Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2019

Serunya Bikin Konten dengan Kuota Nonstop dari Smartfren

Gambar
Hello fellas, gimana nih kabarnya? Semoga selalu sehat ceria ya. Tahun 2020 sudah hampir habis dan di suasana yang masih serba tak pasti seperti sekarang karena pandemi, kayaknya kita mulai dibiasakan untuk ada di rumah saja, ya. Tapi Alhamdulillah ada juga yang sudah menerapkan new normal namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.Karena kebiasaan di rumah saja itu, ada beberapa kalangan yang memanfaatkan waktunya untuk mencoba banyak hal baru.  Salah satunya, saya sendiri. Di awal-awal pandemi, saya mulai menjalankan small business makanan ringan yang berbahan dasar dari mie. Kunjungi kami di Shopee ya! Nah, seiring waktu berlalu dan banyaknya waktu luang yang saya punya, saya mencoba untuk belajar tentang digital marketing. Semuanya otodidak dari internet dan kelas online. Tentang pemasaran yang baik di dunia maya, promosi, sampai  packaging yang murah meriah namun tetap eye catchy. Amazing juga rasanya, saya bisa dapat semua itu dari internet.  Nah baru-baru ini, saya sedang

Mengisi Waktu Ramadan, Enaknya Ngapain Aja Ya?

Gambar
Kalau ditanya kayak judul di atas, saya akan menjawab “Kerja! Kerja! Kerja!”, bukan berarti karena menjadi pendukung pak Jokowi saat pemilu, tapi jargon Kerja! X 3 itu memang betul adanya di bulan ramadan saya 2 tahunan ini. Betul, sejak mulai ngantor di Kediri, ramadan saya selalu diisi dengan kegiatan kerja saja, gak ada yang lain. Karena jamnya juga cuma dikasih diskon 1/2 jam saya dari hari biasa. Bisa dibilang, gak ngaruh- ngaruh banget lah diskonnya itu. Tapi akhirnya saya nemu beberapa kegiatan yang asyik saat ramadan dan saat libur kerja, yaitu jalan- jalan. Sebetulnya baru kali ini saya traveling saat puasa dan ternyata seru. Sebelum- sebelumnya saya suka males tuh kalau pergi pas puasa, takut lemes dan alasan lain. Tapi kemarin waktu libur kerja, coba jalan- jalan ke pantai di Blitar, ternyata rasanya juga biasa aja sih. Sama kayak waktu hari biasa, bedanya kan gak makan dan gak minum. Traveling saat puasa itu enak karena hemat biaya. Banyak biaya yang dipangka

Tradisi Lebaran di Keluarga

Gambar
Lebaran, apa sih yang sebetulnya paling ditunggu- tunggu saat lebaran? Kalau ditanya kayak gitu, setiap orang jawabannya pasti bakalan lain- lain. Ada yang jawab mau silaturahmi, pengen cepet lebaran karena gak sabar punya baju baru, dan dapat uang saku. Dulu saya sebagai anak kecil, yang ditunggu- tunggu jelas yang terakhir, dapat uang saku. Bahkan kalau semakin banyak berkunjung ke rumah saudara atau teman bapak-ibu, dapatnya bisa berlipat- lipat. Dikumpulin, buat beli alat sekolah, kalau gak gitu buat beli sepeda. Sampai- sampai nih, ada yang menyebut kalau lebaran itu adalah momentum anak yang dianggap masih pantas untuk dapat uang saku mendapatkan penghasilan. Saya masih ingat banget waktu lebaran, terakhir kali saya menerima uang saku di atas nominal rata- rata saya setiap tahun merayakan lebaran adalah kuliah semester akhir.  Hahaha.. Teman- teman boleh tidak percaya, kuliah semester akhir itu artinya umur 22 tahun.  Setelah tahun- tahun itu, saya sudah tidak me

Penting Ga Penting Beli Baju Baru untuk Lebaran

Gambar
[Dibuat dengan Canva] “Baju baru Alhamdulillah, dipakai di hari raya, tak punyapun tak apa-apa, masih ada baju yang lama” Keingat sama lagu ini terus tiap mau jelang lebaran. Kayaknya dulu waktu masih kecil, beli baju buat lebaran itu semacam suatu ritual wajib dan gak boleh dilewatkan. Kalau baju udah baru, sepatu sandalnyapun juga harus baru. Karena gak lengkap kalau yang 1 baru dan yang satu enggak. Kegiatan beli baju baru untuk lebaranpun berulang setiap tahun dan gak pernah absen. Hal ini jadi suatu kebiasaan yang bikin kami sebagai anak kecil berpikir “ini kan lebaran, jadi wajib dong punya baju dan sepatu sandal baru”. Tapi akhirnya, pernah suatu ketika keuangan keluarga kami sedang buruk jelang lebaran karena suatu hal yang tak terduga, seingat saya waktu itu masih kelas 2 SMA. Disitu titik balik saya dan adik mulai tidak menuntut ibu untuk beli baju baru untuk lebaran. Kami mulai maklum, bahwa baju kan bisa dibeli kapan aja, gak harus nunggu saat lebaran j

Cerita Buka Bersama Saat Ramadan

Gambar
[Dibuat dengan Canva] "yang tidak bisa kembali adalah waktu" , makanya kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.  Berulang kali saya dengar ucapan semacam itu. Tapi setelah saya renungkan, bener juga omongan tersebut. Kalau lagi bulan ramadan, rasanya seneng banget karena di sisi lain bisa silaturahmi dengan teman- teman yang sudah lama gak bersua. Teman sekolah sih utamanya. Saya mulai mengikuti tradisi buka bersama itu, kalau gak salah setelah zaman kuliah. Soalnya kalau pas zaman sekolah kan selalu ada acara pondok ramadan dan menginap. Jadi anggapanya sudah buka bersama teman- teman sekolah. Buka bersama teman angkatan sekolah itu rasanya senang banget, malahan jadi satu hal yang ditunggu- tunggu saat ramadan tiba. Jauh- jauh hari juga sudah ada omongan soal buka bersama, padahal bulan puasa aja belum dimulai.  Tahun- tahun sebelumnya, saya selalu turut serta dalam acara buka bersama, baik teman SMP maupun SMA. Nah kalau teman kuliah jarang

Make Up Simple untuk Lebaran

Gambar
Lebaran tinggal menghitung hari saja nih, ya ampun kenapa lekas sekali ramadan pergi ya. Udah pada persiapan apa aja nih buat lebaran? Kalau saya lagi rajin nonton youtube buat belajar make up yang simpel. Masa dari dulu gitu- gitu aja dandannya, ya kan. Harus udah sedikit naik level.  Nah, karena saya ini sebetulnya sehari- hari gak begitu suka memulas wajah secara penuh, dan hanya dandan di saat yang penting saja, seperti kondangan atau acara keluarga. Bahkan saat kerjapun saya hanya menggunakan 4 step untuk wajah saya, yaitu pelembab, bedak, lipbalm dan lipstik. Kenapa gak ngalis? Cukup banyak teman- teman yang tanya soal ini. Pertama, jelas karena saya gak hobi, yang kedua alis saya sudah cukup terbentuk, ini gara- garanya dulu waktu ada saudara yang nikah dan didapuk jadi domas, sempat dirapikan alisnya, meski sedikit. Gak nyangka hasilnya bisa cukup bagus sampai sekarang. Jadi saya belum merasa perlu untuk ngalis kalau buat sehari- hari. [Kira- kira looknya jadi begini]

Cara Uti Mengajarkan Saya Puasa

Gambar
[Dibuat dengan Canva] Klasik gak sih kalau saya bilang puasanya cepet banget udah mau habis aja? Hehe. Kenyataannya memang seperti itu sih ya. Padahal dulu itu kalau lagi puasa rasanya waktu lama banget gak jalan- jalan. Dulu waktu masih kecil kalau lagi weekend, saya sering banget nginap di rumah nenek. Kalau pas puasa begini, saya suka menemani uti memasak untuk buka puasa. Itupun rasanya kayak lama banget maghribnya. Ohya, uti saya ini punya andil yang besar dalam mengajarkan puasa dan agama ke saya, selain orang tua tentunya. Sependek ingatan saya, uti tidak pernah memaksa saya untuk ikut puasa saat ramadan. Ini ceritanya juga boleh dapat dari ibu. Karena dulu masih kecil, jadi memang belum mengerti tentang puasa. Bulan puasa ya main kayak biasanya, tapi kalau jam makan siang, uti selalu memanggil saya untuk pulang dan makan. Biasanya kan kalau lagi makan gitu suka barengan, nah ini kok uti gak makan yaa. Disitulah saya diberi pengertian soal puasa, waktu itu kay

[Review] Aplikasi MyQuran

Gambar
[Dibuat dengan Canva] Zaman yang udah canggih kayak sekarang ini, rasanya hampir semua informasi bisa diakses secara mandiri. Sudah banyak penyedia jasa yang memberikan layanan informasi baik melalui media online ataupun dalam bentuk aplikasi. Ambil saja contohnya GPS, Waze dan sejenisnya. Sekarang kita kalau mau kemana- mana udah gak perlu lagi pusing bawa peta ataupun tanya- tanya ke orang karena hampir semua informasi tentang tujuan yang ingin kita datangi udah bisa diakses melalui GPS itu. Kecuali kalau memang bener- bener dah ga tau lagi, stuck in the moment, bolehlah menggunakan GPS manual, yaitu Gunakan Penduduk Setempat. Sama kayak aplikasi yang pengen saya kenalkan ke temen- temen ini. Mumpung momennya lagi bulan suci ya kan, berbagi secuil kebaikan. Mana tau bermanfaat di kemudian hari. Nah, kalau kemarin sudah baca soal amalan apa saja yang dilipatgandakan saat puasa, bisa lah nyambung sama blogpost ini. Baca Juga : Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan

4 Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan Saat Ramadan

Gambar
[Dibuat dengan Canva] Bulan ramadan adalah bulan yang istimewa, istimewanya bisa dalam bentuk yang macam- macam. Buat yang memeluk agama islam minimal tahu mengenai hal ini. Seperti pahala yang dilipatgandakan, bulan penuh ampunan, pintu surga yang dibuka lebar, dan lain- lain. Maka dari itu, gak heran kalau banyak yang berlomba untuk berbuat kebaikan di bulan suci ini. Ibaratnya, di bulan ramadan ini banyak bonus yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nya. Namun semua itu kembali lagi kepada Sang Maha Cinta, tulisan ini hanya sedikit memberikan gambaran saja.   والله أعلمُ. Ada 4 amalan yang pahalanya dilipat gandakan saat bulan ramadan antara lain, adalah: Puasa Namanya juga bulan ramadan, ibadah yang hukumnya wajib adalah saum. Saum sendiri artinya adalah menahan diri dari makan dan minum, serta segala perbuatan yang sekiranya akan membatalkan puasa, dengan syarat tertentu. Waktunya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.  Saum atau puasa itu bukan

5 Tips Memilih Distributor Kaos Polos yang Murah dan Berkualitas

Gambar
[Dibuat dengan Canva] T- shirt atau lebih dikenal dengan kaos oblong merupakan jenis pakaian yang memiliki lengan pendek dan berleher bundar.  Jenis pakaian ini banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik kalangan tua ataupun muda. Saya sendiri juga suka banget pakai kaos oblong, yang polos tanpa gambar apapun. Kaos polos dengan warna tertentu. Sekarang ini, ada banyak banget tempat atau distributor yang menjual dan menawarkan berbagai macam kaos polos berkualitas tinggi, dengan harga yang murah meriah. Hal ini sudah pasti menjadi incaran para pengusaha kaos. Namun kadang kala, harga yang murah juga berpengaruh pada kualitas kaos. Kita jelas tahu, biasanya  kaos murah punya kualitas di bawah rata- rata bahkan bisa jadi harusnya tidak layak dijual. Para pengusaha kaos, baik penjual kaos polos eceran maupun kaos sablon, tentu membutuhkan distributor kaos polos yang murah demi menjaga atau meningkatkan efisiensi penjualan. Nah, supaya para pengusaha kaos dapat memp

Kenangan Mudik Paling Berkesan

Gambar
Beberapa hari ini cukup sering lihat dan baca keluhan teman- teman di timeline, mengenai mahalnya ongkos mudik dengan pesawat. Baca keluhan mereka, saya jadi flashback ke momen mudik di tahun 2016. Mudik pertama saya dengan pesawat.  Mungkin seandainya kalau bisa milih jalur darat, saya akan memilih untuk mudik dengan jalur itu saja. Selain mungkin lebih ekonomis, pemandanganya pun juga lebih banyak, kan.  Sayangnya, saya tidak bisa, karena tidak ada jembatan penghubung antara Kepulauan Riau dengan pulau Jawa. Kalau dipikir, bisa juga sih mudik dengan menggunakan jalur laut. Tapi membutuhkan waktu sekitar 3 hari 2 malam untuk bisa sampai di Tanjung Perak, Surabaya. Padahal libur lebaran kala itu cuma 8 hari saja. Makanya, saya cukup bersyukur karena takdir membawa saya pulang lagi ke Jawa. Bekerja di Kediri, tinggal di Kediri. Merantau memang indah, tapi saya sekarang tahu ada yang lebih indah dari merantau, yaitu dekat dengan rumah (orang tua). Nah, mudik di tahun 2016 itu mer

Momen Seru Ramadan di Masa Kecil

"Waduh udah mulai ada iklan sirup, udah mau puasa!" Haha.. Bener banget deh, dulu kalau di tv sudah mulai muncul iklan sirup, itu tandanya bulan ramadan udah deket banget. Banyak hal seru waktu kecil saat ramadan. Inget banget dulu belajar puasa waktu masih TK, itupun angot- angotan karena yang jelas susah kalau harus menahan lapar, apalagi kan gak boleh jajan. Saat TK A dan B saya puasa setengah hari, begitu kelas 1 SD sudah mulai puasa penuh, meski jarang- jarang. Belajar puasanya juga masih setengah- setengah, cuma semangat kalau dijanjiin uang atau baju baru. Basic. Tapi buat anak generasi 90an kayak saya, ramadan zaman dulu rasanya jauh lebih seru dibanding sekarang. Ada banyak euforia yang hilang selama ramadan saat sudah dewasa. Masa ramadan saat kecil rasanya sungguh menyenangkan, penuh adrenalin dan yah sekarang cuma bisa jadi kenangan.  Dimulai dari habis sahur, saya bersama teman dan kakak tingkat satu lingkungan, selalu janjian ke mushola. Lepas subu

Kapan Sebaiknya Melakukan Zakat, Infaq dan Shodaqoh?

Gambar
[Sumber : konsultasisyariah] Bulan ramadan bulan yang penuh dengan keistimewaan, utamanya untuk menambah pahala dan ilmu. Beberapa hari ini saya lagi suka banget dengerin pengajian di radio, pembahasannya pun gak jauh sama ilmu- ilmu islam. Lumayan sambil nyuci baju bisa dapat ilmu yang insya Allah bermanfaat. Pas banget pembahasannya tentang zakat, infaq dan shodaqoh. Tiga amalan yang mengajarkan kita untuk pandai bersyukur, karena ternyata di luar sana masih banyak orang- orang yang kehidupannya kurang beruntung dibanding kita. Selain itu kan, bentar lagi juga lebaran. Sudah pasti kita sebagai muslim wajib membersihkan diri dan harta lewat zakat. Zakat sendiri dibagi menjadi 2, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Nah kalau zakat fitrah itu kita keluarkan saat ramadan, sedangkan zakat mal adalah zakat harta kita. Banyak yang bertanya, kapan sih sebaiknya membayar zakat ini? Sebetulnya zakat fitrah ini bisa dibayarkan kapanpun sepanjang masih berada di bulan ramadan. Jad