Mengenal Strategi Problem Solving untuk Membantu Pemecahan Masalah

Juni 11, 2024

Dalam menghadapi sebuah masalah tentunya harus diselesaikan dengan baik, bukan justru meninggalkan atau menghindarinya.


Karena dalam hidup berbagai permasalahan sangat mungkin terjadi, maka kemampuan dalam pemecahan masalah atau yang dikenal sebagai problem solving ini penting untuk dilakukan.

Ada serangkaian strategi problem solving yang dapat diterapkan dalam menghadapi sebuah masalah.

Apa Itu Problem Solving?

Dilihat dari katanya sendiri problem solving bisa dikatakan sebagai pemecahan masalah atau memecahkan masalah, yaitu sebuah metode yang digunakan untuk memecahkan sebuah masalah, bisa masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, namun juga bisa masalah dalam lingkungan kerja atau perusahaan.

Tentunya berbeda jenis permasalahan yang dialami, maka secara otomatis nantinya teknik pemecahan atau penyelesaiannya sendiri juga akan berbeda.

Namun juga tidak perlu khawatir karena meskipun kemampuan yang satu ini tidak didapatkan sejak lahir. Namun paling tidak Anda dapat mempelajarinya lewat praktek secara langsung atau dengan mengikuti sebuah program pelatihan yang ada.

Karena ada banyak diantara lembaga pelatihan yang menawarkan training tersebut, sehingga Anda bisa mendaftarkan diri dan ikut serta.

Langkah-Langkah Di Dalam Problem Solving

Ada serangkaian strategi problem solving yang dapat Anda lakukan untuk bisa menghadapi atau memecahkan sebuah masalah yang dialami, diantaranya adalah:

Mengidentifikasi masalah, kunci utama yang dapat dilakukan untuk bisa terlepas dari sebuah masalah atau memecahkannya tak lain adalah dengan tahu masalah apa yang sedang dihadapi.

Anda akan tahu jenis permasalahan tersebut caranya adalah dengan melakukan identifikasi, diantaranya adalah menjawab beberapa pertanyaan seperti masalah apa yang terjadi, apa faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut sampai dengan dampak yang bisa disebabkan oleh masalah tersebut. Dengan demikian nantinya bisa lebih memahami terkait masalah secara mendalam.

Mengumpulkan informasi dan menganalisanya, setelah masalah yang dihadapi tersebut bisa terdefinisikan, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda ambil adalah dengan mengumpulkan informasi pendukung dan dilakukan analisa, baik itu informasi dalam bentuk data maupun yang lainnya.

Dari sini agar lebih tahu maka dapat melakukan riset terlebih dahulu serta konsultasi dengan ahlinya. Tujuannya tak lain adalah untuk memahami konteks dari masalah tersebut, baru nantinya dapat dilakukan analisa secara mendalam.

Membuat alternatif solusi, setelah dilakukan analisa, maka nantinya Anda sudah bisa mulai berpikir secara lebih kreatif dan inovatif, yaitu dengan membuat beberapa alternatif solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Jangan hanya berhenti pada satu solusi saja. Justru lebih baik ketika membuat beberapa solusi sekaligus, karena belum tentu satu solusi yang dibuat akan berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan, bisa jadi juga sebaliknya. Untuk itu harus ada alternatif yang digunakan.

Melakukan evaluasi atas solusi-solusi yang telah dibuat, setelah solusi tersebut dibuat, maka hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengevaluasinya, ingat bahwa pada dasarnya setiap masalah pastinya memiliki kelemahan atau resiko, untuk itu penting sekali dalam melakukan evaluasi, sehingga tahu kelebihan serta kekurangan masing-masing alternatif solusi tersebut dan bisa memilih yang terbaik, pastinya yang efektif dan minim resikonya. 

Mulai menerapkannya, selanjutnya setelah dipilih manakah solusi yang digunakan, maka bisa segera melakukan action, sementara itu susun terlebih dahulu langkah aksinya untuk pemecahan masalah tersebut, sehingga step by step dapat dikerjakan secara tepat.

Melakukan evaluasi, setelah penerapan solusi maka belum berhenti santai disana, karena Anda butuh untuk melakukan evaluasi bagaimana hasil yang didapatkan dari langkah tersebut, apakah memang sesuai dengan yang diharapkan atau tidak, masih ada opsi lain jika satu metode atau langkah penyelesaian masalah tidak membuahkan hasil.

Itulah diantaranya strategi problem solving yang dapat digunakan ketika menghadapi sebuah masalah. Dalam lingkungan kerja apalagi ketika ditunjuk sebagai pemimpin.

Maka Anda memiliki peran yang penting agar tidak salah langkah untuk mengambil keputusan, karena keputusan yang diambil berdampak kepada banyak orang. Keahlian ini dapat dipelajari, diantaranya adalah dengan mengikuti program pelatihan, seperti beberapa kelas yang dibuka oleh Prasmul-ELI. Ada kelas offline maupun online yang dapat diikuti lho. 

You Might Also Like

0 comments

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB