Uji Coba 5G Smartfren, What was Fast Will Now be Faster

Uji Coba 5G Smartfren, What was Fast Will Now be Faster - Seperti yang kita tahu di tahun 2017 yang lalu Smartfren mengukuhkan posisinya sebagai penyedia layanan operator telekomunikasi terdepan, dengan menghadirkan layanan telekomunikasi berbasis 4G dan juga menjadikannya satu-satunya operator yang beroperasi di jaringan 4G sepenuhnya.

Tahun 2019 Smartfren juga sukses melaksanakan uji coba 5G di Jakarta dan kali ini pada tanggal 17 Juni 2021, lagi-lagi Smartfren memberikan gebrakan baru kepada masyarakat.

Smartfren yang bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar uji coba 5G tahap kedua  yang didukung penuh oleh ZTE dan Qualcomm, tujuannya tentu untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru kepada publik.

Acara yang diadakan di gerai Smartfren Sabang, Jakarta ini dihadiri oleh pejabat dari Kominfo, Smartfren dan juga pendukung lainnya. Dalam acara ini ada beberapa uji coba yang dilakukan, yaitu memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).

Pejabat Kominfo, Smartfren, ZTE dan Qualcomm
Teknologi 5G nantinya secara penuh dan komplit akan memenuhi kebutuhan masyarakat, dan mendorong keberlangsungan industri dalam negeri di berbagai sektor, baik perekonomian maupun pariwisata.

Pastinya kita sebagai masyarakat juga menunggu ya. Karena pastinya layanan 5G punya lebih banyak manfaatnya dibanding 4G.

"Jangan hanya jadi Smart User saja. Smart tetapi user. Kita harus meningkat partisipasi dalam gelaran layanan 5G".

Jika mengingat perjalanan jaringan telekomunikasi, tentu yang sudah berkecimpung di dunia maya sejak zaman dulu pasti tahu rasanya. Dari zaman 1G, 2G, 3G, 4G hingga saat ini 5G yang semakin cepat dan membahagiakan.

Speedtest 5G trial Smartfren

Hasil 5G Live Test
Saya mengikuti acara ini melalui Zoom, dan di sini diperlihatkan uji coba jaringan 5G live test. Kecepatan downloadnya 1,8Gbps pada berbagai perangkat CPE (Customer Premise Equipment) seperti modem dan MiFi 5G. Meskipun turun pun hanya di 1,7Gbps. Jadi beneran cepet banget.

Pada pengujian 5G kali ini, diujikan skenario menggunakan MiFi dan menghubungkannya dengan headset VR dan AR. Selanjutnya pada headset VR ditayangkan video VR milik Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wonderful Indonesia. 

Video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu. 

Ohya buat yang belum tahu juga nih di medio 2019, Smartfren juga sudah  sukses melakukan pengujian 5G menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat.

Baca Juga : Mencari Harta Karun dengan Smartfren

Dalam pengujian tersebut memperlihatkan kecepatan 5G tembus sampai 8,7 Gbps di perangkat pemakai. Pengujian tersebut diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang dan aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone.

Simplenya kita bisa remote apapun dengan jaringan 5G ini, dengan kecepatan 1,8Gbps kualitas gambar semakin bagus dan tidak buffer. Jujur sebagai pengguna internet dari Smartfren saya turut senang melihat hasil uji coba ini.

Karena semakin majunya teknologi juga dapat mendukung tumbuh dan berekembanganya banyak sektor. Sedangkan untuk penggunaan pribadi dapat lebih efisien dengan kecepatan internetnya.

Sebagai pekerja, sejak masa pandemi kantor saya menerapkan WFH. Harapan saya ke depannya setelah 5G benar-benar launching tidak ada lagi kendala jaringan internet.

Untuk yang belum lihat acara uji coba 5G dari Smartfren bersama Kominfo, seluruh rangkaian acaranya dapat juga dilihat kembali melalui link atau dengan mengunjungi akun YouTube resmi Smartfrenworld.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Crayon Beserta Kekurangan dan Kelebihannya yang Perlu Diketahui

Pengalaman Sakit Pinggang Kecetit dan Pengobatannya

FUS Pada Kucing dan Kematian Pomilo