Sekali ke Gunung Kelud, Tiga Wisata Bisa Dikunjungi

Gunung Kelud, masih jadi primadona wisata alam yang wajib dikunjungi kalau datang ke Kediri, Jawa Timur. Setelah sekian lama tutup karena dampak letusan tahun 2014, gunung kelud saat ini sudah bisa dikunjungi sampai kawah lagi. Yay.

Buat yang belum tahu, Gunung Kelud ini merupakan gunung berapi yang masih aktif. Kelud berada di perbatasan tiga daerah, yaitu Kediri, Blitar dan Malang. Nama Kelud atau Kelut dalam bahasa jawa artinya sapu, dalam bahasa Belanda disebut Klut, Cloot, Kloet atau Kloete.

Nama Gunung ini berasal dari kata 'Jarwodhosok' yaitu 'ke' (kebak) dan 'lud' (ludira) yang artinya bisa merenggut banyak korban tidak berdosa.

Setelah letusan tahun 2014, gunung Kelud bisa dikunjungi namun hanya sampai di parkir terakhir saja. Setelahnya kita bisa mendaki atau naik ojek. Kabar terbaru saat ini gunung Kelud sudah bisa dikunjungi seperti sedia kala.

Btw, seperti pepatah ada banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan rute ke Gunung Kelud. Untuk menuju ke sini kita bisa memilih melalui beberapa jalur, yakni dari Pare, dari Simpang Lima Gumul, dari Blitar dan dari kota Kediri.
[Foto koleksi pribadi]

Kondisi jalan sudah bagus banget, bisa diakses kendaraan roda 4 juga. Tiket masuk ke sini juga murah meriah, tidak menguras kantong sama sekali. Cukup dengan membayar 8K/orang (terakhir ke sana) kita bisa menikmati keindahan wisata alam ciptaan Tuhan yang dititipkan di bumi Kediri.


Nah kalau temen-temen berkunjung ke Gunung Kelud, jangan cuma ke gunung Kelud saja ya. Karena ada wisata lain yang wajib dikunjungi juga. Apalagi lokasinya juga berada di kawasan wisata gunung Kelud. Jadi sayang banget kalau gak mampir sekalian. 

Wisata Kampoeng Anggrek Kediri, untuk wisatawan yang suka koleksi bunga di rumah, harus banget mampir ke kampoeng anggrek, karena di tempat ini ada banyak pilihan bunga anggrek dan bunga lainnya yang cantik-cantik.

Lokasi kampoeng anggrek di sebelum pintu masuk loket gunung Kelud. Tidak berada di pinggir jalan ya, tapi masih masuk ke wilayah perkampungan.
[Foto Koleksi Pribadi]

[Foto Koleksi Pribadi]
Begitu masuk ke area kampoeng anggrek, pengunjung akan disambut dengan pemandangan taman dengan berbagai macam tumbuhan. Bunga bermacam-macam warna dan tanaman nanas di segala penjuru.


Kampoeng Anggrek sangat friendly untuk dikunjungi, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa bahkan sampai lansia. Tempatnya landai dan cocok untuk berkeliling, lengkap dengan wahana bermain anak-anak.
[Foto Koleksi Pribadi]
Kalau lapar ga perlu bingung juga, karena di sini tersedia cafetaria. Fasilitas mushola juga tersedia kok, jadi buat yang muslim ga perlu khawatir.

Tempat selanjutnya yang bisa dikunjungi di kawasan gunung Kelud adalah Kampung Indian. Sama-sama berada di wilayah Ngancar, lokasinya pun tidak jauh dari Kampoeng Anggrek.

Kampung Indian Kediri merupakan wisata buatan yang mengambil tema taman wisata Indian, yaitu suku asli Amerika. Di sini kita bisa melihat replika rumah suku indian, belajar mengenal budaya suku Indian, dll.
[Sc : www.yoshiwafa.com]
Saat datang ke tempat ini kita bisa berswafoto dengan atribut yang menyerupai suku Indian, selain itu kita juga dapat menikmati tarian dan lagu-lagu dari suku asli Amerika ini.

[Foto koleksi pribadi]
Jadi, buat yang mau berkunjung ke Gunung Kelud jangan lupa untuk mengagendakan berkunjung juga ke kampung anggrek dan kampung indian ya.

Jika bingung dengan akses lokasi teman-teman bisa menggunakan waze atau google maps. Jangan khawatir mengenai sinyal, karena di wilayah ini sudah lumayan bagus.

Selain tiga wisata di atas, di sepanjang jalan menuju gunung Kelud juga ada beberapa taman yang juga bisa dikunjungi. Cocok banget buat yang suka berswafoto dan berbagi di sosial media.

Kalau pengen tahu lebih banyak tentang wisata di Kediri, temen-temen bisa googling untuk mendapatkan informasi wisata lainnya. Jangan lupa ya pakai jaringan dari Smartfren, karena saat ini Sf punya program namanya Gokil Max - Kuota Tergokil Cuma Ada di Kotamu!.
[Sc: Smartfren.com]

Jadi buat yang belum tahu, Gokil Max Smartfren ini ngasih pengalaman penggunanya untuk internetan secara maksimal. Cocok banget buat yang masih muda-muda ya kan, karena kuotanya besar dan bisa dipakai di semua aplikasi.

Paket Gokil Max ini bisa temen-temen dapat dalam bentuk voucher data, kartu, maupun paket data yang bisa dicek di aplikasi MySmartfren. Fyi, ada beberapa pilihan paket yang bisa nih dipilih sesuai kebutuhan, antara lain :

Gokil Max 30K, total kuota 39 GB (Kuota Nasional 3 GB, Lokal 6 GB dan Extra kuota (01.00-05.00) 30 GB,

Gokil Max 50K, total kuota 71 GB (Kuota Nasional 7 GB, Lokal 14 GB dan Extra kuota (01.00-05.00) 50 GB,

Gokil Max 70K, total kuota 106 GB (Kuota Nasional 12 GB, Lokal 24 GB dan Extra kuota (01.00-05.00) 70 GB.

Ketiga pilihan kuota di atas masa berlaknya 30 hari ya. Ohya ada 144 kota yang sudah dijangkau oleh Gokil Max di propinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Oh buat yang masih bingung karena kuota lokal, tenang saja ya. Kuota lokal memang hanya bisa diakses di kota kita dan tidak dapat diakses di kota lain.

Namun kita tetap bisa berselancar di dunia maya dengan kuota nasional. Smartfren ini bener-bener paket lengkap kalau jadi pacar. Selalu mengerti kebutuhan internet kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Sakit Pinggang Kecetit dan Pengobatannya

Crayon Beserta Kekurangan dan Kelebihannya yang Perlu Diketahui

FUS Pada Kucing dan Kematian Pomilo