Wajib Tahu, Ini Dia yang Dimaksud dengan Perut Kembung

Oktober 30, 2018

Perut yang sering kembung merupakan kondisi dimana perut terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Gelaja penyakit ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Selain menganggu kegiatan, juga dapat menimbulkan penyakit- penyakit lainnya. 

Ketahui Apa yang Dimaksud dengan Perut Kembung
Perut kembung adalah salah satu gangguan pencernaan yang menyebabkan penderita merasa tidak nyaman. Ketika perut kembung, perut akan terasa penuh, kencang, dan bergas. Selain itu, perut juga akan terlihat membesar. Umumnya, keluhan ini terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak. 

Perut kembung terjadi ketika terdapat gas berlebih pada saluran pencernaan, yaitu lambung dan usus. Gas (flatus) dihasilkan oleh lambung dan usus akibat proses pencernaan makanan menjadi energi. Secara normal orang akan membuang gas limbah yang dihasilkan melalui kentut. Patokan normal membuang gas (kentut) dalam sehari, yaitu antara 6 sampai dengan 20 kali. 

Perut Kembung Bawah Mengakibatkan Banyak Kentut
Ternyata, perut kembung bisa terjadi di bagian atas dan bawah, perbedaaanya seperti berikut ini. Jika kelebihan gas pada lambung atau usus berada di bagian atas, akan mengakibatkan perut kembung, terasa begah, dan sendawa yang berlebihan.

Kemudian, Jika kelebihan gas terjadi pada bagian usus yang lebih rendah dapat mengakibatkan perut kembung dan meningkatkan frekuensi kentut. Selain itu, kelebihan gas pada salah satu lokasi usus dapat menyebabkan kram atau sakit perut, melilit, dan seringkali tanpa pola yang jelas. 

Menelan Udara Mengakibatkan Perut Kembung
Prinsipnya, ketika kita menelan udara, apabila tidak bersendawa, udara akan melewati saluran pencernaan dan dilepaskan melalui anus (kentut).

Hal itu akan berbeda ketika jumlah udara yang ditelan terlalu berlebihan. Kelebihan udara yang melewati saluran pencernaan akan mengakibatkan perut kembung, bisa juga akan cegukan. 

Terjadinya perut kembung bagian atas, biasanya akibat dari gas yang masuk bersamaan dengan menelan makanan, minum, atau mengunyah permen karet.

Makanan yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung, jika dikonsumsi berlebihan di antaranya, produk susu yang mengandung luktosa, sayuran seperti brokoli, kol, taoge, mentimun, kacang polong, lobak, dan lain-lain, minuman berkarbonasi, minuman buah, bir, dan anggur merah.

Nah, selain makanan yang telah disebutkan, makanan kegemaran umat, yaitu gorengan, juga dapat mengakibatkan gas berlebihan. 

Baca Juga : Cara mudah mengatasi perut kembung 

Penyebab Perut Kembung yang Serius
Selain menelan udara terlalu banyak, yang biasanya diakibatkan dari hasil aktivitas tubuh. Kali ini ada beberapa penyebab perut kembung yang penting untuk diwaspadai. Pertama adalah sembelit, atau disebut juga konstipasi.

Penyebab lainnya adalah pertumbuhan bakteri yang telalu cepat di usus kecil. Lalu, bisa juga karena naik turunnya hormon, khususnya pada wanita yang sedang mengalami premenstrual syndrome. Terakhir, adanya kondisi medis tertentu seperti giardiasis (parasit usus).

Segera ke Dokter Jika Perut Kembung Tak Kunjung Usai
Jalan terbaik untuk mengatasi perut kembung yang dirasa sangat mengganggu dan bertahan lama, sebelum menjadi lebih buruk, adalah menemui dokter.

Dokter akan melakukan beberapa cara untuk mendiagnosis penyebab perut kembung yang kamu alami. Hal-hal yang dilakukan dokter antara lain, mengevaluasi catatan medis, menilai pola makan, dan melakukan pemeriksaan fisik.

Langkah awal memeriksa perut kembung adalah mengetuk bagian perut. Jika bunyinya lebih nyaring, umumnya merupakan tanda adanya gas pada rongga perut. Pemeriksaan lanjutan akan dilakukan bila dinilai perlu untuk menyingkirkan kondisi medis lainnya. 

Jadi, sudah tau bukan apa yang dimaksud dengan perut kembung? Kenali tandanya dan obati segera. Yuk, lebih peka dengan keadaan diri sendiri!

You Might Also Like

1 comments

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB