Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Penderita Diabetes

Januari 05, 2018

Beras merupakan bahan makanan pokok masyarakat yang tinggal di kawasan Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia. Bahkan sampai ada yang bilang, belum makan kalau belum ada sumber karbohidrat satu ini yang masuk ke perut.

Itulah mengapa banyak diantara petani di Indonesia yang memilih menanam padi dibandingkan dengan bahan pangan yang lainnya. Hal ini dikarenakan beras sudah pasti lebih laku ketika dijual meskipun harganya tak menentu.

Jenis beras yang banyak dijual di pasaran sendiri juga sangat banyak, diantaranya adalah beras putih, beras merah, beras coklat, bahkan beras hitampun juga ada.

Mayoritas masyarakat Indonesia memang mengonsumsi beras putih, selain rasanya yang enak harganya juga terbilang paling murah dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Lalu bagaimana dengan kandungan gizinya sendiri?.

Sebenarnya beras yang satu ini memang  kandungan senyawanya kalah jika dibandingkan dengan beras yang lainnya, kandungan karbohidratnya yang sederhana dan mudah dicerna oleh tubuh, membuat orang yang mengonsumsi beras putih menjadi cepat lapar.

Karena itulah bagi beberapa orang yang tengah menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan ataupun diet diabetes, kurang dianjurkan mengonsumsi beras putih.

Beras Merah Organik
Maka banyak orang yang kemudian beralih mengkonsumsi beras merah. Beras dengan warna merah ini termasuk salah satu jenis beras organik yang kaya akan berbagai macam manfaat, diantaranya adalah:

Membantu menurunkan berat badan, kandungan karbohidrat yang ada dalam jenis beras ini adalah karbohidrat kompleks, sehingga berbeda dengan karbohidrat sederhana yang hanya membutuhkan sekali pencernaan sehingga menyebabkan rasa lapar lebih cepat.

Berbeda dengan jenis beras merah ini, proses pencernaanya membutuhkan waktu berkali-kali sehingga yang mengonsumsi beras merah akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini bagus bagi mereka yang tengah menjalani program diet.

Membantu menurunkan kandungan gula dalam tubuh, glukosa adalah musuh utama bagi penderita diabetes, karena dengan gula atau glukosa yang tinggi maka dapat memicu berbagai jenis masalah kesehatan atau komplikasi dengan organ tubuh yang lainnya.

Lalu bagaimana memenuhi kebutuhan pokok tubuh sehari- hari? Jenis makanan pokok apa yang aman dikonsumsi?. Nah, untuk masalah ini, jika dibandingkan dengan beras putih, beras merah jauh lebih dianjurkan untuk penderita diabetes, karena dengan efektif dapat menurunkan gula darah, namun tetap harus mengonsumsi sesuai dengan jumlah sewajarnya.

Membantu melancarkan pencernaan, selain karbohidrat, kandungan lain yang jumlahnya juga cukup tinggi dalam beras merah adalah serat, serat ini adalah senyawa yang fungsinya sangat bagus, khususnya adalah di dalam melancarkan pencernaan.

Mengontrol kolesterol dalam darah, kolesterol adalah senyawa lemak yang keberadaannya di dalam darah turut mempengaruhi kinerja jantung, ketika kandungan kolesterol jahat lebih tinggi dibandingkan dengan kolesterol baik, maka dapat menjadi  pemicu terjadinya masalah kesehatan seperti halnya penyakit jantung. Beras merah ini secara aktif dapat mengontrol dan mengimbangi kolesterol jahat dalam aliran darah.

Sumber antioksidan yang tinggi, sebagai salah satu produk yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari pengaruh buruk lingkungan. Beras merah ini juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin dan juga mineral, fungsinya membantu menangkal radikal bebas atau senyawa racun yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Nah, bagaimana cara mengolah beras merah ini? Tak ada bedanya seperti beras yang lainnya. Hanya saja yang membedakan beras merah dengan beras yang lain adalah rasanya yang tak kalah enak dan yang pasti kandungan gizinya sangat tinggi. Soal harga, di pasaran beras ini memang relatif sedikit lebih mahal. Namun pastinya sesuai dengan manfaat yang didapatkan.

You Might Also Like

0 comments

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB