Jumat, Oktober 06, 2017

Seblak Pedas, Makanan Khas Bandung yang Kaya Akan Manfaat

  1 comment    
categories: 
Bandung tak hanya dikenal dengan wanita-wanitanya yang cantik mempesona saja, melainkan juga kuliner yang nikmat, ada banyak sekali makanan nikmat khas Bandung yang wajib untuk Anda cicipi ketika jala-jalan ke kota kembang tersebut. Meskipun sebenarnya tak harus jauh-jauh datang kesana untuk mencoba makanan khasnya. Mengingat ada banyak sekali jenis makanan Bandung yang dijual di seluruh daerah. Salah satunya adalah seblak. Mungkin masih banyak yang awam dengan makanan ini. Makanan yang dibuat dari bahan dasar kerupuk udang, dimasak menggunakan berbagai jenis bumbu dan telur. Rasanya sangat nikmat, bahkan selain versi membuat sendiri sekarang ini banyak juga yang menjualnya dalam bentuk instan.

Cara memasaknya juga tak jauh berbeda dibandingkan dengan mie instan, cukup menuangkan air panas kedalam kerupuk, tunggu hingga lembek kemudian campur dengan bumbu-bumbunya. Rasanya nikmat, biasanya selain dijadikan sebagai menu cemilan, juga sebagai hidangan utama. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Mengingat sangat mudah dan tak memakan banyak bahan, untuk isi bisa dikreasikan sesuai selera.

Ternyata mengkonsumsi seblak ini tak hanya enak di lidah saja, melainkan juga memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan, berikut ini diantaranya:

Seblak pedas ampuh untuk turunkan berat badan, cabai merupakan sayuran yang paling tinggi kandungan vitamin C nya, bahkan dibandingkan dengan jeruk, maka vitamin C yang ada dalam cabai jauh lebih tinggi. Efeknya sangat bagus untuk memperlancar metabolisme tubuh, sehingga nantinya bisa membuat lemak dan juga kalori terbakar.

Membantu melancarkan pernapasan, manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang satu ini adalah untuk pernapasan, obat bagi mereka yang menderita penyakit seperti asma, kemudian bronkitis, hingga sinus, karena makanan pedas juga membantu dalam melegakan pernapasan, apalagi bagi yang mengalami masalah seperti pilek atau flu.
Membantu untuk jaga mood, setelah mengkonsumsi makanan pedas tubuh menjadi lebih tenang dan ada efek mengantuk. Cocok untuk mereka yang sering kali mengalami stress atau depresi. Tak perlu mengalihkannya pada hal-hal yang buruk cukup dengan makanan pedas saja.

Untuk sehatkan jantung, bahan dalam pembuatannya lebih banyak kandungan karbo dibandingkan dengan lemak, ditambah lagi ada cabai yang kaya akan kolesterol baik, sangat bagus untuk membuat jantung menjadi lebih sehat. Kapsaisin, sebuah zat yang ada dalam cabai ini memiliki manfaat dalam melawan peradangan, salah satunya adalah pada dinding-dinding atau otot jantung.
Membantu dalam turunkan tekanan darah tinggi, kandungan vitamin C dan juga A yang sangat banyak mampu untuk menguatkan otot jantung sehingga bekerja secara normal dalam memompa darah, Anda tak perlu takut dengan resiko seperti tekanan darah tinggi.
Untuk mencukupi kebutuhan gizi Anda, faktanya memang tak hanya manfaat untuk kesehatan, melainkan juga sumber energi, mengingat kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya cukup tinggi, bermanfaat untuk menjadi sumber energi. Jadi jangan katakan makanan khas Bandung ini hanya sebagai cemilan, jika kandungan gizinya sangat lengkap.

Ada sangat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi seblak, sehingga jangan sampai melewatkan seblak pedas ini. Bisa dibuat sendiri di rumah dengan beberapa bahan dasar yaitu kerupuk udang berbagai bentuk, telur dan juga bisa menambahnya dengan ayam apapun sosis sesuai selera. Dipadukan bumbu yang pedas. Produk instan juga bisa dijumpai di situs jual beli online.

1 komentar:

  1. I would strongly recommend you to translate your posts or blog to English, as lots of readers would not be able to understand your posts.

    BalasHapus

Keep Blogwalking!