Minggu, Desember 09, 2018

Cara Paling Mudah Bikin Domain .com

Pertanyaan dengan judul di atas sebenernya udah sering banget saya terima, tapi baru kali ini punya kesempatan buat menuliskanya.

Dulu waktu masih kuliah dan cukup sering diminta untuk ngisi kelas TIK di SMA oleh almarhum guru TI, dan kok pas banget kurikulumnya tentang blogging. Banyak dari adik- adik angkatan yang tertarik untuk bikin blog, apalagi saat itu setiap siswa wajib ain' punya blog. 

Gimana gak mau wajib, orang penilaian TIK selama satu semester itu tugas-tugasnya harus ditulis di blog masing- masing. Jadi guru cuma menerima laporan via url aja. Haha.

Agak sedikit pemaksaan sih yaa. Tapi bagus kan, jadi paperless. Sebenernya konten seperti ini udah banyak banget sih yang membahas, cuma yang membedakan antara satu dengan yang lain adalah dari segi bahasanya aja. Jadi boleh dong saya ikut membahasnya juga dari kacamata pribadi saya.

Ah iya, saya tuh ngeblog sejak 2008, tapi baru ganti ke domain .com sekitar tahun 2012. Alasannya sih simpel yah, karena di tahun 2008-2011 saya kan masih anak sekolah. Jadi, duitnya masih cekak. Sekarang ya mendingan lah. HAHAHA. 

Oke deh, yuk kita bahas soal gimana sih caranya bikin blog modal klik klik aja dan bikin blogmu punya nama yang simpel dan pendek. 

Pertama, kamu boleh pilih mau bikin di blogspot atau wordpress. Kalau saya sejak awal memang di blogspot, karena saya merasa lebih mudah untuk saya manage blog ini.
[Tampilan Blogspot]
[Tampilan Wordpress]
Caranya super simpel. Ketik aja di address bar www.blogger.com atau www.wordpress.com, lalu klik daftar. Isi sana sini, klak klik sana sini and voila dalam hitungan menit, kamu sudah punya blog. So easy!.

Nah, ketika kamu sudah punya blog dan pengen mem-per-pendek nama blog kamu, supaya lebih kece dan easy listening ketika temen-temenmu tanya alamat blog yang kamu punya, kamu cukup berkenalan dengan domain. 

Hmm.. Apasih domain itu? Simpelnya, Domain adalah alamat unik pada sebuah website. Contohnya nih, dulu blog ini namanya silvianapple.blogspot.com, lalu sekarang berganti menjadi silviananoerita.com

Domain sendiri ada banyak pilihannya, bisa .com; .net; .org; .info dan masih banyak lagi. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu ya. 

Buat yang kepentingannya biasa- biasa aja, seperti saya misalnya. Lebih baik pilih yang .com karena selain familiar harganya juga murah dan paling murah diantara yang lainnya. 

Cara berkenalan dengan domain atau membuat blog kamu menjadi TLD (Top Level Domain), kamu harus menentukan nama apa yang ingin kamu pakai untuk blog kamu. 

Lalu, masuk aja ke  https://www.domainesia.com, kebetulan banget saya lagi mau daftarin blog adik. Jadi namanya rezaldy. Jadi pilih yang .com saja.

Bisa pilih yang domain saja atau pilih paket hemat. Sebetulnya enak yang paket hemat karena all in dengan hostingnya juga.

Jika sudah sign in dengan akun yang kamu punya, pilih selesaikan pembayaran maka selanjutnya akan ada invoice yang ditagihkan ke kamu. Setelah kamu memproses pembayaran dan melakukan konfirmasi maka permintaanmu untuk nama domain akan segera diproses oleh pihak Domainesia. 

Nah, kalau udah makin pro ngeblognya dan jumlah pengunjung kamu sudah banyak banget, bahkan kalau bisa jumlahnya melebihi gaji bulananmu, kamu bisa pesen VPS atau Virtual Private Server. Nah asiknya di Domainesia ini juga jual VPS murah, buat kamu yang udah pro banget.

Buat yang belum tau, kelebihan dari beli domain dan segala hal yang berhubungan dengan blog kamu di Domainesia adalah kamuu bisa bebas pilih lokasi server, gak cuma di Indonesia aja, bisa di Jepang (JP) , Dallas (US), dan Singapura (SG). Harganyapun juga sama.

Selain itu Domainesia juga punya garansi 99,9% uptime, jadi pihak Domainesia memberikan garansi maksimal buat kita para pelanggan setianya. Kelebihan lainnya dari penyedia layanan ini adalah mereka punya fasilitas cloud backup dan data restore, jadi ketika kamu melakukan kesalahan dalam konfigurasi apapun, Domainesia menjamin data kamu tidak akan hilang.

Proteksinyapun ekstra dan kalau dalam 10 hari penggunaan kamu sebagai customer tidak puas, Domainesia menggaransi uang kembali. Selain itu juga masih banyak kelebihan dari Domainesia ini. 

Gimana? Tertarik buat beli domain hosting dan migrasi ke Domainesia? Support system mereka siap membantu dengan senang hati.


0 komentar:

Posting Komentar

Keep Blogwalking!