamu akan merasakan banyak bubuk coklat meleleh dimulut. Rasanya tentu saja manis yang berasal dari pisang dan ditambah dengan bubuk coklat. Cocok dinikmati dengan teh tanpa gula.  

8.     Hot Spicy


Buat kamu penyuka pedas GoBana punya varian rasa Hot Spicy. Beda dengan yang lainnya, cabe yang digunakan berasal dari cabe asli yang dikeringkan lalu diolah menjadi bubuk. Bukan cabe dengan tambahan merica. Jadi pasti terasa pedasnya.

Unik dan asik semua kan ? Camilan baru dengan berbagai rasa bikin gak berhenti ngunyah, nagih lagi dan lagi. Apalagi packagingnya yang menarik juga memberi nilai tambah untuk GoBana. Kemasannya terbuat dari alumunium voil yang secara teori bisa menyimpan bahan makanan hingga satu tahun lamanya. Selain itu GoBana juga menggunakan kemasan stand- up pouch kombinasi zipper lock, jadi kalau misal kamu pengen bagi keripik pisang sama adikmu, gak perlu khawatir bakal melempem atau dijajah semut. 


Zipper Lock
Cara untuk membukanya juga mudah, cukup ikuti arahan yang ada di kemasan. Pertama sobek atau gunting dulu, baru dibuka zipper locknya.


Desain yang simpel tapi bercerita juga bikin orang tertarik untuk membeli produk ini. Selain itu karena GoBana merupakan keripik pisang yang gak cuma enak tapi sehat, makanya ada juga informasi nutrition facts per pack. Jadi kamu gak perlu khawatir lagi. Buat yang masih khawatir dan takut nyemil soal masalah kehalalan, tenang GoBana sudah punya sertifikat dari MUI.

Nutrition Facts GoBana
Label halal dari MUI dan komposisi GoBana
Tak terasa acara launching hampir selesai, selain mendengarkan penjelasan dari bu Ida kami juga dipersilakan untuk live twit. Sekitar pukul 12.00 acara selesai dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Jadi buat kamu yang penasaran sama GoBana tunggu apalagi ? Buktikan sendiri enaknya keripik pisang GoBana si produk lokal yang siap untuk menjawab tantangan MEA dan menjelajah dunia.

 



You Might Also Like

34 comments

  1. Yang D'Petir mongah-mongah gitu sambelnya, aku pengen deh Sil jadinya hahahha

    BalasHapus
  2. Tetep sih ya keripik pisang Gobana rasa Green tea bikin aku penasaran pengen nyobain :D

    BalasHapus
  3. Yang sambel petir endess banget. Tapi kalau aku sambelnya habis duluan, pisangnya masih ada haha

    BalasHapus
  4. Aku kalo dikasi gratis (*maksudnya??) Mau milih rasa sambal petir dan japanese green tea ah.

    BalasHapus
  5. Kemasan keripiknya kelihatan modern ya :)

    BalasHapus
  6. waaa variannya banyak juga ya..kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. Ayok pulang Jawa nanti kita ke sini barengan

      Hapus
  7. wah salah satu buah favoritkuu :D

    BalasHapus
  8. Ini mah favorit ane banget :D
    eiitt,, variannya juga banyak juga, duh.. pengen nyoba langsung..

    BalasHapus
  9. Oemji foto nya akeh sil suka yang bertabur lombok, sesi foto paling lama yaa :p

    BalasHapus
  10. asik mantap, semoga produknya berkembang dan mampu bersaing di pasar global.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, memang kece dan kreatif banget yang ini. Cobain deh

      Hapus
  11. Wuahhh gak ikutan acara ini. :(

    BalasHapus
  12. mendadak lapar nih.. :) Gobana mana...gobana...

    BalasHapus
  13. saya penasaran yang pakai sambal petir. Karena ketika saya makan pisang pakai rawit, anak-anak pada heboh. Bilang bundanya aneh. Padahal, kan, enak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mikir awalnya juga gitu Mak Chi. Tapi pas coba, beneran enak :D

      Hapus
  14. Asik banget dan banyak variannya. Aku baru tau ada snack unik begini, tapi keitung jauh banget di sidoarjo :o
    Kalau mau jual di Bandung bisa gak ya.. aku masih ragu karena skill jualanku 0 banget XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu cek di webnya yah. Ada ketentuan untuk jadi reseller atau distributor :)

      Hapus
  15. Waah, keripik pisang lampung punya saingan nih. wkwkwk. btw, namanya unik ya, ada rasa matcha pula. pingiiin sil

    BalasHapus
  16. ih Silvi bikin ngiler aja, aku suka juga ini hehehe kemarin yg tahu udah habis *kode

    BalasHapus
  17. saia suka yang green tea, manis-manis gimana gitu :P

    BalasHapus

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB