Minggu, Desember 23, 2018

Tiga Alasan untuk Tidak Tergesa Membeli Motor Baru Secara Kredit

  No comments    
categories: 
Buat kita anak fresh graduate yang sudah bekerja dan bisa memiliki motor baru adalah hal yang menyenangkan dan patut disyukuri. Dikarenakan tidak semua orang mampu melakukannya meskipun sebenarnya butuh. Padahal, kalau pengen punya motor terbaru di negeri ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit.

Asalkan bisa melengkapi berkas administrasi yang dibutuhkan,
kita sudah bisa langsung membawa pulang sepeda motor yang kita idamkan.

Hanya saja, kemudahan tersebut kadang dan seringnya menimbulkan masalah. Sebagian orang yang merasa dirinya mampu, kemudian bermudah-mudah dalam melakukan kredit. 

Salah satunya adalah dengan mengambil kredit sepeda motor baru, tanpa pertimbangan yang matang. Hal ini sering terjadi karena seseorang tergoda dengan promosi media yang dilakukan oleh pabrikan motor.

Padahal, mengambil keputusan secara buru-buru adalah hal yang bukan tanpa risiko. Tidak sedikit orang yang menyesal di kemudian hari karena tergesa-gesa dalam membeli motor baru dengan cara kredit. Diantaranya adalah;

Upgrade Tipe Kendaraan

Bukan rahasia lagi kalau negera berkembang seperti Indonesia ini merupakan salah satu “surganya” sepeda motor. Hampir setiap tahun selalu ada keluaran varian motor terbaru. Meskipun terkadang tidak sepenuhnya baru, hanya dalam waktu satu atau dua tahun, satu tipe sepeda motor bisa mengalami lebih dari satu kali upgrade baik itu minor uprgade atau major upgrade.

Padahal masyarakat yang melakukan kredit motor, mayoritas mengambil kredit paling tidak tenornya selama tiga tahun. Kredit selama tiga tahun ini umumnya memiliki nilai angsuran yang aman karena nominalnya tidak terlalu besar dan waktunya tidak terlalu lama.

Namun yang seperti ini bukannya tanpa risiko. Dengan waktu upgrade yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan waktu penyelesaian angsuran, terkadang menimbulkan penyesalan bagi sebagian orang. Belum beres angsuran eh udah muncul aja yang baru.

Sebagian penyesalan ini muncul karena ada kalanya upgrade yang dikeluarkan tersebut menambahkan fitur yang sebenarnya dibutuhkan.

Sedangkan pada versi kendaraan yang masih dicicil ini, fitur tersebut belum ada. Atau pada versi upgrade yang terbaru, beberapa keluhan yang sering disampaikan oleh pengguna sudah berhasil diatasi. Sehingga pengguna yang masih mencicil kredit
harus bertahan dengan keluhan yang harus diatasi sendiri. Hehe.

Banyak Rilis

Upgrade pada tipe sepeda motor umumnya dilakukan dengan mengubah desain pada bodi atau memperbaiki sedikit bagian pada spare part dan mesin. Hal ini secara umum tidak menjadikan kendaraan tersebut benar-benar baru. Hanya sekadar menjawab
keluhan dari pengguna atau memberikan tambahan yang diinginkan dari berbagai masukan yang ada.

Di antara hal yang bisa memberikan penyesalan lebih besar bagi
orang yang sedang mencicil motor adalah keluarnya motor terbaru yang lebih menggoda. Hal ini sering terjadi karena persaingan antar pabrikan motor memang cukup ketat.

Untuk kelas skuter matic misalnya, sebuah pabrikan bisa mengeluarkan lebih dari dua lini produk agar bisa memenangkan persaingan di pasar. Bandingkan dengan kelas motor sport yang sering kali hanya memiliki satu lini produk unggulan untuk sebuah kategori.

Motor-motor baru yang dikeluarkan oleh pabrikan saling berusaha untuk memberikan inovasi baik dari sisi kenyamanan, fitur maupun performa. Di satu sisi persaingan ini memberikan banyak pilihan bagi pengguna.

Namun di sisi lain, munculnya produk-produk baru tidak jarang
menimbulkan penyesalan bagi yang sedang mencicil motor namun sudah tergoda dengan motor baru yang lain.

Kredit Macet

Bisa jadi ini adalah penyesalan terbesar dari seseorang yang memutuskan untuk mencicil motor. Kredit macet memang bisa terjadi karena banyak hal, baik dari internal maupun eksternal seseorang. Namun salah satu penyebab yang sering menjadikan kredit tidak lancar adalah karena memaksakan kemampuan. 

Banyak orang berani mengambil kredit motor terbaru karena memiliki gaji bulanan yang membuatnya merasa aman. Padahal bisa jadi seseorang mengalami pengeluaran yang tidak terduga dalam hidupnya.

Pada saat kondisi sulit seperti itu, seseorang akan dihadapkan pada beberapa pilihan. Apakah tetap melanjutkan kredit ataukah mengalihkan kredit pada orang lain, atau bahkan malah sengaja menghentikan kredit dengan risiko motor disita.

Kredit macet juga banyak terjadi karena menuruti keinginan yang sebenarnya tidak urgentSehingga ketika muncul keperluan yang lebih mendesak, barulah penyesalan tersebut terasa karena sudah menghabiskan biaya untuk keperluan yang sebenarnya bisa ditunda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko penyesalan di kemudian hari akibat mengambil kredit motor. Salah satunya adalah berusaha menahan diri agar tidak mudah tergoda untuk memiliki motor-motor keluaran baru.

Membeli motor bekas dari tipe motor baru pun sebenarnya juga bukan pilihan yang buruk, selama bisa memilih dengan baik. Salah satu tempat terbaik untuk memilih motor terbaru dan motor bekas berkualitas adalah di Bukalapak. Di Bukalapak ada banyak
pilihan motor, helm motor, aksesoris dan spare part yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.
[Bukalapak]
Kita juga bisa mengambil pilihan kredit untuk banyak produk otomotif yang tersedia di sana. Manfaatkan segala kelebihan ini dengan mengunjungi Bukalapak sekarang juga.

0 komentar:

Posting Komentar

Keep Blogwalking!