Jumat, Desember 06, 2019

Merencanakan Liburan Seru Akhir Tahun ke Malang

  51 comments    
categories: 
Kalau ditarik mundur ke belakang, rasanya tahun ini jarang banget pergi pelesiran. Sejak dilanda kesibukan pekerjaan, liburan seperti jadi sesuatu hal yang mahal untuk dijangkau. Bukan karena nominalnya, tapi karena waktu yang memang tidak memberikan kesempatan.

Jadi akhir tahun ini saya memutuskan untuk membuat itinerary liburan ke Malang, sebagai sebuah reward untuk diri sendiri, dua atau tiga hari sepertinya cukup untuk melepas penat.


Malang, sebuah kota yang menemani saya bertumbuh selama kurang lebih empat tahun menempuh pendidikan. Liburan sekaligus nostalgia, mengingat dia yang sudah lama tak bersua. Hahaha.

Jujur kangen banget sama Malang, karena sudah cukup lama tidak berkunjung ke kota bunga ini. Malang seperti punya semua yang saya inginkan, wilayah yang dikelilingi ring of fire ini, punya semua destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.


Gunung, pantai, bukit, perkebunan, wisata buatan, taman kota yang tak terhitung lagi jumlahnya, dan kuliner- kulinernya yang selalu membuat ingin untuk kembali. Jadi gak ada alasan untuk tidak pergi liburan ke Malang.


Diingat- ingat lagi juga, selama jelang tahun baru saya gak pernah sekalipun pergi ke luar kota. Sepertinya tahun ini bisa jadi pengalaman baru untuk saya. Merasakan tahun baru tidak di kota sendiri. 

Rencana saya sih mau liburan ke tempat- tempat yang masih baru yang belum pernah saya kunjungi selama tinggal di Malang dan beberapa tempat yang sudah lama ada, untuk membayar rasa penasaran. Seperti Toko Oen, Mata Air Sumber Sirah dan makan ceker setan di tengah malam.


Sebenernya ada banyak banget tempat yang oke untuk dikunjungi di Malang. Salah satunya kalau pas lagi kota- kota, saya nyebutnya walking tour. Rute yang pernah saya gunakan adalah kampung Arab- Pecinan- Pasar Besar. Saat liburan nanti, saya akan kembali mencobanya. 

Jadi kalau lagi pengen jalan kaki menyusuri kota Malang, saya akan memulainya dari Alun- Alun kota Malang dan menyusuri pecinan kecil. Di jalur ini kita bisa mampir untuk belajar sejarah kretek di Museum Bentoel. Masuknya gratis dan tempatnya cukup instagramable untuk berswafoto.


Maju sedikit ada rumah- rumah lawas yang oke punya untuk dijadikan background foto. Rasanya seperti kembali ke masa lalu. Kalau sudah bosan bisa lanjut ke Pecinan Besar dan menuju ke Klenteng Eng Ang Kiong yang terletak di pinggir jalan besar R.E Martadinata.

Boleh masuk tapi tidak boleh berisik dan kalau bisa sih saat ada di dalam klenteng tidak mengambil foto yang ada patung- patungnya. Saya senang bisa tahu dalamnya klenteng Eng Ang Kiong karena klenteng ini menjadi jejak tua penanda eksistensi budaya Tionghoa yang ada di Malang.


Setelah puas jalan- jalan di dalam klenteng, kita bisa lanjut ke arah utara. Yes, Kampung Warna Warni Jodipan. Saya sudah tiga kali berkunjung ke Jodipan, rasanya tempat ini selalu punya suasana baru ketika kita datang mengunjunginya. Bayar tiketnya sangat terjangkau, Rp 3000/ orang itupun dapat cashback stiker.
[Jodipan]
Kalau mau bablas lanjut ke Kampung 3D juga bisa, caranya dengan lewat jembatan kaca. Masuk ke 3D bayarnya juga sama, Rp 3000 saja. Tapi kalau di sini cashbacknya bukan stiker, tapi gantungan kunci dari kain flanel. Misal mau balik ke Jodipan, kita ga harus bayar lagi. Cukup dengan menunjukkan cashback yang sudah kita terima. 

Kalau masih belum puas juga nih pengen wisata kampung- kampung, kita bisa menyeberangi jalan besar dan berkunjung ke Kampung Biru Malang dan lokasinya tepat di depan kampung 3D. Masih kuat jalan? Bisa lanjut ke Stasiun Malang, di sini ada beberapa pilihan taman kota yang asyik untuk dibuat bersantai. 


Dekat dengan Stasiun ada Balai Kota yang bagus juga untuk dikunjungi. Kalau malam tiba bisa liat air mancur warna- warni di bundaran taman. Dulu saya suka datang ke sini karena suka lihat bunga teratai. 
[Splendid]
[Anak ayam anak ayam anaaak ayam]


[Pasar Burung kota Malang]

[Kucing dan Anjing juga di jual di sini]
Apakah sudah selesai? Oh tentu saja belum. Karena di dekat Balai Kota ini ada Splendid yang wajib dikunjungi juga saat walking tour. Pasar hewan dan bunga legendaris di Malang. Mau cari bibit bunga, buah, kaktus ada semua. Mau cari hewan pun ada.
[Kampoeng Heritage Kajoetangan]
[Peta untuk menyusuri Kampung Kayutangan]


Nah, untuk menutup perjalanan walking tour, kita akan ada di wilayah Kayutangan. Salah satu wilayah tua yang punya banyak tempat asyik. Kalau yang paling baru sih Kampoeng Heritage Kajoetangan. Selain itu, di Kayutangan juga ada banyak kuliner asyik yang wajib dicoba, seperti sate gebug dan es talun.


Wisata malam di Malang juga gak kalah menarik sih, bisa ke Malang Night Paardise di Singosari yang pastinya menyajikan pengalaman baru dalam berwisata.
[Lobby Hotel di Surabaya]

Membayangkannya saja rasanya saya udah bahagia. Pas banget nih, kemarin saat saya sedang liburan ke Surabaya dengan kakak dan anakzahir, kami menginap di salah satu hotel yang diakomodir oleh OYO Hotels Indonesia, yaitu OYO 197 Prime Royal Hotel Surabaya. 


Pelayananya bagus dan ada banyak promo seru yang ditawarkan. Kemarin aja kami bayarnya murah banget makanya masih pengen coba menginap di jaringan OYO lainnya.


Bakal lebih seru nih kalau nanti waktu liburan akhir tahun, bisa punya kesempatan dapat voucher 70% dari OYO untuk menginap Hotel Murah di Malang.

Semoga rencana akhir tahun ini bisa terlaksana, karena pengen banget liat kembang api malam tahun baru di Alun- Alun kota Malang.


Kalau kamu, ada rencana pergi ke mana nih jelang akhir tahun?

51 komentar:

  1. Jadi kangen Malang, kangen baksonya, bakso bakar, kangen suasana malamnya, kangen makanannya.
    Kangen macetnya *eh :D

    Udah makin banyak ya Oyo hotel di Malang, bagus-bagus dan harga promonya bikin mupeng.
    Kayaknya saya teracuni untuk nginap di OYo hotel di Malang nih :)

    BalasHapus
  2. Pernah ke Malang tahun 2007 lalu tapi hanya beberapa jam doang. Pengen deh bisa balik ke sana lagi dengan durasi kunjungan yang lebih lama agar bisa eksplore banyak tempat wisatanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, semoga bisa ke Malang lebih lama lagi yaaa..

      Hapus
  3. Aku penasaran sama Kampung Warna-Warni ini kak letaknya di Malang ya, senang deh kalau ke kota ini. Kalau nginapnya di OYO fasilitasnya oke dan nyaman pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, dekat banget sama stasiun lagi. Kalau naik kereta bisa juga tuh lihat Jodipan ini dari atas. Relnya kan terletak di atas kampung- kampung ini

      Hapus
  4. Waah entah sudah sejak kapan belum main ke Malang lagi, padahal ponakan kuliah di sana.
    Kayanya mesti diagendakan nih, karena Malang pasti makin oke.

    BalasHapus
  5. Mpo suka festival night paradise. Indahnya lampu dan lampion warna warni yang membentuk kreasi yang menakjubkan apalagi apel malang asam asam manis itu bikin kangen makan di kamar hotel oyo sambil nonton film. Duh nikmatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mpo, emang Malang nih kayak surga deh hehehe

      Hapus
  6. Jaringan OYO kayaknya bagus-bagus nih penginapannya. Saya baca beberapa review tentang OYO. Semua penginapannya terlihat bagus dan bersih dengan lokasi yang strategis juga

    BalasHapus
  7. Aku juga seneng dgn kota Malang. Cuacanya sejuk dan bisa lanjut ke bromo

    BalasHapus
  8. Pas ke Malang sempat juga nyari peninapan mana yang cucok buat keluarga dengan harga yang terjangkau. Kayaknya next harus nyoba OYO deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, jaringan OYO sudah tersebar di mana- mana mbaaa. Akomodasinya okee dan banyak promo

      Hapus
  9. Ya ampun Malang cantik banget sih destinasi wisata instagramable banget.

    BalasHapus
  10. Kalau baca cerita teman tentang Malang jadi pengen main ke sana juga karena seru. Malang itu unik segalanya ada. Alam yang indah, budaya, niaga, tempat wisata, penginapan nyaman, dan kulinernya.
    Ada OYO hotek sebagai referensi tempat menginap yang asyik bagi keluarga pula.

    BalasHapus
  11. Wisata ke Malang memang menyenangkan. Tempat wisatanya makin banyak, bahkan menakjubkan. Kulinernya juga begitu, cocok deh buat traveling yang menginginkan wisata adem. Apalagi sekarang banyak hotel OYO yang recommended dan murah meriah. Berwisata pun makin nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mba Yun, makin banyak akomodasi yang rekomended

      Hapus
  12. Belum pernah ke Malang. Pengen juga deh suatu hari bisa jalan-jalan ke sana juga dan menikmati destinasi wisatanya. Btw semoga rencana liburan Mbak ke Malang berjalan lancar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada kesempatan menikmati Malang ya mba.. Aamiin, thanks a lot

      Hapus
  13. Huaa wisata malam di Malam bagus ya ada lampu-lampu hias gitu. Liat riview temen-temen tentang Malang juga bagus dan di sana juga dah banyak tempat wisata keluarga juga katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, ada banyak pilihan wisata seruu

      Hapus
  14. malang emnag destinasi terbaik buat melepas penat apalagi buat org kayak aku mbak yng tinggal dikota super panas, surabaya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melipir sebentar ke Malang, ke daerah dinginnya di Batu juga bikin pikiran fresh ya mba Rin

      Hapus
  15. Kota Malang sudah terkenal dengan banyak tempat wisata yang menarik, pastinya banyak wisatawan yang ingin berlibur di sana akhir tahun ini.

    BalasHapus
  16. Pi, aku lhooo pengin ke Malang belum kelakon-kelakon. Udah mupeng banget padahal pengin ke Malang dan Banyuwangi juga. Kapan-kapan temeni ya jalan-jalan ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba Un, aku juga pengen ke Banyuwangi nih

      Hapus
  17. Cocok. Rencana Januari mau ke Malang. Penasaran sama kampung warna warni deh 😍

    BalasHapus
  18. Oyo juga ada di malang ya kak, alhamdulillah, jadi lebih gampang gitu kalo nanti dikasih kesempatan ke sana, aku pikir oyo tuh cuma ada di Jabotabek aja soale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oyo sudah banyak kaak jaringannya. Alhamdulillah makin banyak pilihan akomodasi

      Hapus
  19. Aku juga pingin main ke malang.
    Tapi membayangkan perjalanan dg kereta yg sangat lama dan kalau make pesawat pun tiketnya mahal... Saya jadi pingin menyerah. #sad

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus punya banyak waktu memang ya mbaa, karena perjalanan jauh

      Hapus
  20. Love banget sama Malang. Agustus kemarin sudah liburan ke sana padahal, cuma memang cuma sebentar sih. Eh sekarang udah kangen lagi aja sama Malang. Apa akhir tahun ini ke sana lagi kali ya? Mana banyak destinasi wisata baru di sana

    BalasHapus
  21. Mbaak akhir tahun di Malang muaceet banget loh hahahah jalan di Malang tuh sempit2 trus kendaraannya bejibun. Kudu nyetok sabar ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ga cuma akhir tahun saja sih. Tiap weekend juga udah macet banget hehe.

      Rencananya mau walking tour saja, ga pakai kendaraan

      Hapus
  22. Bagi saya malah kulinernya yang bikin malang selalu ngangenin untuk dikunjungin kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang selalu punya kenangan dan tempat di hati masing- masing

      Hapus
  23. Belum pernah coba OYO
    Tahun depan mau coba sekalian di Makassar karena ada nikahan. Rumah keluarga bakalan penuh jadinya pilih OYO aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, apalagi sekarang udah tambah Shanum ya

      Hapus
  24. Lucu banget yah mba namanya Jodipan pengen deh ke Malang lagi euy soalnya dulu kurang puas dinas ke Malangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, mana banyak lagi spot yang oke buat foto- foto

      Hapus
  25. Terakhir ke Malang, rasanya 10 tahun lalu.
    Aku percaya, pasti sudah banyak terobosan yang dilakukan di dunia kepariwisataan.

    Apalagi kalau bisa sekalian review Hotel oyo, begh, mantul!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya udah lama banget.. Semoga bisa berkunjung ke Malang lagi ya. Karena kota ini punya begitu banyak tempat yang rekomended untuk dikunjungi

      Hapus
  26. Mba Silv ajak aku ke Malang ih, waaa jodipan aku pengen kemari tapi belum sempet2 hiks. Liat di filmnya bayu skak pengen banget main dimari.

    BalasHapus
  27. Semoga bisa menang lomba OYO
    Kalau menang bisa ajak Salfa dan Shanum bubuk hotel di Malang

    BalasHapus

Keep Blogwalking! Komentar dengan link hidup akan langsung dihapus.