Tips Mengelola THR

Mei 19, 2019


Lebaran ternyata sudah tinggal menghitung hari saja, tak terasa sudah mulai muncul bisik- bisik tetangga tentang kapan sih cairnya THR dari kantor. Saya pribadi sebenernya gak terlalu memikirkan gaji 13 ini. Meski dalam hati juga seneng banget bisa buat tambahan bonus liburan dan lagi, 2019 ini adalah tahun pertama saya akan menerima THR dalam nominal penuh.

Memang di tahun- tahun sebelumnya, saya hampir tidak pernah menerima THR karena saat itu suka pindah- pindah tempat kerja. Baru sejak tahun 2017 akhir, hingga saat ini saya menetap di sebuah perusahaan yang lumayan bisa bikin saya bertahan. Tahun lalu juga sudah terima THR sih, meski tidak secara penuh. Alhamdulillah.

Gara- gara teman kantor bahas soal THR, akhirnya muncul juga omongan tentang enaknya kalau udah dapat THR, uangnya mau dipakai apa sih?. Banyak juga yang bilang mau dibuat persiapan lebaran, mengingat di tempat kami THRnya H-7. Ada juga yang bilang mau ditabung aja.

Saya sendiri juga jadi mikir, enaknya buat apa ya THR ini? Soalnya kalau dinilai dari nominal kan lumayan juga. Akhirnya kepikiran buat mengelola THR ini biar bermanfaat di bulan- bulan berikutnya. Kemarin waktu ketemu sama teman, dan sharing soal ini juga akhirnya dapat pencerahan.

Ada beberapa tips yang dianjurkan oleh teman saya, katanya cara cerdas mengelola THR, biar kedepannya sejahtera. Apa aja sih?
Sisihkan untuk ditabung, jangan lupa untuk sisihkan uang yang kita terima. Bukannya disisakan. Jadi sejak awal berkomitmenlah dengan diri untuk menyisihkan terlebih dulu THR ini. Misalnya minimal 30% dari jumlah yang diterima.

Segera bayar hutang, kalau punya hutang. Ini wajib ya. Posisikan diri kalau kita yang ada di pihak pemberi hutang. Segera bayarkan loan kita, jangan ditunda- tunda. Karena saat hari raya, semua orang pasti butuh dana yang lebih banyak. Selain itu kita juga jadi gak punya tanggungan lagi kan. Bebas lepas bisa tidur nyenyak.

Siapkan untuk lebaran, untuk yang sudah bekerja namun belum berkeluarga biasanya sih belum mikir banyak hal ya waktu lebaran. Mungkin sekedar beli sesuatu untuk isian toples dan baju saja.

Kalau masih sisa, coba berinvestasi. Saya juga ada pikiran untuk memasukkan dana lebih ini dengan menabung emas di pegadaian. Cukup lumayan juga untuk dana darurat nantinya.

Nah, buat yang terima THR jangan lupa sedekahnya juga ya. Buat yang gak terima THR, semoga rejekinya dapat dari yang lainnya. Aamiin.

You Might Also Like

0 comments

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB