Kamis, Mei 12, 2016

Window Shopping : Berburu Barang Murah di Batam

  10 comments    
categories: 
Batam, hal pertama apa yang kamu pikirkan kalau dengar kata Batam ? Pulau BM (Black Market), tanah merah, jauh, wisata alam yang indah, atau emmm surga belanja? hehe. Semuanya benar.
WTB di Dataran Engku Putri Batam Center
Banyak teman yang belum tahu kalau sekarang saya sudah pindah dari Jawa ke Batam, jadilah mereka kaget saat saya mengupload foto sedang berada di wilayah yang punya Bandara Hang Nadim ini. Beragam pertanyaan muncul, mulai dari yang guyon hingga serius. Saya di Batam belum ada 2 minggu, tapi saya sudah menjelajah ke beberapa wilayah yang ada di pulau ini. Maklum saja, jiwa petualang memang sudah mendarah daging. Daerah yang sudah saya jelajahi mulai dari Batam Center, pulau Setokok hingga pulau Galang, Nagoya, pantai Costarina, dan beberapa wisata belanja yang ada di Batam. Masih belum semuanya sih, tapi segera akan saya realisasikan keinginan itu. Eman kalau di tempat baru tapi gak memanfaatkan waktu tuk hal yang positif. Cie. Uhuk. 

Seperti kebiasaan sebelumnya, setiap berpergian saya kurang suka dengan hal-hal yang riweh, maka dari itu saya membawa sedikit baju ke Batam dengan alasan "nanti beli saja lah di sana". Ternyata rencana saya itu tepat, karena Batam punya surga belanja yang harganya lumayan miring .. kalau tahu tempat dan waktunya.

Ada beberapa tempat wisata belanja yang murah meriah di Batam, apalagi buat yang suka belanja wajib a'in untuk mampir ke tempat-tempat ini;

1. Nagoya
Jarak Hang Nadim ke Nagoya via maps
Pernah dengar belum? Belum? Oke. Nagoya merupakan daerah di Batam yang menjadi sentra perdagangan dan disebut-sebut menjadi salah satu surga bagi wisatawan lokal maupun asing yang datang ke Batam. Jaraknya kurang lebih 18 km dari bandara Hang Nadim, waktu tempuhnya sekitar 30-45 menit. Jika sudah sampai di Nagoya kita akan melihat outlet di sepanjang jalan yang menjual berbagai macam jenis makanan, baju, aksesoris hingga gadget. Semua jenis barang-barang dengan harga miring ini ada di sebuah mall yang bernama Nagoya Hill. 

Masih kurang belanja fashion di Nagoya Hill? Tenang masih ada wisata belanja baju dengan harga miring di daerah Baloi. Tempatnya ada di Batam City Square (BCS). Berbagai macam jenis dan merk ada di tempat ini.

Selain itu ada satu tempat penjualan gadget terbesar di Nagoya adalah Lucky Plaza. Di tempat ini kita bisa menemukan berbagai macam jenis gadget mulai dari yang terbaru hingga second. Tapi kita harus jeli karena ada beberapa barang yang menggunakan garansi Singapura, tapi banyak juga yang menggunakan garansi resmi dari distributor Indonesia. Untuk barang second di Lucky Plaza ini sangat bersaing dengan harga gadget baru, karena secondnya banyak yang mengambil dari Singapura.

Kita tentu tahu gaya hidup masyarakat Singapura sangat tinggi, contohnya saja dalam hal gadget. Saat ada merk baru keluar maka dengan mudahnya mereka akan menjual gadget lamanya untuk mendapatkan gadget dengan merk terbaru. Maka dari itu barang second di Lucky Plaza masih sangat bagus bahkan nampak seperti baru. Semua itu bisa didapatkan dengan harga miring kalau kita pandai menawar. Jadi buat kamu yang punya keahlian menawar barang saat berbelanja, coba uji kemampuanmu di sini. 

2. Batam Center

Setelah Nagoya, Batam Center menjadi tempat belanja dengan harga miring kedua. Sesuai dengan namanya, Batam Center ini merupakan kawasan yang cukup komplit untuk sebuah daerah di luar Jawa. Batam Center dekat dengan bandara, wisata belanja modern maupun tradisional, serta berbagai macam fasilitas publik seperti rumah sakit, sekolah, kantor pemerintahan, dan daerah industri seperti Batam Indo Park.

Nah, untuk urusan belanja di Batam Center punya banyak pilihan juga. Misalnya saja Mega Mall yang dekat dengan alun-alun dan masjid raya. Mega Mall juga terintegrasi dengan pelabuhan ferry untuk menyeberang ke Singapura. Selain Mega Mall ada namanya Botania dan TOP 100. Kemarin, saat saya ke Botania dan TOP 100 saya membeli beberapa baju untuk saya sendiri seperti jogger pants dan kaos, lalu tas ransel untuk adik. Tapi kemarin saat saya mencari baju lebaran untuk ibu dan bapak belum ada yang cocok. Maka dari itu saya mulai cari-cari di toko online.
Salah satu hasil window shopping di olshop fashion.
Buat yang berencana main ke Batam, silakan siapkan mental untuk kalap belanja di sini ya. Serius deh harganya miring dan kualitasnya cukup bagus kok. Tinggal pandai-pandainya kita memilih bahan saja. Sedikit tips dari saya yang sempat sedikit kalap saat belanja;

1. Manfaatkan Diskon

Memang tidak semua tempat belanja akan memberikan diskon, tapi di beberapa wisata belanja modern di Batam setiap weekend akan ada sale besar-besaran up to 50-70% untuk barang yang branded di beberapa store.

2. Riset itu Penting

Riset its very important! Apalagi kalau belanja gadget. Jangan lupa untuk googling-googling terlebih dahulu dan jangan sungkan tanya-tanya ke penjualnya. Kalau misalnya masih ragu, bandingkan harga barang yang ingin kamu beli antara outlet satu dengan yang lainnya.

3. Jangan Terlihat Bingung

Pasang ekspresi santai saat terjadi tawar menawar, ingat ya pembeli adalah raja tapi raja tidak semena-mena. Jangan buru-buru memutuskan sesuatu yang akan kita beli karena jika kita terlalu buru-buru maka harganya akan sama saja dengan harga yang ada di pasaran.

4. Teliti Sebelum Membeli

Ini penting, jika sedang belanja baju atau barang lain teliti terlebih dahulu. Misalnya baju, lembut atau tidak kainnya. Bahannya dingin dan menyerap keringat atau tidak. Modelnya sesuai atau tidak. Lalu pastikan kalau kondisi barangya masih bagus. Jangan karena harganya miring lalu suka-suka ambil dan beli barang tanpa teliti. Hasilnya, nanti menyesal. 

Sudah tahu kan ya tempat belanja dan tipsnya kalau lagi berburu barang di Batam. Nah, meskipun harganya miring tapi barang yang kita dapatkan gak sembarangan. Jadi hati riang dompet juga senang.
Ohya, ada rekomendasi tempat belanja menarik di Batam yang lainnya ? Share ya. 


10 komentar:

  1. Aku pernah ke Batam waktu masih kuliah. Udah lama banget. Pasti sekarang udah jauh berkembang ya.

    BalasHapus
  2. duh,kalah nih aku...baru aja semalem lihat top 100 yang di KDA,belum masuk pula xixixixi....

    BalasHapus
  3. kirain liburan ke batam lha kok ternyata pindah, eh nagoya ada juga ya di indonesia nggak hanya di jepang aja :p

    BalasHapus
  4. siplvii ke batam sibuk apa? aku udah nanya kayaknya di post lalu, tapi ya gitu aku lupa dimana dan gak balik lagi ke post lama kalau bw hahaha

    BalasHapus
  5. Wah asyik juga ya Batam buat shopping shopping, apalagi bagi yg pinter nawar. Kalo aku nggak pinter soal tawar menawar gitu hehehe

    BalasHapus
  6. awalnya silvi window shopping lama-lama shopping beneran :)

    BalasHapus
  7. Saya klo dibatam, paling di top 100 tembesi mbak..hehehe dekat rumah soalnya...dan termasuk mumer juga hrg2vdisana... salam kenal ya mbak..

    BalasHapus
  8. Kok gak mbok foto blas to Sil? Khan aku penasaran haha.

    Btw sing bener "Research is very important".

    BalasHapus
  9. Thank you info shopping direktory nya. Aku kalo batam taunya nagoya hill aja buat shopping2 hehe

    BalasHapus
  10. Btw mbak itu yg difoto apa ya kok keliatan seperti uluru (batu besar yang ada di Australia) kwkwk

    BalasHapus

Keep Blogwalking!