Senin, Mei 06, 2019

7 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

  4 comments    
categories: 

Alhamdulillah bulan ramadhan telah tiba, bulan suci yang dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Saya bersyukur karena tahun ini masih dikasih kesempatan untuk menunaikan ibadah puasa dan bonusnya bisa puasaan di rumah bersama keluarga, tidak merantau lagi.

Nah kalau bulan ramadhan tiba, sudah jelas banyak kegiatan yang jadi berubah dari biasanya. Contohnya buat yang kerja, pasti jam kerjanya juga sedikit berkurang dari jadwal sebelumnya. Tempat di mana saya bekerja juga memberlakukan hal yang sama.

Kami masuk lebih awal dan pulang lebih cepat, dapat potongan sekitar 30 menit dari hari biasa. Alasannya simple saja, supaya bisa pulang kerja lebih awal dan untuk yang sudah berkeluarga bisa menyiapkan menu buka puasa .

Kalau yang masih single kayak saya gini enaknya kalau pulang kerja dan menunggu waktu buka puasa ngapain ya? Ohya ngabuburit aja!

Bulan puasa pasti kalau sore- sore identik banget sama ngabuburit. Nah, ngabuburit itu apa sih? Sebetulnya kata ngabuburit merupakan bahasa sunda yang asal katanya dari burit. Dalam bahasa Sunda sendiri burit artinya 'sore'.

Jadi ngabuburit itu bisa diartikan sebagai kebiasaan menunggu sore. Ngabuburit ini gak cuma digunakan di daerah Jawa Barat aja, tapi hampir di seluruh Indonesia, karena memang sudah familiar.

Nah ini dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit, biar waktu ngabuburitmu gak terbuang sia- sia.

Berburu Ta’jil
Saat bulan puasa tiba, sudah pasti mudah menemukan lapak ta’jil di sepanjang jalan atau pusat kuliner di kota tempat kita tinggal. Nah, biar waktu ngabuburitmu ada manfaatnya, kamu bisa mencari ta’jil seperti kolak atau pudding untuk berbuka.

Tapi ingat, jangan berlebihan ya. Orang puasa godaannya memang banyak, karena sudah menahan lapar dahaga serta ego sejak sebelum imsak, kadang kala lihat banyak jajanan memang suka bikin lapar mata.

Padahal, ketika kita sudah berbuka puasa, perut kita hanya akan mampu menerima secukupnya. Jangan lupa bawa ta’jil untuk orang di rumah, biar mereka juga senang.

Beres- Beres Rumah
Biar gak bosan menunggu waktu berbuka, kegiatan beberes rumah juga bisa jadi pilihan. Apalagi kalau yang di rumahnya punya adik kecil, rumah gak jauh- jauh sama yang namanya berantakan.

Selain bikin rumah jadi rapi dan bersih, kamu juga bisa sambil olahraga. Karena terus gerak dan bikin badan jadi lebih sehat. Bisa jadi alternatif pilihan olahraga yang gak terlalu berat.

Hunting Foto
[Senja di depan rumah]
Masuk ke bulan Mei ini, menurut perkiraan musim sepertinya sudah mulai masuk ke musim kemarau. Meskipun masih ada beberapa daerah yang turun hujan. Kalau di Kediri sih sudah jarang turun hujan dan cuacanya panas menyengat.


Kalau momennya seperti ini, bisa diperkirakan langitnya akan cerah sepanjang hari. Jadi pas banget tuh kalau mau hunting foto. Bisa jalan- jalan ke kota atau ke taman. Saya pribadi lebih suka hunting foto senja di sawah tempat saya tinggal.

Membuat Prakarya (DIY)
Siapa di sini yang suka nonton video di youtube soal Do It Yourself? Nah mumpung ada waktu longgar, kamu bisa mengisi waktu dengan mencoba bikin prakarya sendiri. Misalnya saja bikin pajangan yang dekoratif dari bohlam lampu yang sudah tidak digunakan.

Caranya mudah, siapkan saja bohlam yang sudah tidak terpakai, tang, kawat/ tali rami dan tanaman gantungnya, atau kalau memang tidak punya tanaman gantung bisa pakai seadanya yang penting tanaman hias.

Keluarkan isi listrik dalam bohlam, kemudian isi air dan masukkan tanaman hiasnya. Nah untuk mempercantik bohlam, bisa dihias dengan kawat/ tali rami di bagian atasnya serta dibuat gantungan.

Mudah dan cantik, bukan?

Nonton Film
Beberapa waktu yang lalu, saya baru saja dapat copy film darama korea lumayan banyak dari teman. Nah karena Drakor itu banyak episodenya, jadi sampai sekarang juga belum bisa selesai nontonnya.

Jadi kalau pas gak ada acara pergi setelah pulang kerja, bisa nyicil buat nonton lagi deh sambil nunggu waktu buka puasa. Teman- teman ada rekomendasi film yang bagus nggak?.

Membaca Buku
Kalau dilihat- lihat, sebetulnya kegiatan sehari- hari selama bulan Ramadan itu gak beda jauh dengan bulan- bulan sebelumnya, tetap kerja seperti biasanya, tetap melakukan aktivitas seperti pada umumnya.

Tapi ngerasa gak sih kalau saat ramadan waktunya jadi lebih selo dan rasanya lebih santai. Buat yang hobi baca, bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan membaca buku yang masih ada di tumpukkan. Momennya pas untuk menuntaskan buku- buku yang selama ini belum sempat dibaca.


Ikut Pengajian
Ramadan bulan penuh berkah dan ampunan. Di bulan ini ada banyak jadwal pengajian dan ceramah di masjid- masjid tempat kita tinggal, lengkap dengan siapa saja penceramahnya dan tema yang akan dibahas. Jadi bisa tuh buat menjadwalkan diri ikut pengajian ini.

Cara mendaftarnya juga mudah banget, biasanya sih cukup dengan registrasi melalui chat WhatsApp. Ikut pengajian bisa tambah ilmu dan tambah teman juga.

Nah banyak juga ya ternyata kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit, selain bermanfaat juga bikin kita gak bosan. Kalau kalian punya kegiatan lain untuk mengisi waktu ngabuburit, share ya!

4 komentar:

  1. Wiiih, makasih ulasannya. Jadi tahu kegiatan apa yg harus dilakukan di bulan Ramadhan. ��

    BalasHapus
  2. Wah hunting foto boleh juga tuh ya Pi, tapi di tempatku apa yang menarik ya, nanti aku cari2 deh

    BalasHapus
  3. Bener tuh bisa yah hunting foto sembari cari konten hehe. Salam kenal dari Blitar mbak :)

    BalasHapus

Keep Blogwalking!