Senin, Maret 28, 2016

Transaksi Online Aman dengan MyCOD

Zaman yang serba hectic ini manusia dituntut untuk selalu cepat dan tepat dalam mengerjakan sesuatu. Apalagi untuk urusan yang berbau administratif. Memang bukan zamannya lagi sih mengurus hal penting dengan cara yang ruwet dan ribet. Salah satu contohnya saat melakukan transaksi setelah belanja online. Saya adalah orang yang kurang begitu menyukai kegiatan belanja secara offline, misalnya jalan-jalan ke mall. Kegiatan window shopping offline merupakan hal yang sangat jarang saya lakukan. Tapi kalau sudah disodori situs belanja online, bisa kalap dan gak tau aturan.

Selain itu, meskipun saya orang yang suka belanja online, tapi terkadang masih ada rasa ragu dan takut untuk melakukan transaksi. Secara banyak olshop yang masih nakal, uang sudah ditransfer tapi barang tak kunjung tiba. Nah kalau komplain jawabannya juga itu-itu saja. Bikin sebel dan merasa di PHP. 

Untungnya PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang biasa kita kenal dengan JNE meluncurkan aplikasi yang worth it banget buat kita-kita penyuka kegiatan belanja dan transaksi online. Nama aplikasinya MyJNE.

Worth it nya, aplikasi MyJNE ini punya beberapa program dan yang menarik perhatian saya adalah program MyCOD (Cash on Digital) yang diperuntukkan bagi para pembeli supaya selalu merasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi online. Simpelnya, MyCOD itu adalah rekening bersama dari masing-masing pengguna dan JNE. Lalu, bagaimana cara menyimpan uang kita di MyCOD ? Nah untuk penyimpanan uang ada fitur namanya My COD Wallet, jadi dari fitur itu kita tetap bisa memantau jumlah saldo yang kita miliki tanpa khawatir hilang.

Cara menggunakan MyCOD pun sangat mudah dan simpel :

1. Gunakan smartphone yang berbasis android, lalu cari aplikasi MyJNE di play store kemudian install.

Aplikasi MyJNE
Kemudian "Install"
2. Setelah selesai download, buka aplikasinya. 
Aplikasi MyJNE di HP


MyJNE siap digunakan

3. Pilih fitur My COD
Tampilan utama MyJNE




Account MyCOD
4. Sebelum menggunakan fitur ini kita harus registrasi terlebih dahulu. Klik Sign Up untuk mendaftar dan lengkapi data sesuai form yang diminta, sedangkan Sign In untuk masuk ke fitur MY COD. Hal ini juga berlaku untuk My COD Wallet. 

Tampilan MyCOD

Cara create order

Bagaimana cara kerja dari My COD ini ?
Begini, fitur MyCOD ini ada untuk menghubungkan seller dan buyer dimanapun berada, meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Tapi dengan adanya fitur ini kepercayaan dari buyer ke seller akan tetap sama seperti saat melakukan COD secara langsung.

Cara kerjanyapun sama seperti saat kita melakukan transaksi dalam belanja online. Posisinya jika kita sebagai pembeli setelah memilih barang yang disuka, kita harus memasukkan detail informasi identitas diri yang meliputi alamat, nomer HP yang bisa dihubungi, barang yang akan dibeli, ongkos, dan sebagainya. Nah, karena posisinya sebagai buyer maka kita memilih menu My Order lalu klik tombol plus merah untuk membuat pesanan baru. Selanjutnya isi form yang meliputi Order Name, insert Buyer's Phone Number, Item, Shipment dan  other fee, serta Grand Total. Kemudian klik Create Order. Setelah melakukan semua prosesnya maka secara otomatis MyCOD akan menjalankan tugasnya, yaitu memproses order kita.

Tidak perlu menunggu waktu lama, MyCOD mengirimkan invoice kepada pembeli, setelah menerima invoice melalui aplikasi atau Email dan SMS, buyer harus menyelesaikan pembayarannya dengan melakukan klik pay. Setelah itu jangan lupa untuk verifikasi pembayaran yang sudah kita lakukan. Setelah verifikasi sukses MyCOD akan mengirimkan notifikasi kepada penjual untuk memproses orderan kita dengan melakukan pengiriman via JNE.

Jika JNE sudah menerima paket dari seller dan seller menerima nomor RESI yang nantinya akan di input ke MyCOD, secara otomatis MyCOD akan mengirim notifikasi ke pembeli bahwa barang pesanannya sudah dikirimkan. Selama pengiriman barang ini kita sebagai pembeli bisa tracking status pengiriman melalui MyCOD.

Jika barang sudah sampai di tangan pembeli dan transaksi dianggap beres, MyCOD akan memberikan uang dari pembeli ke account MyCOD penjual.

Nah, dengan adanya MyCOD ini kita sebagai pembeli sudah tidak perlu lagi merasa takut atau ragu untuk berbelanja, karena uang yang kita kirimkan baru diterima oleh penjual jika barang sudah sampai di tangan pembeli. Transaksinya pun cukup mudah bukan ? Semuanya bisa dilakukan melalui smartphone. Gak perlu ribet, gak perlu ruwet.




https://play.google.com/store/apps/details?id=com.indivara.jneone

6 komentar:

  1. dijamin aman ya buat pembeli. makasih udah ikutan ya Pi

    BalasHapus
  2. JNE selalu punya inovasi ya :)
    Keren, keren...!

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  3. Iya MyCOD mmg bantu
    Hapenya keren, Sil :)

    BalasHapus
  4. baru tau ada aplikasi ni di android,makasi min telah berbagi

    BalasHapus
  5. Wah, selama ini aku kalau pakai aplikasi JNE ternyata luput dari fitur ini -_-
    Thanks sharenya ya admin,

    BalasHapus
  6. Dengan aplikasi ini jadi tenang gak takut kena php ya Mbak.. Hihihi :D

    BalasHapus

Keep Blogwalking!