Ramadan Extra Faedah Makin Produktif bareng Smarftren

Gambar
Marhaban Yaa Ramadan, syukur alhamdulillah kita dipertemukan kembali dengan bulan suci ini. Semoga apapun yang kita lakukan menjadi berkah dan bermanfaat ya, baik untuk diri kita sendiri juga untuk orang lain. Ohya, harus tetap semangat beraktivitas nih meski lagi menjalankan puasa. Temen-temen sudah punya jadwal apa saja nih selama bulan puasa? Buka bersama? Sahur on the road? atau yang lainnya?. Sepertinya beberapa kegiatan umum yang biasa kita lakukan saat bulan ramadan sebelumnya, masih harus kita tahan ya di tahun 2021 ini karena pandemi masih belum juga berakhir. Sedih sih, tapi lebih baik memang saling menjaga diri ya. Tapi tenang aja, ada banyak alternatif kegiatan yang bisa kita lakukan selama ramadan, lho. Apalagi kalau malam atau setelah sahur dan subuh gitu, jujur lebih enak kalau mau melakukan aktivitas meskipun secara online. Nah, karena di bulan ramadan jadi punya cukup banyak waktu di luar kegiatan bekerja, saya jadi punya kesempatan untuk belajar-belajar lagi. Belajar?

Mengisi Waktu Ramadan, Enaknya Ngapain Aja Ya?

Kalau ditanya kayak judul di atas, saya akan menjawab “Kerja! Kerja! Kerja!”, bukan berarti karena menjadi pendukung pak Jokowi saat pemilu, tapi jargon Kerja! X 3 itu memang betul adanya di bulan ramadan saya 2 tahunan ini.

Betul, sejak mulai ngantor di Kediri, ramadan saya selalu diisi dengan kegiatan kerja saja, gak ada yang lain. Karena jamnya juga cuma dikasih diskon 1/2 jam saya dari hari biasa. Bisa dibilang, gak ngaruh- ngaruh banget lah diskonnya itu.

Tapi akhirnya saya nemu beberapa kegiatan yang asyik saat ramadan dan saat libur kerja, yaitu jalan- jalan. Sebetulnya baru kali ini saya traveling saat puasa dan ternyata seru. Sebelum- sebelumnya saya suka males tuh kalau pergi pas puasa, takut lemes dan alasan lain.

Tapi kemarin waktu libur kerja, coba jalan- jalan ke pantai di Blitar, ternyata rasanya juga biasa aja sih. Sama kayak waktu hari biasa, bedanya kan gak makan dan gak minum. Traveling saat puasa itu enak karena hemat biaya. Banyak biaya yang dipangkas kalau jalan- jalan waktu puasa.

Di tahun ini, saya juga nemu kegiatan baru yang Insya Allah akan terus berlanjut meskipun gak lagi ramadan. Nemu idenya pun juga ga sengaja, waktu bengong- bengong lalu kepikiran untuk buka toko online. Sebenernya sih udah cukup lama punya angan- angan mau bikin toko online.

Tapi baru terlaksana kemarin. Sekarang ini lagi belajar mengenali websitenya sih, karena dibagian seller kan lain dengan buyer. Doakan semoga lancar dan konsisten ya.

Ikut survey online, berawal dari pengen punya hp baru tapi masih mikir- mikir karena ada keperluan yang lebih penting, jadi saya coba buat ikut survey berbayar yang ada. Semacam Toluna dan beberapa web survey lain. Iseng- iseng berhadiah ceritanya.

Pas lagi ga ngapa- ngapain juga, kemarin saya sempat bikin anting dan gantungan kunci pom- pom. Ini juga ngelanjutin kegiatan yang dulu- dulu sih. Pas lagi pulang kerja, terus tiduran eh lihat seperangkat alat bikin pom- pom dan bahannya.

Rasanya juga udah lama banget nggak utak- atik bikin sesuatu. Jadilah kemarin mulai ubek- ubek lagi. Saya sebetulnya suka kalau diajak bikin prakarya atau punya project, sayangnya saya tidak punya cukup waktu untuk fokus di situ.

Nah, jadi itu tadi beberapa kegiatan yang saya lakukan untuk mengisi ramadan kali ini. Kalau kamu, ramadan ngapain aja?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Crayon Beserta Kekurangan dan Kelebihannya yang Perlu Diketahui

Pengalaman Sakit Pinggang Kecetit dan Pengobatannya

Review Milk & Honey Gold Nourishing Oriflame