Selasa, Agustus 20, 2019

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Bagi Pemula

  4 comments    
categories: 
[Sumber foto : docnetwork - Text by Canva]
Kalau bicara soal asuransi, rasanya asuransi kesehatan jadi salah satu jenis asuransi yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat. Namanya saja asuransi, jadi sudah pasti ada banyak manfaat yang didapatkan dari kepemilikan asuransi ini.

Misalnya saja, saat kita terkena sakit tertentu dan membutuhkan biaya dalam jumlah besar. Dari mana kita bisa mendapatkan dana tersebut? Kalau punya dana darurat, apakah dana darurat yang kita simpan tersebut sudah mencukupi?

Nah, ketidakpastian itu pasti akan membuat kita merasa khawatir di masa depan. Apalagi akan muncul ketakutan- ketakutan, kalau berobat belum pasti bisa sembuh bahkan dana yang kita miliki belum tentu cukup untuk biaya pengobatan. Sementara perencanaan keuangan yang kita lakukan tidak mencakup penanganan masalah kesehatan di masa depan.

Padahal kita sudah mengatur dan mengalokasikan kebutuhan keuangan dengan baik, namun akan hancur seketika saat datang musibah, misalnya sakit itu tadi.

Hal- hal semacam itu menyebabkan keuangan menjadi tidak stabil, padahal ada banyak pertimbangan lain misalnya memiliki anak yang harus dibiayai pendidikannya, kemudian masih memiliki cicilan lain, dan banyak kebutuhan mendesak lainnya dan harus dipenuhi.

Kebanyakan orang jika menghadapi hal semacam ini pasti akan stres dan memperparah keadaan, karena tidak ada perlindungan finansial yang kita miliki.

Oleh karena itu, memiliki asuransi menjadi perlindungan finansial yang wajib kita miliki. Jumlah dana yang besar untuk pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Jadi kita tidak perlu lagi kebingungan mencari dana atau mengatur keuangan seefisien mungkin karena sudah ditanggung dengan memiliki asuransi.

Namun bagi seseorang yang baru mengenal asuransi, tentu cukup kebingungan dalam memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi saat ini ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan sebelum kamu memilih asuransi kesehatan, antara lain:

1. Miliki asuransi sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan,
Pada setiap asuransi yang kita ambil, pasti akan mematok sejumlah biaya yang harus kita bayarkan, biasa disebut dengan premi.

Besaran premi yang dibayarkan akan berpengaruh pada manfaat yang akan kita dapatkan. Oleh karena itu jangan mudah tergiur dengan perusahaan asuransi yang menawarkan premi murah tetapi manfaat yang diberikan juga terbatas.

Namun, jangan juga membeli premi yang terlalu mahal sehingga membebani keuangan kita. Oleh karena itu belilah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan kita. 

2. Pastikan kita nyaman dengan manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi,
Semua orang tentu ingin mendapatkan manfaat yang optimal dari keikutsertaan mereka dalam asuransi. Namun, dalam memanfaatkan fasilitas asuransi kesehatan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Apakah kita sudah nyaman jika dirawat di ruangan VIP atau sudah cukup di ruangan standar saja? Tentukan fasilitas mana yang bisa menjadi kenyamanan kita, karena sebagai pemula hal ini penting terkait jumlah premi yang akan dibayarkan.
[Sumber : Leisure - Republika]
3. Memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan,
Berdasarkan cara klaimnya, asuransi terbagi lagi menjadi dua bagian. Yakni asuransi kesehatan cashless dan reimbursement.

Untuk jenis asuransi kesehatan cashless ketika masuk rumah sakit, kita tidak perlu membayar terlebih dahulu. Biaya perawatan akan dibebankan kepada perusahaan asuransi. Kita hanya perlu membayar kelebihannya saja jika dibutuhkan.

Kemudian untuk sistem klaim secara reimbursement kita bisa menggunakan  fotokopi kuitansi yang telah dilegalisir oleh pihak rumah sakit. Kemudian bisa mengajukan klaim pada perusahaan asuransi ketika sudah keluar dari rumah sakit.

Biaya yang akan dikembalikan tentu saja biaya yang telah kita keluarkan selama masa perawatan berlangsung. Oleh karena itu pilih jenis klaim yang sesuai dengan kebutuhan kita.

4. Membandingkan manfaat asuransi kesehatan dari beberapa perusahaan,
Tidak salah bagi kita untuk melakukan riset kecil dengan membandingkan manfaat asuransi kesehatan dari setiap perusahaan.

Jangan terlalu cepat mengambil keputusan ketika memilih asuransi, kita harus tetap cermat dan teliti sebelum memilih asuransi kesehatan.

Ambil waktu setidaknya beberapa minggu sebelum menentukan pilihan. Jangka waktu tersebut bisa kita gunakan untuk mengetahui berbagai manfaat asuransi kesehatan dari beberapa perusahaan.

Bandingkan juga testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan asuransi kesehatan di beberapa perusahaan. Perhatikan juga, apakah suatu perusahaan mendapat ulasan negatif atau positif, dengan demikian kita menjadi lebih yakin dalam memilih perusahaan asuransi. Jadi usahakan untuk memilih jenis asuransi yang benar-benar kita butuhkan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa digunakan untuk pertimbangan dalam mengambil keputusan dalam membeli asuransi. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya.

4 komentar:

  1. Wah bener banget nih Mbak, mempunyai asuransi kesehatan itu memang sangat penting banget nih

    BalasHapus
  2. Wah bermanfaat banget nih Mbak tipsnya. Terima kasih ya Mbak atas informasinya

    BalasHapus
  3. Saya masih belum mempunyai asuransi kesehatan nih sepertinya. Jadi, pingin punya nih

    BalasHapus
  4. Asuransi kesehatan itu memang penting dan wajib dimiliki oleh setiap orang. Ulasannya sangat bagus sekali terutama untuk membantu orang orang yang memang masih awam tentang asuransi kesehatan. Terima kasih.

    BalasHapus

Keep Blogwalking!