Jumat, Maret 22, 2019

Liburan di Solo Sambil Belajar Budaya dan Sejarah

  37 comments    
categories: 

Udah mau musim liburan, kok rasanya saya rindu banget sama pelesiran dan liburan ke daerah Jawa Tengah. Kayaknya sih emang udah cukup lama gak main- main ke provinsi ini.

Selain itu mungkin emang udah waktunya mulai pelesir lagi, karena beberapa minggu ini saya tidak pergi jalan- jalan di hari libur. Bukan apa- apa sih sebenernya, saya sendiri akhir- akhir ini sedang mengurangi aktifitas di luar rumah seperti pelesir ke luar kota karena memang cuacanya tidak menentu dan berwisata saat musim hujan itu menurut saya effortnya lebih banyak, aja.

Jadi inget pengalaman tahun 2017 ke Yogya dan sepanjang hari hujan, tiap nyampek di lokasi harus basah kuyup karena memang saat itu bawa motor dari Kediri. Doubel kill sih jadinya. Tapi itu jadi pengalaman super yang pastinya gak mau diulangi lagi. Capeknya gak main- main, kalau sekarang lebih baik naik transportasi umum aja.

Pas banget bulan depan ada libur tanggal merah di awal minggu. Kebetulan mau ada acara di sekitaran Jawa Tengah, jadi rencananya sih mau ambil cuti sehari sekalian mampir liburan ke Surakarta. Karena emang udah lama banget sih gak extend di kota ini, terakhir kali berkunjungsekitar enam tahun yang lalu.

[ Bus Werkudara – foto pribadi]
Seingat saya, terakhir kali menginap cukup lama di Solo ini saat mengikuti event Asean Blogger Festival, rasanya jadi kangen dan pengen mengulang naik kereta uap Kluthuk Jaladara dan bus Werkudara, sekalian makan malam di Galabo.

[Naik kereta uap – foto pribadi]
Nah karena kali ini perjalananya bebas namun terbatas, maka dari itu saya coba bikin itinerary dan cari informasi serta rekomendasi wisata apa saja yang ada di Solo. Ternyata udah banyak banget pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Tapi kayaknya saya mau jalan- jalan ke tempat yang banyak dikunjungi sama wisatawan aja. Jadi biar gak mubadzir waktunya, karena memang waktunya terbatas sekali. Nah, rencanaya tempat- tempat ini yang ingin saya kunjungi kalau ke Solo;

1. Keraton Kasunan Surakarta
Dulu, saya udah pernah masuk kesini dan entah kenapa yang muncul kalau ngomongin soal Kasunan Surakarta malah makanan Selat Solo. Mungkin karena di sinilah saya pertama kalinya mencoba makanan ini dan sampai sekarang saya belum pernah makan itu lagi. Padahal di Malang, kota saya belajar kala itu, ada satu rumah makan yang khusus menjual Selat Solo. Hehe.

[Area dalam Kasunan Surakarta – foto pribadi]
Ohya, saya masih ingin kembali berkunjung ke Keraton Surakarta karena tempat ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah dan budaya di Surakarta yang menurut saya harus dikunjungi. Selain karena tempatnya bagus, sepertinya Keraton di tiap daerah memang selalu punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan.


Lokasi Keraton Kasunan Surakarta ini ada di Baluwarti, Ps. Kliwon, Kota Surakarta dan hanya bisa dikunjungi enam hari saja selama seminggu. Pastikan jangan berkunjung ke tempat ini di hari Jumat, karena tutup.


2. Taman Sriwedari
Buat yang suka sama kesenian seperti wayang, sepertinya Taman Sriwedari memang cocok untuk dikunjungi. Karena di tempat ini memang digunakan sebagai tempat pertunjukkan kesenian.
 
[Sumber : Indonesiakaya]
Selain itu menurut informasi, setiap hari Selasa sampai Sabtu juga digelar secara rutin pertunjukkan wayang orang yang dimulai pukul 20.00 hingga 23.00. Tiketnya juga murah banget, cukup dengan membayar Rp. 3000 bisa lihat kesenian yang mulai langka ini.

Wah enak banget, padahal kalau di daerah saya mau lihat kesenian semacam itu harus nunggu moment dulu, seperti bersih desa atau acara besar lainnya. Nah, mumpung bisa ke Solo jadi saya gak mau menyia-nyiakan kesempatan lihat wayang orang yang bayarnya murah banget di sini.

Lokasi Taman Sriwedari ini sesuai namanya di Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan.

3. Kampung Batik Kauman
Kata ibu saya, kalau datang ke kota yang punya kerajinan batik, tapi pulang gak bawa oleh- oleh batik itu rasanya kayak ada yang kurang. Mungkin karena bawaan ibu- ibu ya, tiap pelesiran pulang harus bawa oleh- oleh buat yang di rumah.
 
[Sumber : Pariwisatasolo.surakarta]
Nah kalau saya pribadi sih, pengen ke Kampung Batik Kauman semata- mata bukan karena batiknya aja, tapi karena kampung ini merupakan kampung batik tertua yang ada di Solo dan pastinya tempat ini punya bangunan tua yang arsitekturnya gaya Jawa- Belanda, rumah Joglo maupun Limasan. Pastinya menarik!.

4. Pasar Antik Triwindu
Seperti namanya, Pasar Antik Triwindu ini merupakan pasar yang menjual barang- barang antik, seperti hiasan rumah zaman dulu, eletronik kuno, keramik dan sebagainya.
Di sini cocok banget buat yang suka koleksi barang- barang kuno, kalau saya sih pengen window shopping cari elektroniknya.
 
[Sumber : Surakarta.go.id]
Selain itu saya juga pengen merasakan aroma nostalgia kalau lihat barang- barang yang pernah ada di rumah nenek zaman tahun 1990an.

Perjalanan pelesir kali ini sepertinya saya mau naik bus aja, soalnya memang bus antar provinsi sekarang sudah semakin bagus dan nyaman. Selain itu Insya Allah lebih aman juga. 

Kemarin saya coba buat cari tiket bus di terminal, tapi jadwalnya yang kurang cocok karena saya masih harus kerja di hari sebelumnya. Kemudian saya ingat kalau di aplikasi Traveloka juga melayani pemesanan tiket bus, jadi langsung deh cek dan ricek. Nah terakhir kali ke Solo itu seingat saya pakai bus P.O Eka Mira. 

Jadi saya coba cek jadwal Eka Mira di Traveloka dan pas banget ada yang bus malam. Selain itu juga jalurnya Eka Mira ini melewati daerah saya. Jadi bisa menunggu di tempat yang disepakati.
[Sumber : Traveloka]
Senang sekali karena sekarang liburan sudah makin mudah dan efisien. Karena dengan adanya pemesanan online, pengguna jasa transportasi bisa punya waktu yang pasti kapan berangkat dan kapan sampai. Kalaupun memang ada keterlambatan sedikit mungkin masih bisa ditoleransi karena kondisi jalanan yang tidak menentu.


37 komentar:

  1. Pengen deh, blusukan ke kampung batik. Kayaknya asyik kalau bisa melihat dari dekat proses membatik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, saya juga pengen merasakan vibesnya mbaak

      Hapus
  2. Belum pernah ke Solo n ntah kapan bisa kesana, waktu dan kesempatan belum ada, moga nanti kesampaian ke sana dan coba naik Bus Eka Mira ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke Solo ya mas, ketemu Janethes mungkinn hehehe

      Hapus
  3. Jangan lupa kuliner khas Solo nya, mba.. Solo sih gudangnya makanan enak ya..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaak, pasti tidak akan lupa ini. Hehehe

      Hapus
  4. Menggoda banget nih postingan, secaraaaaa... dari januari pengen ke sana, gak terwujud2, padahal niat pengen naik bus, trus naik kereta juga, udah intip2 Traveloka liat tiket bus hahaha

    BalasHapus
  5. Haduh pengen banget ke Solo, tapi belum kesampean, lagi cari-cari tanggal yang pas. Pengen banget nyobain naik kereta uap juga. Aaaah pasti seru deh

    BalasHapus
  6. Aku baru lewat Solo saja nih pas waktu mau ke Yogja dari Surabaya.
    Itu pun beberapa tahun lalu.

    Yang aku paling suka saat naik kendaraan roda empat adalah, bisa menikmati berbagai pesona bentang alam, luar biasa ya gregetnya, sampai ke hati!





    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kalau naik kendaraan darat bisa lebih banyak yang bisa dilihat ya

      Hapus
  7. Pernah ke solo waktu backpack sendirian, dan berniat mau ngajakin suami dan anak-anak, apalagi sekarang dah pindah ke surabaya...dan naiknya pake bus atau kereta api.. ahh semoga rejeki jalan-jalan ke solo yahh..

    BalasHapus
  8. Aku pernah loh ngajakin anak-anak nonton wayang orang waktu mereka masih balita dulu, karena permintaan si sulung sih yang suka sama wayang, hihii

    BalasHapus
  9. Solo itu terkenal dengan batiknya yang halus. Pengen banget ke Solo hunting batik lagi, setelah baca artikel ini baru tau ada tempat juga untuk hunting barang kuno, keren euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ibu saya juga huntingnya batik kalau ke Solo. Bagus- bagus katanya

      Hapus
  10. Saya baru sekali main ke solo itupun jaman sekolah smp hehe. Waktu itu mengunjungi kraton solo dan belanja di pasar klewer. Jadi kangen main ke solo lagi.

    BalasHapus
  11. Solo masih banyak tempat wisata bersejarah yang layak dikunjungi ya mbak, jadi pengen berlibur kesana sekaligus belajar sejarah. Memang benar saat ini mau berlibur ke tempat wisata makin mudah sejak adanya aplikasi traveloka. Berkat traveloka pesan tiket kendaraan umum, tiket penginapan bahkan tiket tempat wisata makin mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang liburan makin mudah dan asyik ya mbaaak

      Hapus
  12. Memang sekarang lebih enak naik bus cepat karena harga tiket lebih murah daripada kereta ekonomi tapi fasilitas lebih oke deh. Kemarin ku ke solo tapi ga sempat liburan euy.

    BalasHapus
  13. Jadi pengen ke Solo lagi nih. Naik bus dari Pekalongan aja apa ya... Tapi temenku yang di Solo lagi honeymoon. Ahaha. Ini malah curhat bagemana

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah ke Solo kak dan pengen banget kesana terutama ke pasar yang emnjual batik2 Solo hehe.

    BalasHapus
  15. Padahal dari jogja ke solo cuma 1,5 jam, tapi aku malah belum pernah masuk kraton kasunanan, kampung lawryan, apalagi naik kereta jaladara dan bus werkudara, duuh jadi kepingin jugaa..

    BalasHapus
  16. Beberapa belum aku kunjungi mba waktu di Solo duh pengen ke Solo lagi jadinya. Semoga ada rejeki bisa main lagi ke Solo. Aamiin

    BalasHapus
  17. Serunya ke Solo, terakhir ke sana akhir tahun lalu tapi cuma numpang lewat dan makan malam2 depan keraton, abis itu balik Yogya lagi. Blm bener2 menikmati Solo. Moga tahun ini bisa jalan2 ke tempat yg mbak sebut biar bisa belajar budaya jg :D

    BalasHapus
  18. Ya ampuuun Sil aku juga udah lama bangeet ngga ke Solo! Terakhir ya acara ASEAN itu yaaa hehehe bareng Silpi jugaaa.. but I remember how nice and wonderful Solo is

    BalasHapus
  19. Naik bis ke Solo...
    Sekarang jalan makin mudah karena ada tol yaa... (Surabaya-Solo)
    Kalau dari Bandung...emm, belum pernah naik bis.

    BalasHapus
  20. Ya ampun jadi pengen ke Solo lagi setelah membaca tulisan ini. Solo itu pernah sekali doang aku samperin tapi nggak sempat menjelajah :)

    BalasHapus
  21. Solo ini jadi salah satu kota yang pengen banget aku datengin. Padahal cukup sering ke Jogja, kan tinggal dikit lagi ya kalau mau ke Solo, hihi.

    Semoga tahun ini bisa terlaksana eksplor Solo sama keluarga :)

    BalasHapus
  22. Saya ke Solo dulu cuma mampir di terminal bus buat ke toilet.
    Setelahnya lanjut ke Jogja haha
    Kapan kapan saya ke sana lagi karena ada teman domisili sana

    BalasHapus
  23. KERen kota solo makin maju destinasi pariwistanya apalagi dengan tujuan buat pengen tau sejarah dan budaya di sana yg masih kental banget ya adatnya .
    Ga boring lg kalo traveling ke solo

    BalasHapus

Keep Blogwalking! Komentar dengan link hidup akan langsung dihapus.