Tips Jitu Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Mei 12, 2019



Kepala yang sering terasa gatal bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktifitas.  Apalagi kalau waktu lagi kerja dan harus berjumpa dengan banyak orang. Pastinya sangat mengganggu dan terlihat kurang elegan.


Dulu saya juga pernah mengalami masalah kepala sering gatal saat awal- awal menggunakan jilbab, karena belum terbiasa jadi kepala terasa panas dan saya sering keramas supaya kepala menjadi dingin. Alih- alih jadi dingin dan nyaman ternyata sering mencuci rambut tidak bagus juga untuk kulit kepala. Akhirnya muncullah ketombe yang malah membuat kepala saya semakin gatal.

Apa saja sih sebenenarnya penyebab ketombe yang mengganggu ini?

Terlalu Sering Keramas, kepala yang sering dicuci ternyata dapat menyebabkan rambut tidak memiliki waktu yang cukup untuk memproduksi minyak alami supaya rambut  tersebut tidak kering dan berketombe.

Jarang Keramas, nah kalau yang ini kebalikannya. Terlalu jarang keramas juga tidak bagus untuk rambut karena kalau kita jarang mencuci rambut, kulit kepala yang mati terus menerus menumpuk dan dapat menyebabkan ketombe. Jadi, idealnya berapa lama sih harusnya kita mencucirambut? Sebetulnya tidak ada alas an baku mengenai waktu mencuci rambut. Disesuaikan saja dengan aktivitas fisik kita dan juga kesehatan. Tapi normalnya cukup 2-3 kali saja dalam satu minggu.

Produk yang digunakan kurang cocok, kandungan dalam shampoo atau conditioner yang kita pakai juga berpengaruh terhadap muncul atau tidaknya ketombe. Jadi jangan lupa pilih yang cocok dengan kondisimu ya supaya kulit kepala dan rambutmu tetap sehat.

Infeksi jamur malssezia, menurut penelitian keberadaan  jamur pada kulit kepala merupakan penyebab yang paling sering menimbulkan ketombe. Karena sifat jamur ini memakan substansi lemak pada sebum atau kelenjar keringat yang dapat memproduksi keringat di kepala.

Wah ternyata cukup banyak juga ya penyebab munculnya kulit mati pada kepala yang berwarna putih itu. Jadi gimana dong caranya untuk mengatasi bahkan menghilangkan ketombe nakal ini? Tapi kalau bisa dengan cara alami ya, supaya aman dan tanpa efek samping. Ini dia tipsnya menghilangkan ketombe dengan cara alami dan bahannya pun pasti ada di sekitar kita;

Garam, garam yang lazim digunakan sbagai bumbu dapur ini ternyata dapat kita digunakan untuk menghilangkan ketombe secara ampuh. Sifat bahannya menyerupai scrub mampu membantu mengangkat sel kulit mati pada kepala. Caranya mudah banget, cukup dengan menggosokkan garam dapur pada kulit kepala dan diamkan sekitar 20-30 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bawang merah, bawang merah yang memiliki sifat antibaktieri, sulfur serta kandungan lain yang ternyata juga bisa menghilangkan ketombe secara ampuh. Caranya juga hampir sama dengan penggunaan garam. Tapi bawang merah ini perlu dihaluskan dulu sebelum digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Tumbuk bawang merah hingga menyerupai pasta, kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijat halus. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih dan untuk menghilangkan baunya yang menyengat bisa dibilas dengan menggunakan shampoo yang cocok untuk kulit kepala kita.

Jeruk nipis/ Lemon, dua jenis jeruk ini merupakan jenis jeruk yang memiliki kandungan paling kaya dari vitamin C dan banyak kandungan lain. Selai itu ada asam sitrat yang membuat rasa asam. Manfaat vitamin C pada jeruk ini mampu mendorong tumbuhnya akar pada rambut sehingga dapat membantu menebalkan rambut dan mengatasi kebotakan.

Selain itu jeruk ini juga dapat mengatasi ketombe, caranya peras jeruk nipis dan campurkan dengan air secukupnya. Oleskan pada rambut dan diamkan supaya kandungannya meresap pada kulit kepala. Kemudian bilas dengan air bersih.

 Lidah Buaya, siapa sih yang gak tau tanaman kayak manfaat ini? Betul, lidah buaya memang sudah terkenal menjadi primadona untuk merawat rambut kita. Seperti menebalkan, menghitamkan, bahkan membuat rambut kita berkilau. Manfaat lain dari lidah buaya sendiri juga bisa menghilangkan ketombe secara alami.

Caranya kupas daging lidah buaya dan haluskan dagingnya. Kemudian oleskan secara rata pada permukaan kulit kepala, pijat dengan lembut supaya meresap. Biarkan dan bilas hingga bersih.

Dengan perawatan rutin secara alami dan dengan bahan yang mudah ditemukan, ketombe akan terhempas dan tidak akan berani kembali lagi.  

You Might Also Like

0 comments

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB