Running Trail di Bukit Kura-Kura Onga'kan

Januari 15, 2017

[Spot yang bagus untuk foto-foto]
Tempat hits lainnya setelah Kampoeng Anggrek adalah Bukit Kura-Kura Onga'kan yang ada di Besowo. Daerah paling ujung timur Kediri yang berbatasan dengan Kasembon- Malang. Kemarin saya berkunjung ke tempat ini untuk menemani teman yang sedang running trail pertamanya di tahun 2017 untuk persiapan running Tawangmangu.

Saat itu hari Minggu dan cuaca cukup mendukung untuk melakukan kegiatan running. Kami berangkat pukul 08.00 pagi dari Pare menuju Besowo. Padahal nih masing-masing dari kami belum ada satupun yang pernah berkunjung ke Onga'kan. Akhirnya dengan mengandalkan GPS sebagai petunjuk jalan kami bersiap untuk berangkat. Rute yang kami tempuh dengan mengikuti GPS adalah Pare-Gadungan-Manggis-Sepawon-Puncu. Setelah hampir 1,5 jam perjalanan nyatanya Onga'kan tak kunjung terlihat. Bahkan kami harus menempuh jalanan berbatu jika mengikuti arahan dari GPS.

Hingga akhirnya kami berjumpa dengan seorang bapak yang sedang bongkar muatan,

"Mau ke onga'kan? Salah jalur! Jangan ikuti GPS karena sudah banyak yang tertipu. Ini rute untuk motor trail. Lewat saja Kepung sampai bertemu dengan patung Rinjing nanti belok kanan, lurus, sudah itu Onga'kan".

Akhirnya kami putar balik dan saya sempat menyuarakan sumpah serapah karena kecewa. Syem. Baru kali ini saya dibablasin sama GPS sampe separah ini. Haha. Hingga akhirnya sekitar pukul 10.00 WIB kami sampai di latar ombo atau centre point Onga'kan. Tidak menunggu lama, si kawan langsung bersiap untuk pemanasan dan akan lari dari centre point hingga puncak Onga'kan. Saya? Tentunya naik motor dong ke atas. Haha.
[mestakung]
Jarak antara centre point dan puncak Onga'kan kurang lebih 5 km, tentunya dengan contour tanah yang menanjak dan rusak, karena memang infrastrukturnya masih belum sempurna untuk tempat wisata. Masih jalan setapak yang dibuat sekenanya asal bisa dilewati dan sama sekali belum ada jalan paving yang bagus untuk memudahkan pegunjung. Ohya, jarak centre point dan gerbang masuk Onga'kan adalah 3 km dan sisanya 2 km. Terbayang? Teman saya running sekitar 58 menit untuk menempuh jarak 5 km. Sedangkan saya sekitar 35 menitan dengan naik motor. Eh bahkan beberapa kali ada yang terjatuh karena tidak fokus dalam berkendara.

Tiket masuknya murah meriah aja, goceng untuk satu orang dan tiga ribu untuk motor. Bisa gratis juga sih kalau bilang anak bupati. haha. Disini kita juga bisa mengistirahatkan motor sejenak, soalnya kan sudah pasti mesinnya panas karena dipakai trail. Apalagi kalau motornya matic kayak yang saya pakai. Pulang langsung servis kayaknya sih.

Konter tiket
Sesampainya di atas, ternyata kondisinya rame pol! Ya memang sih saat itu hari libur jadinya gak bisa disalahkan juga kalau sampai penuh, bahkan saking ramenya saya gak punya kesempatan untuk mengambil gambar tanpa bocor. Pupus sudah niat untuk eksis di tempat paling hits se jagat Besowo. Namun tak masalah, masih ada lain waktu untuk menikmati Onga'kan tanpa kebocoran pandangan.

Harapannya saya sih kedepannya akan ada banyak fasilitas untuk wisata ini, ya. Seperti akses jalan yang lebih bagus dari sebelumnya, MCK, tempat parkir dan tentunya para pengunjung juga disiplin kalau lagi ada di tempat wisata.

Segitu dulu deh ya, kapan-kapan kita jalan-jalan dan cerita lagi. 
Bukit Kura-Kura Onga'kan, Besowo, Kediri. 

 

You Might Also Like

3 comments

  1. lamaaa banget gak kediri
    terakhir pas masih piyikk

    BalasHapus
  2. tempatnya kayaknya masih asri bgt ya

    BalasHapus
  3. Masuk iki digawe trail run yaa..

    koncomu kui melu Kediri Runners gak ya?

    BalasHapus

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB