Jumat, Agustus 25, 2017

Berwisata ke Perut Bumi di Taman Jurug Goa Luweng Blitar

  5 comments    
categories: 
Taman Jurug Goa Luweng Blitar
[Pose]
Dulu, Blitar cuma jadi tempat singgah kalau mau mampir ke makam Bung Karno. Blitar gak ada istimewanya, dulu. Gimana enggak, orang disini gak punya wisata apa-apa. Lah terus ngapain kesana, kan. Tapi sekali lagi itu dulu.

Gak ada yang sangka semakin kesini Blitar semakin cantik dan menarik. Blitar yang dulu terkenal gak punya rujukan wisata, lah sekarang kalau datang ke Blitar gak cukup satu atau dua hari. Saking banyaknya wisata yang must visit banget. 

Mulai dari Kampung Coklat, Pantai Tambakrejo, Peh Pulo dan beberapa pantai lainnya, bukit Teletubies, ada kebun teh juga dan kemarin saya baru dengar dari teman kalau di Blitar punya Vihara yang digadang-gadang jadi terbesar se Asia (masih perlu konfirmasi dengan datang kesana) dibangun oleh swadaya jemaat Budhayana sejak tahun 1990 hingga saat ini belum selesai. 

[Baca Juga : Pesona 5 Wisata Pantai di Blitar]

[Harus ngelewatin sungai]
Nah kali ini saya punya kesempatan untuk berkunjung ke Blitar, setelah sekian lama. Gara-gara kena racun dari salah satu postingan travel bahas soal indahnya wisata di Karisidenan Kediri. Gak lama diskusi udah langsung oke deal sama teman. Jadilah hari Minggu kemarin kami pergi ke Blitar melalui rute Wates (bukan kota) dan ternyata lebih cepat.


[Ngelewati BARONGAN]
Awalnya kami punya rencana pergi ke penangkaran rusa tapi rupanya Goa Luweng lebih menarik perhatian kami. Kebetulan temen saya ini udah cukup hapal sama daerah Blitar. Mengingat dulu gebetannya orang Blitar dan dia sering banget ngapel, katanya. Jadi amanlah ya. Tapi saya tetep atur Maps buat jaga-jaga.

Dari Blitar kota kami atur posisi menuju Monumen Trisula, karena Prodo dekat dengan monumen ini. Saat menemukan banner Goa Jurug, kami mulai mengikuti satu-satunya jalur yang ada menuju Dusun Prodo. Jalannya masih mac adam if you know what i mean dan cukup bikin rambut rontok pas kita lagi lewat. hehe.
 
Pas udah masuk Dusun Prodo, kami cukup kesulitan menemukan posisi pasti dari Goa Luweng ini. Akhirnya diputuskan untuk bertanya pada warga sekitar, gak taunya udah kebablasan jauh. Soalnya memang gak ada papan petunjuk untuk masuk menuju Goa Luweng.

Secara administratif Goa Luweng ini terletak di Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Bakung, Blitar. Segaris dengan pantai-pantai seperti Tambakrejo dan juga beberapa pantai lainnya.



Beberapa kali kami bertanya pada warga sekitar, sampai menemukan penjelasan yang bikin kami puas. Haha. Ketika sudah sampai ke patokan lokasi parkir Goa, kami membayar Rp. 5.000 saja. Kebetulan memang wisata ini masih dikelola oleh warga sekitar, buktinya yang jaga dan kutip parkir anak-anak kecil.

Jalan menuju Goa juga masih jalan setapak, kiri sawah dan kanan sungai. Trekingnya gak jauh kok cuma sekitar 300 meter aja dari lokasi parkir. Kalau boleh nyanyi, cara untuk sampai di lokasi Taman Jurug ini adalah lewati sawah sebrangi sungai.

[Baca Juga : Jalan- Jalan Blitar]

Saat sampai, saya sempat kecewa.




"Ini begini doang goanya nih?", lalu lemes sejenak.

Gak taunya makin deket makin keliatan kalau di dalam goa itu cantik. Hahaha. Itulah ya jadi orang jangan suka ngejudge dan jadi orang yang gak asyik.
[Gak jadi kecewa]
Lalu, mari ambil foto-foto sampai puas. Hahahaha.

Kami cukup lama berada di Goa Luweng ini, apalagi suasananya yang sejuk bikin kami makin betah. Saya gak ngerti gimana sejarahnya Goa Luweng soalnya memang gak ada guide yang nemenin.
[Pas duduk dibatu-batu, pantat saya sempet disundul sama dia]
Jujur saya sempat was-was banget mau masuk ke Goa, takut ada ular atau hewan lain yang berbisa. Apalagi sempat muncul pikiran soal hal mistis. Saya juga sempat memastikan ke teman, apakah ini aman. Dia meyakinkan saya kalau aman-aman saja, pokoknya bismillah.
[Pemandangan lain]
Saat menelusuri jalur goa saya dan teman mengambil jalur yang berbeda, saya lewat atas dan dia lewat bawah. Jalannya cukup licin jadi not recomended buat yang belum dewasa. Sayangnya aliran sungai disini tidak cukup deras, padahal katanya akan lebih bagus kalau air melimpah. Tapi buat saya begini saja juga cukup bagus.

Terimakasih untuk perjalananya, selanjutnya traveling kemana lagi?

Cara menuju Goa Luweng: 
Start darimana saja, atur GPS menuju Monumen Trisula atau langsung pilih Taman Jurug Goa Luweng. Setelah masuk jalan dusun sekitar 2 km lihat kiri ada pos ronda, itulah tempat parkirnya. 
[Jalan masuk menuju Dusun Prodo - Goa Luweng]
[Nah ini pos yang jadi tempat parkir]
TAMAN JURUG GOA LUWENG

5 komentar:

  1. wahhhh keren ada paket tour kesini gak ya. ajak dong

    BalasHapus
  2. keren dan masih alami guanya ya..Sayang aksesnya masih sulit.
    Btw, TFS Mbak..kebetulan saya pulkamnya ke Kediri, lain kali bisa dikunjungi Goa Luweng ini..:)

    BalasHapus
  3. hmm jadi inget masih punya utang buat mampir di blitar. betul beberapa tahun yg alu, blitar cuma dikelan dengan makam bung karno, tapi seiring dengan jaman media sosial seperti sekarang, banyak bermnculan tempat-tempat wisata alam baru kok.

    BalasHapus
  4. Duh Blitar... Jadi kangen masa-masa itu 😁😁 Masa-masa kuliah, dan sering ngabisin weekend naik kereta dari Surabaya ke Blitar.

    BalasHapus
  5. keren ya goanya- masih sepi lagi bisa bebsa mau explore

    BalasHapus

Keep Blogwalking!