Cetaphil Baby, Perlindungan Terbaik untuk Kulit Sensitif Bayi

Oktober 30, 2022


Sebuah kebahagiaan yang saya rasakan saat pertama kali mendengar suara tangis bayi di ruang operasi bulan Juni lalu. Saking bahagianya, saya tidak lagi bisa membendung air mata. Skenario Tuhan memang selalu luar biasa, satu bulan setelah miomektomi, Tuhan beri saya dan suami hadiah istimewa. Anak itu bernama Aksara.

Punya anak untuk pertama kalinya, membuat saya harus banyak belajar juga membaca. Seperti menyambut datangnya manusia baru, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satu yang penting adalah produk untuk perawatan kulitnya.

Masih jelas di ingatan saya, tiga hari setelah Aksara lahir, muncul masalah di bagian kulit lehernya yang berwarna merah dan cenderung basah. Pada pipinya juga tedapat bintik kemerahan atau biasa disebut dengan ruam eksim. 

Mungkin sebagian dari kita pernah dengar kalau ruam kemerahan di pipi disebabkan oleh cipratan asi. Nyatanya itu tidak benar ya, hal ini bisa jadi tanda alergi pada bayi. 

Selain itu di bagian perut juga muncul masalah, semacam panu berwarna putih dan kasar. Setelah konsultasi dengan dokter spesialis anak, saya disarankan untuk mengganti sabun mandi Aksara dengan yang memiliki kandungan hipoalergenik (produk yang tidak menimbulkan reaksi alergi).

Bayi apalagi yang baru lahir sangat rentan mengalami masalah kulit karena kulitnya yang masih sensitif. Seperti ruam popok, biang keringat, eksim, kulit kering, cradle cap dan lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan produk perawatan khusus untuk melindunginya.

Setelah berkonsultasi dengan DSA dan bertanya ke beberapa teman, saya menemukan produk :

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo


Ukuran : 230 mL

Tipe kulit : Cocok digunakan semua jenis kulit, utamanya untuk kulit sensitif.

Aksara menggunakan Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampo. Sabun mandi sekaligus shampo ini merupakan produk perawatan kulit khusus untuk merawat kulit bayi supaya tetap sehat dan ternutrisi.

Produk 2 in 1 ini membuat kegiatan mandi menjadi lebih menyenangkan karena sekaligus dapat membersihkan badan, menghaluskan rambut dan kulit kepala bayi secara menyeluruh dari ujunh rambut hingga ujung kaki.

Baby Gentle Wash & Shampoo memiliki formula yang lembut dan teruji secara dermatologis. Produknya hypoallergenic dan juga memiliki pH seimbang.

Kandungan Gliserin dan Panthenol juga membantu menyehatkan tanpa membuat kulit menjadi kering, tidak pedih di mata, tidak mengandung pewarna, paraben, ini tentunya sangat cocok untuk kulit bayi yang sensitif.
[Sumber : https://www.cetaphil.co.id/]
Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo hadir dengan kemasan yang simpel, bernuansa putih dan biru muda. Tutupnya berbentuk flip-top sehingga memudahkan saat membuka dan menutup botol. Bentuk botolnya juga unik bergerigi dibagian samping, membuatnya mudah digenggam dan anti slip.

Tekstur dari sabun 2 in 1 ini tidak terlalu kental, cenderung runny dan warnanya bening. Saat diaplikasikan tidak lengket di kulit dan aromanya segar namun tidak menyenangat, sangat soft di hidung.

Cara pemakaian : tuang secukupnya Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ke tangan, kemudian  usapkan ke seluruh tubuh dan juga rambut. Gosok dengan lembut hingga berbusa, bilas, dan keringkan dengan handuk.

Selama kurang lebih empat bulan ini, saya merasa cocok menggunakan Cetaphil Baby untuk Aksara karena memang cukup banyak kelebihan yang saya temukan dalam produk ini. Ohya, klaim dari produk ini tear free yang artinya tidak membuat mata pedih.
Sejauh ini Aksara memang tidak pernah rewel saat melakukan kegiatan mandi. Karena memang produknya aman dan cocok digunakan. Terdapat logo dermatologically tested pada kemasannya, yang mana produk ini sudah lulus uji.

Kemasan 230 mL bisa habis dalam waktu 1,5 bulan untuk 2 kali mandi setiap harinya. Menurut saya cukup hemat dan worth to buy jika melihat banyaknya kelebihan yang dimiliki produk ini ya.

Nah, untuk membantu memaksimalkan terhempasnya eksim pada perut Aksara yang berbentuk bulatan dan kering, saya juga menggunakan produk :

Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream

Ukuran : 85 g

Tipe kulit : Cocok digunakan semua jenis kulit, utamanya untuk kulit sensitif.

Sama seperti produk Cetaphil Baby yang lain, produknya fokus pada kelembaban dan menutrisi kulit bayi. Dengan calendula organik, shea butter, juga glycerin dapat membantu menenangkan kulit yang sangat kering.

Calendula officinalis atau lebih dikenal dengan marigold merupakan tanaman yang tumbuh di daerah Mediterania, Eropa Selatan. Calendula ini merupakan tumbuhan yang memiliki ragam manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk kesehatan kulit. Selain itu juga bunga dari calendula ini sangat cantik. 

Cream ini juga dapat menghempaskan iritasi dan memberikan perlindungan pada kulit bayi dengan menghidrasinya sampai 8 jam. Selain untuk kulit yang iritasi, Advanced Protection Cream ini juga dapat diaplikasikan pada lipatan tubuh bayi dan bagian tubuh yang rawan kering seperti lutut, siku dan pipi.

Produk ini non-comedogenic sehingga aman digunkana pada area wajah bayi. Kemasannya berbentuk tube dengan tutup flip-top atau bisa juga diulir. Teksturnya runny, mudah meresap dan saat diaplikasikan tidak lengket di kulit.

Selain sabun dan shampo, Aksara juga menggunakan Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream untuk mencegah ruam popok.

Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream


Ukuran : 70 g

Tipe kulit : Cocok digunakan semua jenis kulit, utamanya untuk kulit sensitif

Sejak baru lahir, Aksara selalu menggunakan popok sekali pakai, saat itu banyak terjadi perderbatan mengenai keputusan ini. Namun demi kewarasan bersama, saya dan suami tetap teguh pendirian menggunakan pospak.

Keputusan ini tentunya sudah melalui berbagai pertimbangan ya, saat itu kami memutuskan untuk menggunakan popok sekali pakai karena merasa lebih simpel.

Namun sejak anak usia 3 bulan, kami juga menggunakan clodi sebagai selingan pospak. Meskipun saat itu full menggunakan pospak, syukur alhamdulillah hingga saat ini tidak pernah dan jangan sampai pernah merasakan yang namanya ruam popok.

Diaper cream dari Cetaphil ini cocok untuk semua jenis kulit karena dapat menghidrasi kulit bayi. Dengan ekstrak calendula organik , sunflower seed oil, glycerin dan almond oil dapat membantu menenangkan kulit bayi bahkan kulit yang sangat kering.


Dalam diaper cream ini selain terdapat kandungan ekstrak calendula organik juga terdapat vitamin B5 dan vitamin E, free paraben, tanpa pewarna, hypoallergenic dan tentunya dermatologist tested.

Cara penggunaan : Rutin mengganti popok yang penuh dan oleskan secukupnya di bagian lipatan dan juga pantat bayi. 

Kemasan diaper cream ini berbentuk tube dengan tutup flip-top atau bisa juga diulir. Sehingga mudah dibawa dan cukup travel friendly.

Sejauh ini penggunaan popok untuk Aksara maksimal adalah 4 jam sekali harus ganti, tujuannya untuk menghindari ruam. Selain itu saya juga khawatir jika terlalu lama dala penggunaan, akan menyebabkan infeksi saluran kemih.

Dulu mungkin kita belum tahu ya, bahwa kulit bayi juga sudah boleh untuk dirawat sejak dini. Bahkan memang sudah seharusnya untuk dirawat untuk menghindari alergi dan juga iritasi.


Saya bersyukur karena dapat mengenal produk Cetaphil sejak awal, sehingga permasalahan mengenai kulit pada Aksara dapat teratasi dengan cepat.

Produk-produk Cetaphil ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai e-commerce. 




You Might Also Like

1 comments

  1. Bener banget soal kulit bayi yang sensitif, kadang bisa alergi sama bahan tertentu bahkan sampai timbul ruam dan gatal. Suka kasihan apalagi kulitnya mulus dan masih lembut banget, memang harus pilih-pilih soal perawatan buat kulit si kecil, mantep ini cetaphil baby. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Keep Blogwalking!

ABOUT ME

ABOUT ME
I'm Silviana Noerita. a human write about random things and travel journal. Based in Kediri, ID.

LIKE US ON FACEBOOK