Jumat, Desember 15, 2017

Begini Cara Memilih dan Merawat Ransel Kesayanganmu

  3 comments    
categories: 
[Qlapa]
Tas ransel memang selalu jadi andalan dari zaman sekolah sampai sekarang ini. Buatku pribadi, ransel selalu cocok dipakai saat bersantai ataupun acara formal.

Hal ini dikarenakan ransel punya kapasitas besar yang bisa menampung banyak barang bawaan, seperti untuk bawa laptop, buku-buku dan pernak-pernik lainnya. Selain itu juga saat mengenakan ransel, beban yang dipikul pundak lebih seimbang antara kanan kiri. Nggak bikin pundak punya beban sebelah seperti saat pakai tas selempang.

Perbedaan Backpack dan Rucksack

Kamu pasti sudah sering banget mendengar istilah tas backpack dan rucksack? Keduanya memang sama-sama digendong di punggung, tapi kamu perlu tahu perbedaan dua jenis tas ini.
Backpack, jika dilihat dari sejarahnya, awal mula munculnya backpack ini pertama kali dikenal di negara adidaya, Amerika Serikat.

Awalnya bagian penutup backpack ini menggunakan tali serut seperti halnya rucksack, tetapi sejak munculnya resleting sekarang ini backpack lebih banyak menggunakan penutup dengan resleting, lebih simpel dan lebih kokoh.

Sedangkan rucksack sendiri sebetulnya sama dengan backpack atau ransel, hanya saja penyebutan rucksack merupakan bahasa yang diambil dari bahasa Jerman. Ciri khas dari rucksack adalah bagian penutupnya menggunakan serut.

Pada masa kemunculan rucksack sendiri saat itu di Eropa sedang terjadi perang karena Penggunaan tali serut ini dianggap lebih mudah digunakan. Bahkan hingga saat ini rucksack masih menggunakan tali serut dan bukan resleting seperti halnya backpack.

Nah, buat yang suka jalan dan sering berpergian, kamu harus tau nih bahan apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika akan memilih tas ransel. Saat membeli tas ransel lebih baik pilih yang bagus sekalian, supaya awet.

Tas yang berkualitas itu biasanya bisa tahan antara 3-5 tahun. Jadi, kamu bisa hemat karena nggak harus bolak- balik beli barang yang sama dalam waktu dekat. Gimana sih cara memilih produk tas bagus? Ini dia tipsnya:

Bahan yang berkualitas dan jahitan rapi. Ini adalah pertimbangan utama yang harus kamu perhatikan saat memilih barang dengan material tekstil. Cukup dengan sekali lihat atau menyentuhnya, kamu tentu bisa membedakan barang berkualitas atau abal-abal. Ransel berkualitas biasanya lebih kokoh, tebal namun tetap lentur dan nggak kaku. Lihat juga jahitannya, pasti lebih kuat serta rapi.

Penggunaan disesuaikan dengan bawaan ya. Seringnya tas yang berkualitas pasti ada keterangan ukuran di dalam tas, seperti berapa liter kapasitas dari tas tersebut. Nah jangan sampai membawa ransel mungil untuk menampung barang bawaan seabreg. Bisa-bisa, tas kesayanganmu cepat rusak.

Pilihlah fitur sesuai kebutuhan. Kalau biasa bawa laptop, lebih baik kamu cari yang ada kompartemen khusus laptop. Begitu juga kalau biasa bawa minum sendiri, cari yang ada saku di kanan kirinya.

Cobalah produk handmade. Produk handmade yang sering saya beli rata- rata pasti menggunakan bahan baku yang berkualitas serta diproduksi dengan ketelitian yang tinggi. Nah makanya barang handmade bisa lebih tahan lama. Jadi, kuat dipakai sampai bertahun-tahun.

Nah kalau sudah ketemu sama yang cocok, jangan lupa rawat tas ransel milikmu!

Merawat tas ransel kesayangan itu penting banget. Itupun kalau kamu tidak ingin segera berpisah dengannya. Caranya nggak sulit kok, asal jangan malas merawatnya. Coba ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

Saat pemakaian. Atur barang dengan baik dan jangan asal-asalan. Supaya tas lebih ramping dan tidak berubah bentuk. Lalu, perhatikan kapasitas tas, rata-rata daypack memiliki bervolume sekitar 20 liter. Jangan sampai bebannya terlalu berat sehingga membuatnya cepat rusak.

Setelah pemakaian. Sebaiknya keluarkan isinya, agar tas lebih longgar dan ibaratnya bernapas sehingga memperpanjang umurnya. Jangan sampai ada remahan makanan atau sampah yang lupa dikeluarkan. Kotoran ini akan mengundang hewan seperti rayap atau semut.

Mencuci serta menjemur. Sebisa mungkin hindari penggunaan detergen atau sikat karena akan membuat warnanya cepat pudar. Cara mencucinya, cukup gunakan sabun tanpa detergen atau air hangat saja. Jika ada noda sedikit, kucek saja tanpa menyikatnya. Jemurlah di tempat teduh dan berangin. Jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena akan merusak warna aslinya.

Penyimpanan. Simpan di tempat sejuk dan kering. Hindari tempat yang lembab. Usahakan menyimpannya dengan cara digantung. Atau bungkus dulu dengan plastik sebelum menyimpannya agar terhindar dari debu atau kotoran.

Pengen beli tas ransel custom yang kamu banget? Datang yuk ke pasar barang buatan tangan asli Indonesia!


[Ransel Firefly Janvier Navy - my fav!]
Kalau mau tampil unik serta eksklusif, kamu bisa pilih tas custom. Modelnya pasti nggak pasaran dan hanya kamu yang punya. Apalagi kalau produknya dibuat dengan tangan (handmade). Pasti lebih awet serta punya nilai seni yang tinggi. Produk ransel seperti ini hanya akan kamu temukan di Qlapa.

Marketplace ini adalah surga belanja bagi para pecinta barang handmade atau etnik. Barang-barangnya dibuat serta dikirim langsung dari pengrajinnya. Jadi dengan membeli produk handmade, kamu juga sudah ikut membatu untuk memajukan para pengrajin lokal.

Meskipun barang handmade memang terkenal mahal, tapi di sini harganya masih cukup bersahabat untuk kantongmu. Karena para pengrajin menjual langsung barang-barang mereka tanpa perantara (reseller). Jadi, barang-barangnya juga original dari brand lokal Indonesia. Desain ransel disini nggak pasaran, jadi yakin deh tetap trendi.

Nah kalau pas kemana-mana kamu sering pakai tas ransel, udah jadi berasa kaya sahabat yang selalu menemani kan. Jadi pastikan kamu memilih ransel dengan kualitas yang bagus. So, kamu juga nggak usah ragu lagi buat milih barang handmade yang berkualitas di Qlapa.

Apalagi asik banget kan bisa dapat produk premium dengan harga terjangkau? Buruan pesan item favoritmu sebelum stoknya habis!.

3 komentar:

  1. Langsung tersepona lah mbk sm tasnya. Di qlapa ya mbk. Mau ah. Cuscuscus.
    Oya makasih udh share cara jaga plus tmpt beli recomended dimana.

    BalasHapus
  2. Kayaknya aku punya deh tas merk ini. Tapi belum pernah dipakai. Korban laper mata hehehe :)

    BalasHapus
  3. Wah, nais inpo. Jangan sampai pas mau pakai ranselnya udah tidak bernyawa alias rusak

    BalasHapus

Keep Blogwalking!