Senin, Desember 31, 2012

3 Jam Terakhir 2012

  No comments    
categories: 
00:00
hey, here we go !
Simpang Lima Gumul. Menikmati ramenya muda- mudi berpacaran menunggu pergantian tahun, dan saya ? bersama ibu, ayah, dan adik di dalam kendaraan di tengah- tengah kerumunan orang area Simpang Lima Gumul.

Oh ya, sebelumnya buat pembaca yang belum tau Simpang Lima Gumul atau biasa disingkat dengan SLG apa, nih saya kasih gambarnya.



Bangunan ini diadaptasi dari bangunan Arc de Triomphe Paris, Perancis. Sayang banget sih sebenernya. Kenapa kita jadi daerah peniru, eh bukan peniru sih, terinspirasi. *errr.
Padahal, kami warga Kediri punya filosofi Totok Kerot. Totok Kerot ini adalah seorang putri kerajaan dan wanita yang sangat cantik tapi dikutuk menjadi raksasa wanita. Kalau yang pengen tau, silahkan ke Kediri, daerah Menang disana ada patung Totok Kerot.


Coba bayangin ya, kalau SLG itu Patung Totok Kerot yang gedheeeeeeeee (pokoknya gede banget), kan kita makin bangga tuh, ya ga sih. Iya aja lah pokoknya ya.

Nah, semenjak dibangunnya SLG, tempat ini jadi kayak pusat aktivitas masyarakat. Mulai dari jalan- jalan, kongkow, wifian, refreshing, dan sebagainya. Termasuk saat pergantian tahun kayak semalam. Tempat ini juga padat dipenuhi oleh masyarakat yang pengen nonton kembang api.

Saya sama keluarga juga ikut serta, dan ini pertama kalinya saya lihat kembang api secara massal diusia 19 tahun. Sebelumnya ? Saya cuma main kembang api sendiri di rumah, sambil bakar sate. hehe

Nah, di 3 jam terakhir tahun 2012 saya nulis soal kesesatan apa aja yang pernah saya lakuin. Oke, cek yak
1. Nekat ke Madura buat ikut Blogilicious bareng kakak, bisa dibaca disini. Padahal sebelumnya kita berdua ga ada tempat buat nginap.
2. 15 kali bikin video Lypsinc bareng adek
3. Telat ke kampus (sering)
4. Suka ninggalin hape, maksudnya biar ga tau kalau ada sms penting. nyiahaha
5. Jarang nelpon emak. #maapin
6. suka boong putih (bantuin temen yang kepepet)
7. Masih suka Titip Absen, kuliah berlangsung, saya di kantin
8. suka mepet deadline
9. Bangun GELORA EKONOMI (lagi)
10. masih banyak, cuma aku (pura) lupa.

Itu sih sebagian, sebenernya masih banyak banget. Oke, udah maunya 00:00 nih, hitung mundur dimulai 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 ::HAPPY NEW YEAR::

Rabu, Desember 26, 2012

my room

  No comments    
categories: 
enggak nyangka ya, saya udah hampir mau 2 tahun disini. Cepet banget rasanya, padahal kayak baru kemarin lulus SMA. *Basa-basi klasik.
Sejak awal kuliah, saya dapet living kost, yang menurut saya enak dan nyaman. Terjangkau juga untuk ukuran ayah dan ibu saya. yang paling penting pemilik kost nya baik banget.

Living kost saya sih jaraknya gak jauh dari fakultas. Jalan gak sampe 15 menit udah nyampe. Saya udah sering cerita soal tempat tinggal saya. Tapi baru sadar gak pernah cerita dan nunjukkin kamar saya.

Alamat kost saya Jl. XXXXXXXXXX Gang. XX no. XXX Malang ya. Kalau mau mampir silahlan, tapi jangan lupa bawa makanan yang banyak ya. Cause its keyword. haha. Di kost saya ada 18 kamar. Kamar saya bagian ujung bawah tangga, sebelah kamar mandi. Kesian banget yak.
Nih Denahnya.

ada 2 rumah pemilik kost dalam satu kompleks. Nah, kok ada komisariat juga ? Itu di luar kompleks kost saya. Jadi, kayak tetanggan gitu. Cuma tau lah, di Malang kan sempit gitu, jadi ah ya begitulah. Kamar saya yang nomer 8.
Isinya kayak gini,
 ini rak buku saya. maap berantakan, saya apa adanya kok. hahaha
 yaa
ini, kasur saya. Tidak ada kasur yang enak meskipun itu hotel, kecuali di rumah sendiri.

udah kan ?
di kamar saya gak begitu banyak barang. Cuma ada tempat tidur, lemari, meja, sama rak buku.

Tapi, saya suka banget ngadem di kamar ini. Saya pun ga pengen pindah living kost.
Lalu, gimana living kost mu ? Bagiin cerita ya,

Sabtu, Desember 22, 2012

#Mother'sDay

  No comments    
categories: 

:') terimakasih sudah menjadikan saya anak seperti ini. Tanpa mu saya gak mungkin bisa ngeraih semua ini. Pengorbanan yang mungkin saya gak lihat, tapi nyata adanya, dan berpengaruh besar pada kehidupan saya kelak. Saya sayang sama ibu. Ibu yang nomor satu dihidup saya.
Terimakasih karena sudah menomor satukan pendidikan saya. Terimakasih. Bahkan kalaupun saya bilang makasih itu sama sekali gak cukup. Tuhan yang balas ya Bu. Allah SWT yang jaga ibu. I Love my Mom :*

Omong Gajelas

  No comments    
categories: 
Menjadi 'good listener' adalah salah satu hal yang paling enak di dunia. Mendengar itu mudah, mengaplikasikannya yang susah.

Kalau saya, suka aja denger temen- temen cerita. entah itu curhat seneng atau curhat sedih. Tapi, dari banyak kasus yang saya tangani *tsah, kebanyakan curhat sedih. Soalnya, kalau saya nyimpulin, orang cenderung bakal banyak cerita kalau hatinya lagi mellow. *termasuk yang ngomong.

Alhamdulillah, saya banyak dipercaya sama temen buat nyimpen rahasia mereka, dan dipercaya juga buat ngasih advice2.

Kalau ditanya mereka suka curhat apa, jawabnya soal cowok. Masalah dalam hubungan, masalah percintaan, sampe konflik kecil- kecil an. dan kampretnya kebanyakan dari mereka udah punya pacar. nyet! *jombloiri

Sekarang, saya mau ngasih contoh curhatan- curhatannya, e tapi tenang, saya gak bakal nyebut nama kok.

1. Beberapa hari yang lalu, waktu saya musim ujian. Saya di sms sama temen saya, dia bilang lagi bingung berat *alay ah, soalnya pacarnya marah- marah ga jelas cuma gegara temen saya ini nge retwet twit mantannya. begitu dia cerita, saya langsung kepo, mau tau kayak apa twit nya. alahh ya ampuuun, cuma twit pemberitahuan kalau ngajak temen seangkatan ngumpul. Gitu aja dipermasalahin :| - begitu dia bilang gitu, saya cuma ngaish advice, udah biarin aja, toh kamunya gak salah. Abis saya bales sms, temen saya bilang kalau pacarnya ngajakin putus. *Parah*. Akhirnya saya bilang "turutin aja, cowok kayak gitu gak pantes dijadiin pacar. masalah sepele aja dibesar- besarin. Kalau masalah sepele kayak gitu dipermasalahin, berarti sayangnya juga sepele". dan akhirnya temen saya "PUTUS" dengan sempurna. *muahahahahahahahahaaa.

2. ceritanya, 2 cewek dan 1 cowok. yang cewek sebut aja A dan B (temen saya), dan yang cowok sebut aja C ya. nah, si A pacaran sama si C. A sama B sebenernya gak saling kenal. cuma si B ini temennya si C. dan si C pernah suka sama si B. cuma temen saya ini (B) gak begitu respect *saya bilang gitu sih soalnya saya tau giaman sms- smsnya, gimana cara temen saya cerita tentang si C, ya pokoknya gak begitu respect lah*. Terus, suatu hari, temen saya ini bilang, katanya dia di kepo sama si A. Semua statusnya diikutin bahkan di retwet'in. Pokoknya deketnya temen saya sama si C ini jadi masalah berat buat si A. Temen saya bingung kudu gimana, kalau ngejauh ntar gaenak sama si C yang notabene temen sendiri. Kalau ga ngejauh, tar takut nyakitin si A. Serba salah dia. Akhirnya, kubilangin, "udah santai aja, kan kamunya juga gak salah. Kalau cewek itu sampe segitunya sama kamu, itu artinya dia terancam dengan keberadaanmu, mungkin juga dia ngerasa kalah cantik dan tidak pede. hahahaha".

Udah cukup ya.

Banyak temen yang bilang saya ini tega kalau ngasih advice. Gak berperikemanusiaan. hahaha. Tapi mau gimana lagi kan. Kalau kita gak salah, ngapain takut.

Saya udah sering lah kayak gitu, khusunya yang cerita ke dua. Itu sama plek kayak yang pernah saya alami. Saya gak mungkin sotoy bisa kasih saran sebegitunya kalau saya gak pernah ngalami. ya ga sih. saya gak mungkin berani ikut ujian kalau saya belum pernah mempelajari bab apa yang mau diujikan.

Prinsip saya sih, selama gak salah. ga perlu ambil pusing. Biarin aja. Cuek aja dan B| hahaha..

Satu pesen saya buat yang galau- galau gajelas.
Selama kalian ga salah, cuekin aja. Mereka tar yang merasa punya masalah sama kita pasti tengsin sendiri.

oke, mulai sekarang. Tutup telinga dan mata buat orang yang gak ngasih kita manfaat dan cuma menghambat suksenya kita.

Oh ya, ada satu kata- kata dari Pak Mario Teguh yang paling saya suka. Waktu itu saya nonton standup akhir tahunnya pak Mario di MetroTV. Beliau bilang "Orang yang kayak gitu (aka. orang yang menyebalkan) kebanyakan pipi kirinya rata, kenapa ? karena banyak ditempeleng orang".

haha.. Selamat hari Ibu readers.
Semoga Ibu selalu dalam lindungan Tuhan.

Sabtu, Desember 15, 2012

Lecek Amat Ini Duit

  No comments    
categories: 
Sering mikir kenapa sih orang E(I)ndonesia kebanyakan gak bisa jaga keutuhan uang dengan baik ?
Dari yang awalnya "greshh" bisa lecek amat sangat ! Bahkan sampe ada yang sobek- sobek dan gak layak pakai. Parahnya itupun masih dipakai untuk transaksi.

Sebelumnya, saya gak pernah ambil pusing dengan uang- uang busuk yang dikasih penjual- penjual itu sama saya. Saya kumpulin sampe jadi banyak, sekarang pun udah hampir ada seratus ribu uang gak layak di lemari, dan semuanya itu dari penjual- penjual yang pernah saya beli. Hingga akhirnya, saya tabung duit itu di bank.

Tapi, lama- lama jengkel juga sih. Titik awal jengkel saya kemarin waktu di salah satu minimart deketan kos. Kebetulan waktu itu duit saya nominal gede, maksudnya mau belanja kebutuhan sekaligus tukar duit kecil. Gak taunya, ada beberapa ribu yang udah gak layak di kasih kembalian ke saya. Untungnya sih saya ngecek. Jadi saya minta tukar, dan tau ? mbaknya malah ngasih muka yang gak enak banget !

Kamis, Desember 13, 2012

Peraturan

  No comments    
categories: 

Udah tau ada peraturan, disediain tempat sampah, masih aja buangnya sembarangan. Ahhh, kalian..
-_-


Lima Senti Meter

  1 comment    
categories: 

Selamat sore teman- teman pembaca blog. Apa kabar ? Saya lagi pengen cerita banyak sama kalian semua. Semoga aja kalian enggak bosen sama cerita- cerita saya.

Udah pada tau kan premier 5cm. tayang perdana kemarin ? 12-12-12. yups. yang gaul pasti tau lah.

Hari ini, saya sama ke lima temen saya. Agrifina, Nina, Devinta, Didin, sama Diah nonton 5cm. di 21 MATOS. Kita selesai kuliah sekitar jam 10.55an, langsung cus buat ikutan nyoblos soalnya hari ini jadwal pemilu di fakultas. Sebagai calon ekonom- ekonom yang baik, dan sebagai manusia yang independen, kami menyempatkan waktu untuk ikut memilih demi FE yang lebih baik.

Kita juga sempet stay di taman fakultas sambil makan and cerita- cerita soal apa aja. Jam 11an lebih kita jalan ke MATOS, dan langsung ke 21, ternyata antriannya udah panjang, padahal belum dubuka juga.





Akhirnya diputuskan Agrifina yang ngantri dan kami ber lima nunggu diluar barisan. 11.15an Fina udah dapat tiket dan kita semua jalan- jalan dulu nyari jajanan di foodcourt sambil nunggu 11.45, yep, kita nonton jam 11.45. Kita dapet tempat yang mayan strategis. Kursi C, gak terlalu dekat, dan gak terlalu jauh dari layar.


Didin Elok, Agrifina


Nina, Me, Devinta



TIKETnyaaa


11.40an, kita jalan ke 21, gak tau kenapa aku bisa deg- deg an mau nonton film ini.
dua setengah jam kita dikasih suguhan yang bener- bener WOW ! Filmnya gak jauh beda sama bukunya. Cuma ada beberapa scene yang dihilangkan. Tapi itu semua gak ngilangin kerennya film dari Rizal Mantovani ini.

5cm. cerita tentang 5 sahabat yang udah temenan sejak lama, mereka udah kompak dalam hal apapun. Nongkrong bareng, jalan bareng, ngapa- ngapain bareng. Pokoknya gak ada minggu tanpa gak ketemu.
Mereka adalah Genta (Fedi Nuril) ; Riani (Ralinesah ) ; Arial (Denny Sumargo) ; Zafran (Herjunot Ali) ; dan Ian (Igor Saykoji). Suatu hari, waktu mereka lagi ngumpul. Genta nanya sama temen- temennya, soal apa gak bosen kalau kayak gini terus, bareng- bareng terus, akhirnya Genta ngusulin buat gak ketemu sementara. Saat gak ketemu inilah masing- masing dari mereka mengejar impian- impian lain yang mereka miliki. Awalnya, Riani sempat gak setuju karena takut bakal kehilangan temen- temennya, tapi mereka semua ngeyakinin kalau itu gak bakal kejadian. Fix, mereka gak bakal ketemu, kontak, atau apapun dalam 3 bulan. dan saat ketemu lagi, Genta punya surprise yang gak akan pernah dilupain sama temen- temennya.

Hingga akhirnya tanggal 7 Agustus, Genta yang punya janji ngasih surprise, ngirimin reminder ke temen- temennya soal rencana awesome dia.
Tanggal 14 Agustus, ke lima sahabat ini ketemu di stasiun kereta buat berangkat ke tempat yang dituju. Kalau di bukunya, diceritain mendetail dan bener- bener ngerasa kita lagi nikmati perjalanan bareng 5 orang ini. Kalau di filmnya, hampir sama aja sih. haha

Film ini juga ngasih liat scene pas di stasiun kereta Malang, Malang kota, dan Tumpang. Intinya mereka naik jeep ke Bromo, begitu sampai di Bromo, Genta baru bilang kalau mereka akan menuju puncak tertinggi Jawa "Mahameru".

Ketika sampai di Ranu Pane (Nama salah satu desa) mereka memulai perjalanan dengan melangkah. Ada quote keren yang bikin saya beneran kebakar semangatnya.
"yang kita perlukan sekarang cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa"
KEREN ! STANDING APPLAUSE !!

Ranu Kumbolo, tanah lapang dengan danau biru kehijauan. Scene disini bener- bener kerrrreeeeeennnnnn!

Arcopodo, digambarkan tanah lapang yang sering dipakai buat nge camp, sebelum lanjut pendakian. Buat yang belum tau Arcopodo itu artinya dua arca, nah cuma orang- orang "dalam tanda petik" yang bisa ngelihat arca itu. Yang udah pernah lihat, pandangan orang pun beda- beda soal ukuran arca di Arcopodo.

dan akhirnya, MAHAMERU.

---

saya gak pinter nih bikin review film. pokoknya film ini keren! recomended buat di tonton, dan harus baca bukunya deh.


Ini muka kita habis nonton 5cm.




(Kiri- Kanan) Agrifina, Didin, Me, Diah, Nina, Devinta

Terharu, deg- deg an, pokoknya semua nyatu! dan yang paling penting, pengen ke Semeru.

satu- satunya gunung yang saya daki adalah : Gunung kelud :D.

Oh ya, temen saya yang kecil di foto itu namanya Didin Elok, dia juga udah sering loh muncak, keren kan ?. WOW banget deh sambil koprol.

Oke, kalau ada yang udah nonton share ini yak.
Have a nice day, pembaca ! :D

* Keren


“Kamu taruh di sini.. jangan menempel di kening.
Biarkan…
dia…
menggantung…
mengambang…
5 centimeter…
di depan kening kamu…”
“Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita- cita, keyakinan diri….”
“…Biarkan keyakinan kamu 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu… cuma…”
“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas.”
“Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja….”
“Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya….”
“Serta mulut yang akan selalu berdoa…”
“Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama. Kamu akan dikenang sebagai seorang yang percaya pada kekuatan mimpi dan mengejarnya, bukan seorang pemimpi saja, bukan orang biasa- biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yang selalu percaya akan keajaiban mimpi keajaiban cita- cita, dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapa pun…. Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi- mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya.”
“Percaya pada… 5 centimeter di depan kening kamu.”
—-
Sebagian kata- kata super, dalam buku 5 cm. page 362- 363.Donny Dhirgantoro

Selasa, Desember 11, 2012

Monolog

  No comments    
categories: 
Dalam bulan ini, saya sudah baca 3 novel, 5 cm milik Donny Dirgantara yang premiernya nanti thari Rabu tanggal 12- 12- 12, Madre milik Dee Lestari, dan Kata Hati milik Bernard BatuBara. Kalau buku kuliah ? ahh jangan ditanya, setiap hari saya baca sampai bukunya kebanyakan sobek karena seringnya saya bolak- balik karena bosan. hehehh

oh ya, semenjak sabtu kemarin sampe hari ini saya bener- bener gak punya duit, kere ! Gak tau sih buat apa ya ? hmmm... Hingga akhirnya mutusin buat nelpon emak dan minta di transfer dan setelah nelpon dapet sms e- banking ternyata udah masuk. #ciyumjauhkeemak

Rencananya hari ini jam 8 pagi mau ambil ke bank, e tapi malah gak sempat gara- gara ada peraturan ngumpulin tugas akhir Perekonomian Indonesia jam 9 tet ! si Jijah ketepatan jadi penanggung jawab mata kuliah (finger) jadinya dia yang ngumpulin kolektif, dan saya diminta buat ngantar ke ruang dosen. Sampe jam setengah 10 kita ngobrol ama dosen, kami (Saya dan Jijah) diminta tolong buat koreksi jawaban temen- temen sekelas yang senin kemarin ujian, e tapi karena jam setengah 10 kami ada kuliah kami janjian ama bapaknya jam 12 buat bantu koreksi dan bapaknya setuju.

Jam setengah 12 kami udah selesai kelas, langsung menuju ruang dosen dan ngoreksi. And you know ? nilai saja BAD ! -_- #banyaktemennnya

12. 15 kami pamit mau ke bank, dan gak jadi. Mendung.

Besoknya (Hari ini, Selasa), gak disangka duit nulis saya turun. alhamdulillah.. pulang kuliah saya menuju ke MATOS beli Analogi Cinta Sendiri punya Oka' ~ @landakgaul . Sebelumnya saya emang udah ngimpi beli buku ini barengan ama Kata Hati Bara hari sabtu kemarin, cuma duit lagi gak cukup. haha. Akhirnya saya dapet juga. Banyak yang bilang, buku ini cocok buat para secret admirer, dan saya salah satunya. FYI sih, saya punya blog privat - isinya tentang 'dia yang saya kagumi' hehehe

Ntar kalau udah selesai UAS, saya janji sama kalian mau review buku- buku yang udah saya baca dalam bulan ini. ada 4, tunggu ya.



pamer dikit : ini hasil yang didapet dari Matos



aak.. akhirnya nemu masker hello kitty :D + #AnalogiCintaSendiri



Nasi goreng cumi balado, dan nasi goreng baso


#AnalogiCintaSendiri


~ selamat siang, readers. keep blogging

Sabtu, Desember 08, 2012

#KataHati

  No comments    
categories: 
Finally .. I got it !


Sembari mendengarkan lagu Coldplay - Fix You.

When you try your best but you don't succeed
When you get what you want but not what you need
When you feel so tired but you can't sleep
Stuck in reverse

And the tears come streaming down your face
When you lose something you can't replace
When you love someone but it goes to waste
Could it be worse?

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

And high up above or down below
When you're too in love to let it go
But if you never try you'll never know
Just what you're worth

Lights will guide you home
And ignite your bones
lyricsalls.blogspot.com
And I will try to fix you

Tears stream down your face
When you lose something you cannot replace
Tears stream down your face
And I

Tears stream down your face
I promise you I will learn from my mistakes
Tears stream down your face
And I

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

*here


Jumat, Desember 07, 2012

  2 comments    
categories: 
Lawan jenis kalau deket belum tentu juga mereka menyimpan perasaan, pacaran, atau apalah.
Bisa aja cuma berteman, saya sama Mbah (Danang) - 


Forgive me

  No comments    
categories: 
Oh ya, saya minta maaf karena sekarang tulisan di blog saya gak bisa di copas, terimakasih :)
Jika ingin mengcopy tugas yang sudah saya upload - silahkan hubungi saya via email : silvianapple(at)gmail(dot)com atau di Twitter saya : @silviananoerita

Aksi Nyata Hemat Energi

  No comments    
categories: 

Rumah saya berada di persimpangan jalan raya besar, sehingga saya sama sekali tidak asing dengan lalu lalang kendaraan. Dulu, saat saya masih SD, saya pernah diberi tugas oleh guru untuk menghitung jumlah kendaraan yang lewat di depan sekolah kami. Dalam 15 menit, hanya ada 4 hingga 10 kendaraan yang berlalu lalang dan juga saya masih ingat harga bahan bakar saat itu tidak lebih dari tiga ribu rupiah. Dulu, saya masih suka bermain masak- masakan dengan teman- teman, karena memang saat itu masih belum ada LPG seperti saat ini, kami menggunakan kompor minyak, saat itupun harga minya gas masih terjangkau dengan 1000 rupiah saja kami sudah mendapat 1 bungkus plastik kecil. Betapa senangnya ya.

Sekarang, jangankan dalam 15 menit. Dalam 1 menit saja, sudah berapa puluh kendaraan yang berlalu lalang di depan rumah saya. Bahkan hampir setiap harinya, saya menjumpai sepeda motor baru yang masih menggunakan plat putih. Saya sempat geleng- geleng kepala, kenapa begitu banyak pertambahan kendaraan yang turun ke jalan setiap harinya, hingga akhirnya banyak saya jumpai macet dimana- mana, dan hampir semua kendaraan berlomba- lomba memacu kendaraannya dengan cepat, bahkan tidak jarang juga terjadi kecelakaan hingga mengakibatkan kematian. Yah, memang ini adalah masalah klise di negara kita.

Bagi saya, permasalahan seperti tersebut diatas memang wajar terjadi dikarenakan jumlah masyarakat yang banyak sehingga memberikan peluang kepada industri kendaraan untuk memasarkan produknya kepada kami. Selain karena jumlahnya yang sangat banyak, masyarakat Indonesia yang notabene perekonomiannya masuk dalam golongan menengah, sangat mudah dibidik oleh pangsa pasar industri untuk membeli ini dan itu, tidak salah kiranya jika hingga ada pernyataan Masyarakat Menengah Pemboros Devisa.

Dengan banyaknya jumlah kendaraan yang turun ke jalan, artinya harus ada energi untuk mengisi kendaraan tersebut, yang tidak lain dan tidak bukan adalah bahan bakar minyak, yaitu bensin dan solar. Seperti yang saya lihat saat ini, perbandingan keberadaan energi minyak dan kendaraan masih 5:10 sehingga banyak terjadi kelangkaan di daerah- daerah.

Dengan adanya fakta tersebut, kita harus memiliki energi pengganti yang nantinya dapat dimanfaatkan apabila bahan bakar minyak benar- benar habis, karena seperti yang kita tahu, bahan bakar minyak tidak dapat diperbaharui, kalaupun bisa proses regenerasinya membutuhkan waktu yang sangat lama, atau paling tidak melakukan tindakan nyata untuk menghemat energi dan menjaga lingkungan.

Tindakan nyata saya saat ini untuk menghemat energi dan untuk menjaga lingkungan adalah sebagai berikut :
  1. Tidak terlalu konsumtif dalam penggunaan bahan bakar untuk kendaraan. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di luar kota, dan saya lebih memilih menggunakan kendaraan umum untuk pulang pergi ke perantauan, selain itu saya juga lebih memilih berjalan kaki dan bersepeda untuk pergi ke kampus.
  2.  Menghemat listrik dengan cara mematikan lampu apabila tidak terlalu penting dan juga menghemat air.
  3. Menjaga kelestarian lingkungan. Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya. Saya adalah tipe orang bersih, lingkungan yang tidak nyaman membuat suasana hati tidak nyaman dan tidak tenang. Sehingga, membuang sampah pada tempatnya adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Lalu, jika tidak ada tempat sampah ? Saya selalu menyimpan sampah tersebut di saku saya yang kemudian nanti jika sudah ada tempat sampah saya buang.
  4. Membawa tas sendiri untuk berbelanja, hal ini sering saya lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik.
  5. Menggunakan peralatan elektronik dengan bijak. Apabila tidak digunakan lebih baik di matikan.
  6. Penghematan kertas, tisu dan bahan- bahan yang berasal dari pohon.

Itu aksi nyataku, mana aksi nyatamu ?
*foto taken from random google

Selasa, Desember 04, 2012

#Ngawur1

  No comments    
categories: 
Semalam saya belanja di Carref*ur Blimbing. Soalnya barang kosan udah mulai nipis, dan ada peralatan makan yang harus udah ganti. 
Saya belanja apa aja yang diperluin, beli piring, tempat minum, madu*as*, buah dan snack buat temen ngerjain tugas, soalnya diprediksi minggu ini bakalan full time dengan tugas tugas dan tugas, maklum mendekati ujian akhir semester.

Saya tipe manusia malam, ide bisa ngalir kalau lagi tenang dan damai, makanya saya suka bangun malam dan ngerjakan tugas sampai pagi.. Kadang pula saya suka lapar, maka dari itu butuh persiapan matang biar gak kekurangan akomodasi. 

Sebenernya bukan itu yang mau saya ceritain. Ada hal yang lebih krusial lagi. *tsah

Saya bukan tipe orang yang pinter nawar harga, saya suka gak tega kalau ada yang jual, penjualnya udah matok harga dan saya nawar. gak tega. Bukan berarti duit saya banyak gitu jadinya gak mau nawar, bukan. Saya cuma gak tega aja, kali aja mereka lebih butuh. *yakali sekarang duit masih minta makanya berani bilang kek gini. Coba tar kalau udah nyari duit sendiri. :|

Makanya saya suka aja belanja di hypermart yang matok harga pas, sorry bukannya gak nasionalisme, tapi gimana ya, ini kan soal pilihan. :)

Sepulang dari Carref*ur saya jadi kepikiran dan seraching soal hypermart ini. Carref*ur itu usaha waralaba (sorry, mau nulis franchise takut salah, haha) dari Paris, dan menanamkan modalnya di negara berkembang, pantesan makin menjamur aja sejauh mata melihat.

gak masalah sih, toh kalau kayak begini kan pengangguran Indonesia makin turun, tapi ya itu tadi, kenapa kok punya Paris, kok gak punya Indonesia aja !

Kebanyakan hypermart tempatnya bersih, nyaman, barang- barangnya ketata apik, rapi, lengkap pula, mulai dari barang A sampai Z ada. 

Mungkin ini juga kali ya yang menyebabkan masyarakat lebih memilih hypermart dibanding pasar tradisional, sehingga pasar tradisional semakin kehilangan pembeli dan peminat. Maklum deh, orang zaman sekarang kan berani mengeluarkan uang lebih banyak asalkan hati senang, artinya kita lebih mementingkan kenyamanan meskipun dengan harga yang sedikit lebih mahal. 
gak salah sih.

Semenjak masuk jurusan ini, saya jadi suka aja merhatiin sesuatu, udah mulai ninggalin kebiasaan gak mau tau yang dulu tertanam kuat di relung jiwa *tsah.

Makin banyak hal yang bisa diomongin, didiskusiin, dan sebagainya. Suka aja nyari permasalahannya, lalu nyari solusinya. Tapi, kebanyakan malah bingung sendiri, gak papa sih - "orang yang paling beruntung adalah orang yang tau kalau mereka tidak tahu" - cuplikan kata dalam novel 5 cm.
Artinya, kita beruntung kalau gak tau, tapi lebih beruntung lagi kalau tau :)

Balik kepermasalahan semula, kenapa sih, pemerintah gak bikin pasar tradisional kayak Carref*ur gitu ? yang bersih, yang nyaman, dan yang yang lainnya.

Jawabannya banyak ! menurut analisis saya, dan kalau salah benerin yak :D

1. pemerintah punya urusan lebih penting, toh ini juga bukan tugas pemerintah aja, tapi elemen2 lainya juga. Misalnya, menteri perdagangan, dia sih harusnya punya inovasi yang lebih dan nanti diajukan ke pemerintah buat di acc. Kalaupun di acc, tar ribet soal dana, karena apbn kita udah habis dipake keluar negeri dan plesir dpr. so, mari kita berterimakasih sama DPR yang udah jadi wakil kita.

2. Pedagang, kebanyakan pedagang itu gak mau kalau dipindah tempat, pasti alasannya udah cocok dan strategis, selain itu ntar ada demo- demo. Lanjutnya, pedagang pasti kebanyakan menolak karena tarif yang lebih mahal lah, tempat yang tidak strategis lah, daaaan lain- lainnya.

3. banyak lagi masih belum kepikir

nah, kenapa sih kita harus kayak gitu ? sebobrok apa sih ?
Mari, kita jadi orang yang berbeda, mampu bikin perubahan, bukan berarti ku bilang gini terus jadi tim sukses partai Nasd*m, bukan. 
Terlepas dari itu semua, saya bener- bener cinta Indonesia :)

Sabtu, Desember 01, 2012

  No comments    
categories: 

#Decemberwish Allah, gimme health, patient, and always cool :')

Alhamdulillah, Desember datang juga. Ga ada hal spesial yang ditunggu, cuma traktiran dari temen- temen yang pada ultah aja :D

dan Alhamdulilahnya lagi, saya lagi dirumah.

Beberapa hari ini saya ga bisa tidur, waktu masih di Malang. Saya kebangun tengah malam dan cuaca gerah. Saya gak suka gerah- gerahan. Apalagi waktu itu saya bener- bener lelah. Ya Allah.. Jadinya, tiap pagi saya agak uring- uringan.

Saya lagi musim pekan mau ujian akhir semester 3, itu artinya semua matakuliah sedang membombardirkan tugas mereka pada kami. Istilahnya ujian komprehensif ; matakuliah dari bab 1 hingga akhir dijadikan tugas. Banyak gak tuh ?

Pas dirumah, tidur enak banget, duduk aja enak, pokoknya ngapa- ngapain enak lah.

Pagi ini, saya dibangunin sama kucing saya, Molly. Terus saya mandi dan lanjut main- main sama dia.
Molly suka banget dielus kepala sama lehernya. Waktu saya lari- lari dia ikut lari- lari, lucu. Tapi, ada satu yang baru saya tau, oh gitu ya kalau kucing poop. hehe

Di rumah saya lagi ada acara bangun rumah jadi banyak pasir. Molly lari- lari ke puncak pasir, otomatis pasirnya turun, nah pasi yang turun itu dikejar- kejar. haha

Waktu dia mau poop, dia diem liat sekeliling. Lalu gali pasir dan diem lagi, kupikir kenapa dia diem aja. Waktu Molly poop itu saya gak tau, jadi saya lempar- lemparin batu kecil ke dia. Biasanya kalau ada barang yang jatuh disebelahnya, Molly atraktif banget, tapi kali ini dia diem.
Waktu udah selesai, dia ngembus- ngembusin poopnya *hyeeeks , terus ditutup pasirnya. kayak gali lobang tutup lobang.

Oke, kenalan dulu ya sama Molly. Ini linknya di fb saya, udah saya upload banyak.. Molly warna Hitam Putih. There


Jumat, November 30, 2012

Selamat Ulang Tahun, Amadea

  No comments    
categories: 
29 Nopember 2012 kemarin ulang tahun temen saya sebangku yang udah ga ada. Amadea Novi Rizkayanti. Harusnya ini ulang tahun dia yang ke 19.
Tapi sekarang, Dea pasti lagi senyum di surga. :)

Dulu, waktu masih kelas X. Saya ga begitu kenal sama yang namanya Amadea. Soalnya kita emang beda kelas. Cuma saya kenal baik sama kembarannya. Bagus, karena saya dan Bagus pernah dikumpulkan dalam satu lokal saat orientasi siswa baru.
Oh ya, Dea lahir kembar. Cowok cewek.
Pertama kali kenal, saya sama Dea waktu sama- sama masuk di XI IPS 1. Kita satu bangku. Dea mengalami disabilitas, dia pakai kursi roda kalau sekolah. Tapi, jangan salah. Saya suka semangat belajarnya. Apalagi Dea juga cantik. :), senyumnya yang bikin saya jadi melting. Bukan berarti saya naksir. Cuma dia manis banget.

Sekitar 4 bulan 4 hari saya sebangku sama Dea, terakhir ngobrol langsung waktu kita main facebook di kelas bulan puasa. Dan saya juga masih punya hutang cerita sama dia soal Ramadhan Camp yang saya ikuti. Rencananya, mau saya ceritain pas kita masuk setelah lebaran. Sayangnya, Dea pulang saat idul fitri hari ke dua bulan September, kalau saya gak salah tanggal 3.

Mungkin, sekarang kita emang udah di lain dunia. Tapi, semangatnya masih saja ada, saya senang sekaligus bahagia punya teman seperti dia.
Doa- doa tak pernah hilang, tak pernah pudar..
Dea, saya kangen.

Selasa, November 27, 2012

Hal- hal yang Bikin Saya Kesal dan Nggak Tau Kenapa Harus Kesal

  1 comment    
categories: 

Banyak teman bilang saya tipe orang yang cuek, banyak juga yang bilang saya tipe orang perhatian. Untungnya ga ada orang yang bilang saya introvert.
Kemungkinan besar yang bilang saya cuek itu orang yang baru kenal sama saya, lalu yang bilang saya perhatian adalah kebalikannya.

yah, saya pun juga bingung tiap ditanya saya tipe yang gimana.

Tapi ada satu jawaban yang saya pake, saya moody udah itu aja.

Kalau di bilang baik, kadang- kadang saya juga bisa jadi evil. tapi 0,1 sih.

kalau dibilang penyayang ?
boleh aja, asal jangan kebablasan.

terus kenapa kita ngomongin ini sampe jauh bener ? kan yang mau dibahas soal hal- hal yang bikin kesel.

oya maap. Focus.

Saya suka kesel sama orang yang gak sesuai sama apa yang saya pikirin. Misalnya :
~ ada orang yang buang sampah sembarangan, saya kesel, emang mereka ga ngerti ada larangan dan akibat buang sampah sembarangan ?
* oh, mungkin mereka lupa sama peraturan itu :)

~ saya suka bete sendiri kalau ada temen ngomongin saya dibelakang atau ada orang yang ga saya kenal ngekepo'in sosial media saya, ditelusur, di search di google, haish .. bete
*ah, mungkin saja mereka itu ngefans sama saya XD

~ saya juga suka ngedumel kalau ada orang gaduh sendiri padahal saya pengen fokus, atau cewek yang ketawa ngakak. ahh. mana sih sopan santunnya ? jangan- jangan malah gak punya
*ah, mereka kan lagi euforia, jadi yah sekali- kali gapapa dong

~ suka bete juga kalau ada orang sms/ telepon di waktu istirahat. gak tau aturan banget.
*ah, kali aja pending jadi masuknya jam segitu

~ ada nih yang paling parah "memotong pembicaraan", walaupun bukan aku yang bicara tapi suka bete aja, jadi gak fokus akhirnya.
*ah, kali aja yg motong pembicaraan itu ngiranya udah selesai, jadi dia ngomong deh

~ apalagi kalau menyangkut konsistensi. behh ! misalnya janji begini tapi kenyataannya gak begitu. itu mulut atau apa ?
*ah, itu kan biasa kayak gitu Sil, orang plin- plan itu menunjukkan kalau dia emang mulai negrti mana yg baik dan buruk

~ saya gak suka ada temen yang terlalu ingin tau kehidupan pribadi saya. ngorek- ngorek, tanya sana sini. Kurang kerjaan banget. toh saya juga gak pernah ngumbar- ngumbar, saya udah punya temen cerita. Jijah n Danang. jadi buat apa juga.
*kamu cantik sih Sil, makanya mereka pengen tau soal kamu, kamu kan unik :p

~ saya paling bete kalau ada orang celometan.. Ngomong dipikir dulu deh mending. Soalnya tiap apa yang kamu katakan itu dipertanggung jawabkan.
*ah kalau itu saya no comment

*absurd !


Minggu, November 25, 2012

Tentang Impian

  No comments    
categories: 

Aku pernah bermimpi
Menjadi bintang yang paling bersinar
Ku tak menyangka ini terjadi

Debo ~ Bintang yang Bersinar

Saya pertama denger lagu ini rasanya terenyuh, gimana enggak. Lagu ini semacam 'tempeleng' buat saya yang jarang banget bisa bersyukur sama pencipta. 
Pernah kah saya cerita kalau waktu kecil saya pengen jadi astronot ? ya kalau memang belum coba cek ke TeKaPe dulu :). Udah baca ? nah, mungkin impian- impian masa kecil saya kalau dibilang sekarang ababil, dan plin- plan mungkin ya? 

Waktu itu saya sangat kagum dan suka dengan Neil Amstrong, betapa hebatnya dia ya. Terbang ke bulan. Saya pengen banget bisa kayak dia, lihat keindahan bumi dari luar angkasa, naik pesawat ulang alik, pakai baju astronot, betapa bangganya. Saya tau Neil Amstrong dari majalah- majalah yang dikirim oleh tante saya dari Batam. Tante saya, tiap bulan selalu mempaketkan buku- buku pengetahuan yang sangat banyak. Itulah sebabnya saya suka membaca. Kemudian, impian saya berubah. Saya ingin jadi ilmuan, membuat pesawat saya sendiri untuk nantinya saya naiki ke bulan. ahh ~ betapa imajinasi saya sungguh liar. 

Masuk masa sekolah di TK, saya paling tidak suka menggambar, menyanyi, ataupun menulis. SAYA TIDAK SUKA SEKOLAH. Saya hanya suka melihat teman- teman saya beraksi di depan kelas. Saya menikmatinya.. Pernah statu ketika, saat jam istirahat, saya diminta oleh salah seorang teman untuk mengantar ke kamar mandi, saya masih ingat saat itu kami bertiga, 1 laki- laki dan 2 perempuan termasuk saya. Coba saya ingat kembali, kamar mandi TK saya besar, ada dua pintu. Pintu pertama untuk wastafel, dan yang kedua adalah kamar mandi. Saat itu teman saya perempuan sedang buang air kecil, dan pintu kedua tidak di tutup, yah masa anak- anak zaman itu, mana ngerti hal- hal seronok ? masih lugu. 

Tiba- tiba, pintu pertama tertutup, dan ternyata memang kami sengaja dijebak oleh teman- teman yang nakal. Kedua teman saya menangis, ya seorang laki- laki menangis saat terkunci bersama dua perempuan. Saya? oh soeey, saya cool waktu itu, haha.. saya mencoba untuk membuka pintu, hingga berkali- kali. Hingga akhirnya, saya bilang ke dua teman saya. "Diam, kalau kalian nangis, mereka (teman yang mengunci) bisa dengar", akhirnya teman saya diam. Setelah menunggu beberapa lama, saya mendengar bisik- bisik di luar, dan seketika pintu langsung saya buka. Saya tendang 2 anak nakal di depan saya. Dan mereka menangis. haha. Karena kejadian itu, tidak ada teman- teman yang mengganggu saya. :D

Semenjak saat itu, saya ingin belajar karate. :D, 

Memasuki usia sekolah dasar, mimpi saya semakin lama semakin liar, saya kepingin jadi dokter, saya menyukai pelajaran sains hingga berlanjut ke SMA. Ayah saya memang bukan orang yang memiliki jenjang pendidikan yang tinggi, namun dia bercita- cita memiliki anak- anak yang hebat. Mulai masuk SMA, ayah saya bilang "kamu nanti setelah lulus mau kerja apa kuliah ?, kalau kerja masuk SMK, kalau kuliah masuk SMA", dan ibu saya, adalah wanita konservatif yang saat masa sekolah begitu pandai memainkan rumus- rumus fisika kimia. Hingga akhirnya saya masuk SMA. 

Menurut saya, SMA adalah masa kompleks, dari awal, ayah sudah bilang "kalau di SMA, harus masuk IPA". Apalagi saat itu, pemikiran ayah dan ibu saya adalah "you must get IPA" ~ sebagai anak yang masih disetir oleh orang tua, saya begitu mati- matian supaya bisa masuk IPA. Saat penjurusan, jeng jeng jeng.. I'm failed. Saya masuk IPS. Dan betapa ayah dan ibu saya marah. Saya takut. Hanya karena kurang satu nilai di fisika saya masuk IPS. wtf! Apalagi ayah saya bilang "mau jadi apa masuk jurusan IPS ?"

Hingga saat itu, saya berhenti bermimpi. 

Pertama masuk kelas saya akhirnya tergabung kembali dengan PeWe, teman akrab saya masa kelas X. Dia juga masuk IPS. Saya mulai sedikit tenang. Tapi masih tetap belum bisa menerima. Hingga kakak kelas yang mengenal saya bilang "kamu menyesal masuk IPS ? Enak kok di IPS, kalau kamu kesulitan nanti aku bantu, aku kasih pinjam buku- buku". 

Banyak motivasi yang diluncurkan untuk saya, tapi ayah dan ibu saya masih belum bisa menerima. Hingga akhirnya, saya mulai ogah- ogahan menjalani kelas XI, saya ngga mau tau, mau nanti naik atau enggak, terserah. Saat penerimaan rapor, saya sedikit tersenyum. bahahaha. Saya masuk di 10 besar kelas. dan 20 besar jurusan. Saat itu yang mengambil rapor ayah saya. 

Hingga sekarang, saya masuk di Universitas yang bagus. Di jurusan yang katanya sulit. Bertemu dengan teman- teman dan orang- orang yang tidak pernah saya duga sebelumnya. Punya pengalaman magang di radar Malang, jadi penulis tetap di majalah fakultas. its really something

Jumat, November 23, 2012

Hal Kecil untuk Aksi Indonesiaku

  No comments    
categories: 

Usia saya 19 tahun, dan beranjak menuju 20 tahun. "Apa yang sudah saya lakukan untuk orang lain ? Apakah saya sudah mendatangkan kemanfaatan untuk orang lain ?" 

Pertanyaan itu yang selalu hadir di pikiran saya. Jika dilihat dari pandangan tenaga kerja di usia saya ini seharusnya sudah mampu untuk menghasilkan barang dan jasa untuk kebutuhan diri sendiri dan orang lain, namun kenyataannya tidak demikian. 



Sebagai pemuda yang nantinya akan menjadi agen of change saya harus bisa melakukan hal yang nantinya akan berguna untuk orang lain, meskipun saya bukan tenaga kerja yang mampu menghasilkan barang dan jasa atau pemuda yang mampu menaikkan devisa negara. Tapi, setidaknya saya sudah melakukan hal- hal kecil yang berguna untuk diri saya sendiri dan orang disekitar saya. 

Misalnya :

  1. Selalu membuang sampah pada tempatnya. Hal ini, selalu saya lakukan untuk menjaga lingkungan selalu bersih, meskipun banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Dalam mindset saya, selalu saya tanamkan bahwa "saya harus berbeda dengan orang lain, perubahan dimulai dari diri sendiri" ; 
  2. Melestarikan budaya sendiri. Saat ini, banyak pemuda yang kurang tertarik dengan kebudayaan Indonesia yang begitu beragam, pemuda lebih banyak menyukai bahkan mempelajari kebudayaan negara lain. Hal ini benar- benar kontras. Saya, juga menyukai budaya negara lain, tapi tetap berusaha untuk menjaga keberadaan budaya pribumi. Saat ini, saya sedang mendalami tarian- tarian khas Indonesia dengan mengikuti sanggar tari di salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa ;
  3. Belajar dengan tekun. Belajar adalah salah satu cara saya untuk memperbaiki Indonesia. Mungkin untuk saat ini memang poin ini masih terlalu jauh untuk dicapai, namun setidaknya dengan jurusan yang saya dalami yaitu ekonomi nantinya saya mampu untuk ikut berkontribusi dalam kemajuan Indonesia ;
  4. Belajar wirausaha sejak dini. Tingginya permintaan lapangan kerja di Indonesia yang saat ini masih belum mampu di penuhi oleh pemerintah membuat saya berinisiatif untuk belajar berwirausaha. Dengan membuat jajanan sehat yaitu jeli dan mendistribusikan di kantin kampus serta toko sekitar tempat kost, saya menggeluti bidang ini sejak SMA dan masih berjalan hingga saat ini. Untuk profit boleh dibilang lumayan untuk tambah uang jajan. Untuk selanjutnya, saya juga memiliki rencana untuk "join" dengan salah seorang teman untuk mengembangkan usaha ini.
Dari hal- hal kecil yang sudah saya lakukan, saya harap nantinya akan berdampak baik untuk diri saya sendiri, lingkungan sekitar serta orang lain dan tentunya Indonesia tercinta. Maju jaya, Indonesiaku.

Terimakasih untuk Lintas.Me yang memfasilitasi kami para blogger untuk menuangkan ide untuk Indonesia.  #AksiIndonesiaku