Senin, Maret 25, 2019

Ingin Punya Kartu Kredit? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak perusahaan penyedia jasa layanan finansial dan perdagangan mengajak kita untuk mensukseskan program cashless, misalnya dengan menggunakan kartu Kredit, Debit, maupun dompet elektronik. Karena memang lebih efisien sebagai alat pembayaran. Salah satu layanan finansial yang mendukung program cashless ini adalah bank BRI, kalian bisa baca tentang syarat daftar kartu kredit BRI.

Sejak bekerja dan memiliki penghasilan sendiri sayapun memutuskan untuk memiliki kartu kredit untuk jaga- jaga jika ada kebutuhan mendesak. Hal ini sudah saya putuskan secara matang sejak mempelajari plus dan minusnya.

Nah, karena memang kartu plastik ini sering digunakan sebagai metode pembayaran, dan mulai marak karena selain memudahkan pemiliknya, pengajuan aplikasinya pun semakin mudah. Cukup dengan datang ke bank kemudian mengisi data dan melengkapi dokumen, atau juga bisa dengan pengajuan online.
[Sumber : Cekaja.com]
Buat yang pengen banget punya kartu kredit kalian wajib tahu tentang apa saja sih kelebihan dan kekurangannya untuk pemegang kartu ini? Yuk, disimak:

Praktis dan Mudah
Tuntutan zaman yang serba cepat ini memang banyak orang lebih menyukai hal- hal praktis dan mencari kemudahan di setiap urusannya. Apalagi kalau soal urusan shoping, hal ini juga didukung dengan banyaknya penyedia jasa belanja online yang hanya memberikan waktu singkat dalam transaksinya.

Selain itu daripada harus membawa uang dalam bentuk tunai untuk alat pembayaran, lebih baik menggunakan satu kartu yang dapat digunakan dalam segala kondisi. Hal ini harus didukung juga bahwa kartu yang kamu miliki dalam kondisi sehat.

Relatif Aman
Jika dibandingkan dengan uang tunai, kepemilikan kartu kredit sebetulnya relatif lebih aman. Meskipun tidak seratus persen terbebas dari resiko. Misalnya saja, jika uang cash hilang karena pencurian kita tidak bisa melakukan klaim, kecuali memang memiliki asuransi untuk itu. Namun, jika terjadi kejahatan pada kartu kredit yang kita miliki ada otoritas yang dapat membantu kita menangani masalah tersebut.
 
[Sumber : Cekaja.com]
Dapat Digunakan Saat Kondisi Mendesak
Dalam kondisi tertentu mungkin saja kita berada dalam kondisi mendesak dan perlu membayar atau membeli sesuatu dalam jumlah besar, padahal uang tunai udah mulai tipis nih. Misalnya saja kado untuk pernikahan teman atau hadiah untuk teman yang baru melahirkan.

Nah, kartu kredit bisa digunakan untuk menolong kondisi kita tersebut. Tapi jangan lupa untuk bayar tagihannya ya setelah itu. Supaya penggunaan kartu kredit kita tetap lancar.

Banyak Promo untuk Pemegang Kartu Kredit
Kalau ini sudah bukan rahasia lagi, sebagai pengguna kartu kredit memang dimanjakan sekali khususnya untuk potongan atau diskon dalam banyak transaksi.

Hal ini bisa terjadi karena adanya kerja sama antara bank penerbit dan rekanannya. Misalnya saja diskon di restoran cepat saji, atau tiket nonton film, tiket hotel dan akomodasi lainnya seperti tiket penerbangan. Asik kan.

Membantu Evaluasi Pengeluaran
Ada gak yang sejak zaman sekolah suka buat laporan kas buat diri sendiri? Saya dulu sering kayak gitu, karena di zaman sekolah sering ditunjuk buat jadi bendahara kelas.

Nah takutnya kan uang yang saya pegang tercampur dengan uang pribadi. Maka dari itu tercetus ide untuk membuat kas pribadi, gunanya untuk mengontrol pengeluaran saya. Jadi saya bisa tahu, di minggu ini jajan banyak atau tidak dan berapa jumlah uang yang saya tabung.

Sama halnya dengan kas pribadi, kartu kredit ini juga bisa membantu kita untuk mengevaluasi pengeluaran. Karena setiap bulannya kita mendapat tagihan mengenai jumlah transaksi yang kita lakukan.

Kalau sudah seperti itu, kita bisa tahu dan bisa menarik kesimpulan apakah dengan kepemilikan kartu kredit ini sudah digunakan dengan tepat atau belum.

Kalau sudah tahu kelebihan kartu kredit ini, kalian juga harus tahu apa saja kekurangan jika memiliki kartu kreditnya, ya.

Bunga
Meskipun mudah dalam penggunaanya, jangan pernah lupa bahwa setiap transaksi yang menggunakan kartu kredit pasti disertai dengan bunga. Bisa jadi saat berbelanja, barang yang kita beli harganya lebih mahal dari seharusnya. Selain itu juga jika kita terlambat dalam membayar tagihan tersebut, dendanya bisa lebih besar.

Rentan Boros
Hal ini sebetulnya tergantung pada setiap individu pemegang kartu kredit. Memiliki kartu kredit bisa membuat kita rentan menjadi boros, karena merasa memiliki aset lebih banyak. Hal ini juga dikarenakan adanya sifat dasar manusia yang merasa selalu kurang puas. Sehingga menjadikan pengeluaran tidak terkontrol dan tagihan menjadi bengkak.

Biaya Administrasi
Nah karena istilahnya kita menggunakan jasa orang lain, pasti ada biaya administrasi yag dibebankan kepada kita. Seperti misalnya biaya pendaftaran termasuk materai, biaya iuran tahunan, dan sejenisnya.

Namun sebetulnya, kalau kita benar- benar bijak dalam penggunaan kartu kredit, alat ini sangat membantu sekali dalam kehidupan kita. Jika sudah tahu triknya justru tidak akan ada beban dalam penggunaanya. Seperti menggunakan kartu kredit seperlunya saja dan membayar sebelum jatuh tempo.

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan memiliki kartu kredit, kalian bisa mencari informasi dan memilih bank apa saja yang menyediakan layanan kartu kredit. Kalau sekarang sih hampir semua perbankan menyediakan aplikasi pengajuan kartu kredit.

Kalau saya boleh saran buat yang masih bingung dimana akan mengajukan aplikasi kartu kredit, kalian bisa memilih bank BRI. Di sini ada banyak pilihan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja ada banyak kelebihan yang mereka tawarkan sesuai dengan jenis kartu kredit yang akan dipilih.

Nah, kalau mau tahu lebih banyak lagi soal kartu kredit, kamu bisa cek di https://www.cekaja.com/banks/bri/kartu-kredit. CekAja.com ini punya banyak banget informasi soal produk finansial. Salah satunya ya soal kartu kredit itu tadi. Ingat, kalau sudah punya kartu kreit, jangan lupa bijak dalam penggunaanya ya!.


18 komentar:

  1. pengen dong biar belik barang barang kesukaaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dipastikan sehat ya keuangannya. Biar bisa belanja- belanja hehe

      Hapus
  2. Aku kapok punya kartu kredit. Tapi di sisi lain butuh juga sih buat bayar-bayar online, apalagi di luar negeri. Sedang mempertimbangkan buat kartu kredit lagi, kayaknya sudah bisa mengontrol sifat boros jaman mudah sih wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. Memang harus bijak sih ya kalau udah urusan sama CC

      Hapus
  3. Aku sudah bukan pengguna kartu kredit. Tapi setelah baca ini, jadi tergiur lagi karena teringat dengan Credit card yang memiliki banyak promo. Huakakak

    Btw, terima kasih karena sangat informatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. Harus jeli memang ketika pakai kartu ini yaa. Pokoknya jangan sampai bikin bengkak. Terima kasih sudah berkunjung .

      Hapus
  4. Eke mah udah khatam A-Z soal CC ini bahkan pernah punya dari beberapa bank. Tapi setelah tahu tentang riba, auto close semua bende tu.

    BalasHapus
  5. Daku mah punya CC tapi malah nggak kepakai nih Sil. Udah naik limit pula jadi lebih besar udah gitu promonya banyak banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, kalau pas perlu aja lah dipakai, gausah sering- sering yaaa. Aku juga jarang pakainyaaa. Hehehe

      Hapus
  6. Jujur neh ya, aku tertarik punya kartu kredit awalnya supaya bisa beli tiket jalan2 dengan mudah, abis bosenin mulu klo tiap beli tiket selalu pinjem punya adek.

    AKhirnya urus, makin paham, fungsinya itu lho, bisa jadi alat pembayaran mendadk dan promo menarik yang paling kusuka. Tapi bunga? hmmm berat men. Bunga berbunga. Makanya tips dari aku: Kalau ada tagihan CC, sebisa mungkin dilunasi sebelum jatuh tempo biar ga kena bunga yang tinggi itu.

    Saat ini Puji Tuhan cuma pakai 1 CC dengan nilai tiga digit. Dua sebelumnya sudah saya cut. Ga perlu punya CC banyak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Chay, memang kalau udah tahu triknya sama CC ini, gak ada lah yang namanya berat punya CC

      Hapus
  7. pengin sih nyoba kartu kredit
    tapi kadang merasa belum butuh banget
    tapi penasaran gimana gitu
    apalagi ada sejumlah promo gitu

    BalasHapus
  8. Kalau saya takut punya CC karena rentan boros hahahah
    Jadinya lebih konsumtif, apalagi promo CC tuh banyak, beneran bikin kalap hahaha.
    Tapi saya dulu pernah punya, eh punya suami sih.
    Kartu belanja sih, dan karenanya, kami belanja nyaris 2 troly setiap bulannya hiks

    BalasHapus
  9. Aku sekarang jadi suka bayar apapun pakai kartu kredit (soalnya emergency fund sudah disiapkan di rekening terpisah). Promonya itu lho banyak dan praktis banget. Untungnya aku masih bisa ngerem belanjaan. Tapi kalau sociolla lagi promo kayak kemarin ya wassalam x_x

    BalasHapus

Keep Blogwalking! Komentar dengan link hidup akan langsung dihapus.