Selasa, Mei 21, 2019

Kapan Sebaiknya Melakukan Zakat, Infaq dan Shodaqoh?

  2 comments    
categories: 
[Sumber : konsultasisyariah]
Bulan ramadan bulan yang penuh dengan keistimewaan, utamanya untuk menambah pahala dan ilmu. Beberapa hari ini saya lagi suka banget dengerin pengajian di radio, pembahasannya pun gak jauh sama ilmu- ilmu islam. Lumayan sambil nyuci baju bisa dapat ilmu yang insya Allah bermanfaat.

Pas banget pembahasannya tentang zakat, infaq dan shodaqoh. Tiga amalan yang mengajarkan kita untuk pandai bersyukur, karena ternyata di luar sana masih banyak orang- orang yang kehidupannya kurang beruntung dibanding kita.

Selain itu kan, bentar lagi juga lebaran. Sudah pasti kita sebagai muslim wajib membersihkan diri dan harta lewat zakat. Zakat sendiri dibagi menjadi 2, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Nah kalau zakat fitrah itu kita keluarkan saat ramadan, sedangkan zakat mal adalah zakat harta kita.

Banyak yang bertanya, kapan sih sebaiknya membayar zakat ini? Sebetulnya zakat fitrah ini bisa dibayarkan kapanpun sepanjang masih berada di bulan ramadan. Jadi kita boleh membayar zakat mulai hari pertama ramadan, sampai dengan malam takbir jelang idul fitri.

Tapi ada juga yang bilang, waktu paling afdol untuk membayar zakat fitrah adalah saat matahari tenggelam bersamaan dengan menjelang takbir berkumandang. Maka dari itu, sebaiknya jangan sampai terlewat dalam membayar zakat. Karena zakat ini merupakan penyempurnaan amal ibadah kita selama bulan suci ramadan.

Sedangkan infaq biasanya lebih familiar dengan pengeluaran harta. Trust me, infaq ini paling bagus dikeluarkan saat kita dalam kondisi tidak punya uang. Hehe. Soalnya kan berat banget tuh pasti, orang lagi gak punya uang kok malah disuruh berinfaq.

Tapi, ada hal- hal yang tidak bisa dijelaskan ketika kita dengan lapang hati menyumbangkan sebagian rejeki kita kepada orang lain, meskipun saat kondisi keuangan kita sedang tidak bagus. Yakin pasti ada hal baik setelahnya.

Nah yang terakhir, shodaqoh atau sedekah biasanya selalu dikaitkan dengan ungkapan senang dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Maka dari itu, biasanya sih shodaqoh selalu dibarengi dengan kegiatan seperti syukuran atau walimah pernikahan.

Namun kita bisa juga bersedekah kapanpun tanpa harus menunggu momen syukuran atau sejenisnya, namun waktu yang paling baik untuk bersedekah adalah secepatnya dan sebisanya. Baik saat kita sehat ataupun sedang dalam kondisi kurang memiliki harta benda. Selain itu, hari Jum’at juga waktu yang sangat bagus untuk bersedekah.

Yuk, mari kita biasakan diri untuk saling membantu sesama dengan cara tidak kikir pada nikmat yang kita dapatkan.

2 komentar:

  1. sangat menambah pengetahuan tentang zakat dan waktu penyalurannya..

    BalasHapus
  2. Tulisan yang menarik, menambah wawasan dan ilmu pengetahuanku tentang arti dari zakat, infaq, dan shodaqoh. Terima kasih :-)

    BalasHapus

Keep Blogwalking! Komentar dengan link hidup akan langsung dihapus.