4 Kelalaian yang Sering Banget Terjadi Saat Berkendara

September 01, 2017

Buat para bikers, ketemu sesuatu yang bikin geleng kepala di jalanan itu udah jadi hal yang biasa. Saya sendiri rasanya kayak udah bosan kalau berhadapan sama orang-orang yang suka lalai, sama keselamatan dirinya sendiri dan orang lain ini.

Hampir disetiap perjalanan berkendara saya, entah pergi kemanapun selalu dan selalu berjumpa dengan orang-orang yang suka abai ini. Nah, apa aja sih kelalaian yang sering terjadi di jalan? Ini juga jadi pengingat tuk diri saya sendiri, supaya selalu hati-hati kalau pas bawa kendaraan.

1. Lupa Mematikan Sein 
Ini bahaya banget! Saya udah sering hampir nubruk orang entah di pertigaan atau perempatan jalan gara-gara pengendara lain lupa matiin seinnya. Atau kita udah jalan pelan-pelan nunggu dia belok lah ternyata gak belok-belok. Haha. Jalan terakhir yang dilakukan adalah mengingatkan. 

Pernah saat itu saya pergi ke Kediri, depan saya seorang pengendara wanita yang cukup berumur. Sejak di daerah sekitar Simpang Lima Gumul beliau menyalakan sein untuk ambil jalur menuju Kediri. Nah sejak itu beliau sepertinya lupa nih matiin seinnya. Akhirnya setelah sama-sama di lampu merah, saya coba ingatkan kalau seinnya lupa dimatiin.

"Ibu, maaf sepertinya dari tadi sein (riting), lupa dimatikan"

"Oiya tapi sekarang sudah betul mau belok kanan".

"#$^*()))**^^(&%*()_".

2. Lupa Menyalakan Sein
Kalau tadi lupa matiin lampu sein yang ini lupa gak nyalain sein, dua hal ini juga sama bahayanya. 
Soalnya udah sering banget kejadian orang mau belok gak pakai tanda, tau-tau belok aja. Nah ini kan bikin kaget pengendara yang lainnya. Gebetan aja kalau mau PDKT ngasih kode-kode, masa berkendara gak pakai kode. Pengendara lain kan bukan dukun yang bisa memprediksi kapan kita mau belok kanan/ kiri.

3. Pakai Rok berkibar
Berkibar? Bendera kali ah. Kalau kasus yang ini biasanya dilakukan sama yang diboncengin dan duduknya posisi menyamping. Ini juga masuk dalam kategori bahaya banget soalnya apa? Kalau sampai rok it masuk ke jeruji ban motor, bakalan berabe kan?. Gak cuma sendirinya yang bakalan celaka, orang lain juga. 

Untuk kasus saya sendiri, beberapa tahun yang lalu saya juga pernah mengalami hal yang sama. Hanya saja saat itu bukan rok, tapi jaket. Murni memang kesalahan saya pribadi karena mau gaya-gayaan, jaket gak dipakai tapi dililit ke pinggang. Maksudnya biar kayak anak hits pada zaman itu. Eh gak taunya nih pas lagi perjalanan dengan sepeda motor, lengan jaketnya masuk ke ban motor. 

Off course, yang terjadi adalah tiba- tiba motor berhenti seperti direm mendadak dan kami berdua (kebetulan saat itu saya bersama dengan teman) jatuh terguling karena kami sama-sama tidak siap. Nah sejak itu, saya bener-bener aware sama segala bentuk pakaian yang saya pakai kalau berkendaa pakai motor. 

4. Mainan HP Saat Berkendara
Ini juga bahayaaaaa! Soalnya fokus jadi terpecah ke beberapa hal, antara mau nyetir atau mau balas sesuatu di smartphone. Sering ngalami gak? Kalau ada yang bawa motor terus dia mainan hp, naik motornya pasti gak seimbang dan sering oleng. Ini kan bahaya kalau pas ada orang mau mendahului eh gak taunya kita oleng kanan. Bisa terjadi laka lantas yang tidak diinginkan. 

Ohya, kelalaian-kelalaian itu tadi gak cuma dilakukan sama ibu-ibu loh. Bapak-bapak juga banyak banget. Tapi kenapa ya yang jadi victim kok selalu ibu-ibu? Hahaha

Nah itu tadi beberapa hal yang sering banget saya lihat kalau pas lagi di jalan. Sebetulnya masih banyak lagi sih ya, tapi sekarang ini cukup 4 dulu aja lah. Hahaha. Pokoknya selalu hati-hati dalam berkendara, aware sama keselamatan diri sendiri dan orang lain. Inget, ada calon suami atau istri yang nunggu kamu buat siap diajak berumah tangga. :p

Baca Juga : Tips Memperbaiki Motor Mati Total


You Might Also Like

5 comments

  1. Sering liat mainan hp, bakhan aku pernah diserempet :-(

    BalasHapus
  2. Makanya, aku gak berani duduk nyamping. :'D

    BalasHapus
  3. Sebel kalau lihat orang berkendara sambil hapean. Sebel lagi kalau malem2, papasan ma motor yang lampunya gak dinyalain. :( Biasanya anak2 yang kaya gitu.

    BalasHapus
  4. Apalagi di Batam, orang seenaknya. Serba salah jadinya.

    BalasHapus
  5. Eh, iya bener banget tuh kalo soal sein, ibu2 paling sering lupa matiin n nyalainnya.

    BalasHapus

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB