Senin, Februari 01, 2016

Memeram Buah Alpukat Mentah Supaya Cepat Matang Sempurna

  7 comments    
categories: 
Buatnya di photoshop- Masih miring hehe
Tahun 2016 ini sepertinya lagi banyak yang bikin resolusi untuk hidup sehat, salah satu caranya dengan makan buah secara rutin. Apalagi aku lihat buah sekarang harganya juga gak begitu mahal dan mudah dicari, kalau di Kediri hampir sepanjang jalan bisa dijumpai penjual buah yang menetap maupun musiman. Media jualnya gak pakai gerobak lagi, tapi mobil jadi namanya fruit truck. Hehe

Aku sekarang juga lagi menerapkan hidup sehat, olahraga, makan buah, diet karbo dan minum susu. Sesekali aja makan gak sehatnya kalau bareng temen- temen, ya sesekali aja gak apa- apa kan. Kebetulan banget kemarin ibuk pulang dari pasar bawa alpukat, eh aku dah seneng banget pengen langsung makan. Gak taunya malah masih keras- mentah. Jadilah aku ingat soal postingan temenku namanya Laila di instagram soal cara memeram (ngimbu) buah alpukat mentah biar cepet matang. 

Awalnya sih heran juga, masak bisa kayak gitu. Tapi karena aku orangnya penasaran dan agresif positif kalau kata Ilham, makanya aku coba dan pengen buktikan sendiri. Sebenernya ini udah banyak sih di internet. Tapi ya kali aja buat yang belum tau dan pas banget nyasar ke blogku jadinya nambah ilmu. Begini caranya :

1.Siapkan peralatan yang akan digunakan untuk memeram;
a. Buah alpukat mentah;
b. Gunting;
c. Pisau;
d. Selotip bening;
e. Tisu.


2. Cuci bersih terlebih dahulu alpukat, kemudian potong sedikit ujung buah alpukat dibagian yang tumbuh ranting;
 

3. Letakkan tisu di bagian yang sudah dipotong tadi, kalau aku sih 1 tisu dibagi menjadi empat. Kemudian tutup dengan selotip dan pastikan semua bagiannya tertutup rapat supaya tak ada bakteri dan angin yang menerobos masuk.



4. Setelah ditunggu 2- 3 hari hasilnya akan seperti ini;


Cantik kan ya warnanya, matang sempurna keseluruhan. Dulu banget waktu mbah uti masih sehat, aku sering bantu memeram (ngimbu) buah pakai karbit. Karbit harganya murah 1500 satu plastik 1/4an. Caranya buah dimasukkan ke karung bersama karbit lalu disembunyikan di tempat gelap, tapi gak enaknya setelah matang aroma buah jadi ada karbitnya. Harum- harum karbit gitu, kalau pakai cara memeram dengan media tisu dan selotip dijamin gak ada aroma apapun, yang ada hanya aroma buah aja.

Mudah to caranya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaaaa. 



7 komentar:

  1. ohooo...begitu toh caranya..makasih ya tipsnya silvi :)

    BalasHapus
  2. dan aku ngikutin saran ini. Makasih ya Silvi dan mbak Isti... Fira doyan, dua buah dihabiskan sendiri

    BalasHapus
  3. ooh caranya gitu ya pi, kalau aku biasanya di tempat beras :-D

    BalasHapus
  4. jadi beginiii ya caranya :)..kalau mau sehat lagi sil, jangan minum susu :)

    BalasHapus
  5. 2-3 hari ya, saya biasanya cuman ditaro di dalam kresek lalu disimpan di dalam dus. Makasih tipsnya...

    BalasHapus

Keep Blogwalking!