Senin, Mei 22, 2017

Apple Macbook, Laptop Ringan yang Oke dibawa Liburan

  10 comments    
categories: 
[Sumber : Pinterest.com (Travel Airplane Quote Laptop Decal Sticker Vinyl Art Quote Macbook Apple Decor Advanture Wanderlust)]
"Liburan masih bawa laptop? Hah seriusan?! Ngapain sih bawa yang berat-berat. Udah tinggalin aja! Berat tau!", ujar teman jalan saya saat pergi ke Jember beberapa waktu yang lalu.

Ya banyak teman memang sering gemas kalau jalan sama saya, soalnya nongkrong cafe aja bawa ransel yang isinya laptop. Apalagi kalau pas jalan-jalan, salah satu barang wajib yang harus dibawa adalah komputer jinjing. Emang kenapa sih kok selalu bawa? Ada yang perlu dikerjakan gitu?.

As you know, setiap perjalanan liburan, saya gak selalu bisa menginap di tempat yang bagus seperti hotel berbintang. Tak jarang pula saya harus memilih penginapan semacam hostel atau hotel kapsul yang notabene minim fasilitas hiburan, minimal teve. Nah dengan adanya laptop ini saya bisa live streaming atau nonton film. Selain itu banyak data yang setiap saat diperlukan untuk dikirim ke teman atau atasan. Karena saat itu saya masih bekerja sebagai contributor, ide bisa muncul di mana saja.

Beberapa waktu yang lalu juga saat merantau ke Batam, saya seperti orang linglung. Soalnya mau gak mau laptop harus ditinggal di Jawa karena dipakai sekolah oleh adik. Iya ceritanya gantian gitu, saya udah lulus kuliah jadi dipikirnya gak begitu perlu laptop. Sedangkan adik yang masih sekolah masih membutuhkan laptop untuk menunjang kegiatan belajarnya.

Jadilah berbulan-bulan saya gak mainan laptop, semua kegiatan yang biasanya pakai laptop mau gak mau harus digantikan dengan smartphone. Ya meskipun menurut saya smartphone tidak sesempurna laptop dalam sisi keleluasaan gerak, tapi saya bersyukur karena masih bisa aktif menjalani hobi ini, khususnya ngeblog.

Nah pas masa-masa galau itu salah satu teman saya― seorang travel blogger menyarankan untuk membeli laptop baru. *lalu― menghitung― tabungan. Katanya lebih baik saya beli laptop baru saja, biar nyala lilin ngeblognya makin berkobar. Kemudian muncul obrolan tentang beberapa spesifikasi laptop yang oke.

“Kamu maunya laptop yang gimana sih?”, tanyanya.

“Ya yang ringan gitu kak, biar enak kalau dibawa jalan. Slim dan punya spesifikasi bagus tentunya”, jawab saya.

“Ah mendingan beli Macbook aja dek!”


Hening sejenak. 


[Mudah dibawa saat traveling. Sumber : Pinterest.com/GRID (It Warp for Macbook Air )]
“Iya sih maunya juga gitu, tapi gimana ya?”

“Yaudah nabung dulu aja gih yang rajin. Aku dulu  bisa punya juga nabung”, dia memberi semangat.

Jujur saya pribadi gak begitu tahu banyak soal produk Macintosh yang dibuat oleh Apple Inc. Setau saya Macbook ya produknya Apple, yang harganya hampir sama bahkan lebih dari harga  sepeda motor gitu. Kenapa gak cari tahu? Takut kebelet pengen. Hehehe. Tapi setelah menyimak penjelasan dari teman, saya jadi  punya informasi baru soal komputer Macintosh yang penjualannya digadang-gadang paling laris dalam sejarah ini.

Kalau dari penjelasan tadi si laptop eksklusif ini ternyata punya banyak kelebihan utamanya buat pekerja professional. Selain itu juga ada banyak pilihan jenis laptop Macbook seperti Macbook Air, Macbook Pro, Mac plus tipe dan serinya. Tapi kenapa ya tidak banyak orang awam memilih produk Apple? Padahal sudah pasti speknya bagus, kalau dari segi harga pastilah harus berpikir dua kali, kalau selain itu? Ternyata karena kebiasaan dan pilihan pertama. Jadi karena kita terbiasa dengan Windows, rasanya enggan mau berpindah ke OS lain.

Jadi apa aja sih kelebihan yang dimiliki sama Macbook ini?

Aplikasi MacBook Kece


Kecenya adalah karena tidak semua pengembang software bisa masuk ke dalam otoritas Apple. Jadi tidak bisa sembarangan dan harus melalui survey ketat, baik itu dari segi fungsi maupun desain. Semuanya harus seirama dengan SOP yang sudah ditetapkan oleh Apple. Seperti misalnya Daisy Disk― Aplikasi pencari file ukuran besar dan tersembunyi; Gemini― Aplikasi pencari file duplikat. Saya sering tuh kalau ada teman yang copy file khusunya foto pasti dipilih sama yang ada wajahnya aja, terus tanpa sadar terkopi berulang. Nah Gemini ini bisa menemukan duplicat files itu sekaligus, jadi gak perlu menelusuri satu persatu folder; Garage Band― Aplikasi pembuat musik dengan alat virtual. Sering lihat band live performance setting sesuatu dengan Mac gak? Nah ternyata memang ada aplikasinya di sini. Pantesan aja, awalnya kupikir itu gaya-gayaan. Hehe; dan masih ada aplikasi lain yang menunjang performa Macbook ini.

MacBook itu Dingin

“Hei jangan dipangku, itu hawa panasnya gak bagus buat tubuh!”


Ada gak temen yang ngomel kayak gitu kalau tau kita memangku laptop? Saya sering banget diingetin sama temen soal hal-hal sejenis itu. Soalnya memang sering gak sadar kalau pas lagi buru-buru harus mengirimkan data penting. Laptop main pangku aja tanpa pikir panjang cari meja terlebih dulu.

Dan lagi kalau laptop terlalu lama berada di dalam tas juga kadang ikutan panas ya, gimana kalau sampai berjam-jam sedang perjalanan? Nah kalau punya MacBook gak perlu khawatir, soalnya seluruh bodi laptop ini bahannya dari alumunium. Jadi relatif lebih dingin kalau dibanding sama laptop yang bahannya plastik. Saluran udara yang ada di MacBook juga diatur sedemikian rupa sehingga udara panas tidak terasa sama sekali. Bisa main laptop sambil tiduran. HEHE. Kebiasaan.

Desain yang Elegan

Siapa yang gak bangga kalau petentang-petenteng bawa barang mahal? Sedikit banyak pasti ada lah rasa itu, ya kan? Apalagi laptop impian ini desainnya kokoh dan elegan, sehingga memunculkan kesan keren dan menonjol. Selain itu keyboardnya juga simple karena keyboardnya tidak memiliki beberapa pad seperti di keyboard konvensional, tidak ada number pad, Home, End, PgDn, PgUp, tombol Menu, PrtScn, tombol Windows, Alt dan Del. Mungkin karena pihak Apple Inc memikirkan tentang efisiensi ya, karena memang tombol-tombol tersebut bisa digantikan dengan cara lain.

Laptop yang Tahan Lama

Buat para manusia yang bukan shopaholic, memilih barang yang awet adalah koentji. Apalagi soal barang elektronik, kalau bisa harus banget yang terbukti awet dan tahan lama. Beberapa kali saya beli laptop, semuanya hanya bertahan paling lama 2 tahun. Makanya makin semangat nih buat nabung biar cepetan bisa kesampaian beli Macbook.

Soalnya dari testimoni pengguna produk Apple, Macbook rata-rata bisa bertahan 3 sampai 5 tahun. Nah selain awet saya juga pengen punya laptop yang tangguh, soalnya kan dibawa jalan melewati segala cuaca. Ohya selain awet dan tahan lama, percaya nggak kalau Macbook ini bebas virus? Iya karena sangat jarang ditemukan pengguna Mac melakukan install ulang OS. Kalaupun ada itupun hanya upgrade versi OSnya saja.


Benar-benar laptop yang paripurna ya. Harga memang gak membohongi kwalitas. Eh yang paling penting nih, rata-rata laptop ini beratnya gak lebih dari 2 kg. Waktu staycation sama temen yang punya Macbook, ternyata memang enteng dan slim banget deh. Cocok buat dibawa jalan, bye-bye jinjingan berat.



10 komentar:

  1. eh aku baru tahu loh mbak...
    kece juga ya
    :)

    BalasHapus
  2. dari pengalamanku, macbook nggak enak banget buat kerjaan yang mengharuskan kita kerja bareng orang lain dan harus transfer2 doc
    tapi kalau buat sendiri ya boleh lah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang dia gak open kalau bukan yang sesama mac kan ya. hehe

      Hapus
  3. Itu macbook idamanku ahahhahahah

    BalasHapus
  4. Ini idaman semua umat deh kayaknya hahhah
    kindly visit my blog--> bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya dia gak jangkau sama semua umat ahahaha

      Hapus
  5. Kalau hanya dipake buat ngeblog aja, sayang banget dengan harga segitu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. disitu kan ada fitur lain penunjang pekerjaan mbak, jadi gak "hanya" buat ngeblog aja. :)

      Hapus

Keep Blogwalking!