Cerita di Balik Permainan Tradisional Congklak

September 23, 2012

Sebenarnya ini sudah lama, udah berbulan- bulan yang lalu, tapi baru ada keinginan untuk posting sekarang. Saya bahagia, tulisan saya masuk majalah fakultas. Senang :D
Lebih senang dapat duitnya, hahaha..
Uang hanya penyemangat, bukan tujuan utama.. Menulis adalah jiwa saya, mulai sekarang saya ingin lebih memprioritaskan hobi ini, dengan menulis saya lebih pandai menyikapi sesuatu.



Cerita di Balik Permainan Tradisional Congklak.

Silviana Noerita
(Mahasiswa EKP 2011)

Banyak orang beranggapan bahwa, bermain adalah lawan dari belajar. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena dari bermain kita mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan yang tidak diajarkan di dalam dunia pendidikan.

Permainan tradisional yang satu ini pasti pernah dimainkan oleh kaum hawa pada saat masih kecil, Congklak. Pernah dengar? Congklak memang punya beberapa  nama, seperti dakon, bantumi, atau juga disebut Mancala. Congklak dikenal sebagai permainan tradisional masyarakat Jawa, walaupun permainan ini juga banyak ditemukan di daerah lain.

Permainan ini memerlukan dua orang pemain, sebuah papan congklak, dan biji untuk pengisi masing- masing lubang. Lubang pada papan congklak berjumlah 16 buah. Masing- masing sisi papan congklak memiliki 7 lubang dan 2 lubang lainnya berada pada ujung papan congklak yang biasa disebut dengan lumbung atau induk. Bermain congklak diperlukan biji untuk mengisi lubang pada papan congklak, biasanya yang digunakan adalah biji sawo, kenitu atau kopi. Namun, yang paling banyak digunakan adalah biji sawo. Kenapa? Karena biji sawo lebih mudah ditemukan, selain itu pada zaman dahulu selalu terdapat  pohon sawo di setiap pekarangan rumah, alasan lain biji sawo yang dinamakan kecik ini secara visual memang tampak lebih eksotik.

Untuk permainan congklak ini diperlukan 98 biji sawo. Masing- masing sisi congklak yang memiliki 7 buah lubang, diisi dengan 7 biji. Jadi, masing- masing pemain memiliki 49 biji kecik yang siap dimainkan. Sedangkan lubang yang berada pada ujung papan congklak dikosongkan untuk menampung sisa biji ketika permainan dijalankan.

Pada masyarakat tradisional Jawa, congklak biasa dimainkan oleh anak- anak hingga dewasa, terutama wanita, karena permainan ini identik dengan dunia wanita. Tidak ada yang tahu kenapa permainan ini identik dengan wanita, namun menurut beberapa pendapat permainan ini identik dengan manajemen atau pengelolaan keuangan. Disadari atau tidak kaum hawa memiliki peranan penting dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Congklak ini dianggap sebagai sarana pelatihan untuk memanajemen keuangan dalam rumah tangga nantinya.

Selain itu, ada filosofi lain mengenai permainan ini. 
Pada papan congklak terdapat 7 lubang dan masing- masing berisi 7 biji, 7 adalah jumlah hari dalam satu minggu. Jumlah biji yang ada pada lubang kecilpun sama. Artinya, tiap orang mempunyai waktu yang sama dalam seminggu, yaitu 7 hari.

Ketika biji diambil dari satu lubang, ia mengisi lubang yang lain, termasuk lubang pada lumbung. Pelajaran dari fase ini adalah, setiap hari yang kita jalani, akan berpengaruh pada hari-hari kita selanjutnya, dan juga hari-hari orang lain. Apa yang kita lakukan hari ini menentukan apa yang akan terjadi pada masa depan kita. Apa yang kita lakukan hari ini bisa jadi sangat bermakna bagi orang lain.

Ketika biji diambil, kemudian diambil lagi, juga berarti bahwa hidup itu harus memberi dan menerima. Tidak selalu mengambil, namun juga memberi. Untuk keseimbangan hidup.

Biji diambil satu persatu, tidak dapat diambil sekaligus. Maksudnya, kita harus jujur untuk mengisi lubang pada papan congklak kita. Kita harus jujur mengisi hidup kita. Satu persatu, sedikit demi sedikit, asalkan jujur dan baik, lebih baik daripada banyak namun tidak jujur. Satu persatu biji yang diisi juga bermakna bahwa kita harus menabung tiap hari untuk hari-hari berikutnya. Kita juga harus mempunyai “saving”, yaitu biji yang berada di lubang induk.

Strategi diperlukan dalam permainan ini agar biji kita tidak habis diambil lawan. Hikmahnya adalah, hidup ini adalah persaingan, namun bukan berarti kita harus bermusuhan. Karena tiap orang juga punya kepentingan dan tujuan yang (mungkin) sama dengan tujuan kita, maka kita harus cerdik dan strategis.

Pemenang adalah yang jumlah bijinya di lubang induk paling banyak, maksudnya adalah mereka yang menjadi pemenang/ mereka yang sukses adalah mereka yang paling banyak amal kebaikannya. Mereka yang banyak tabungan kebaikannya, mereka yang menabung lebih banyak, dan mereka yang tahu strategi untuk mengumpulkan rezeki.

Permainan ini sesungguhnya merupakan serpihan kecil dari unsur pembentuk budaya dan karakter bangsa. Dengan permainan ini kita bisa mengambil manfaat yang terkadang kita sendiri tidak menyadarinya. Congklak melatih kita untuk terampil, cermat, jujur, sportif, tepa selira, dan menimbulkan rasa akrab antara sesama.





You Might Also Like

5 comments

  1. mkasih postingannya,,keren bnget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kak Fachri :D - terimakasih ya sudah mampir ke sini :) salam kenal

      Hapus
  2. selamat ya... atas keberhasilannya masuk majalah..
    semoga tambah produktif nulisnya..

    BalasHapus
  3. Tulisannya keren mak :) layak banget masuk majalah kampus.. Sayangnya saya seumur2 ga pernah maen congklak :p ga pernah punya dan ga pernah minat maen ini.. ga tau kenapa.. lebih suka maen engklek, hehe.. Btw, permainan tradisioanal kaya gini udah jarang kita temui yaa, skrg anak2 aja udah demen gadget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mak. :)
      hihi. sekarang ada mainan congklak maya lhoh di play store..
      iyaa, saya seneng banget main engklek juga.
      betuul, udah gak kenal sama mainan beginian anak sekarang :(

      Hapus

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB