Selasa, Juli 16, 2019

Wajib Tahu Kriteria KTA yang Aman dan Terpercaya

  1 comment    
categories: 
Sejak mulai kerja tetap sebagai anak kantoran 2 tahun kebelakang ini, saya sebagai gen Z yang lahir di tahun 90’s, mulai mikir soal kesejahteraan masa depan. Tiap kali gajian selalu berusaha untuk menyisihkan 30% untuk simpanan dana darurat. Soalnya saya juga gak bisa memastikan selamanya akan ada di posisi aman seperti sekarang, dalam finansial. Betul saja, dalam setahun belakang ini, ada cukup banyak pengeluaran tak terduga yang harus saya hadapi. Bahkan saya juga memberanikan diri untuk berkenalan dengan pinjaman KTA.

Hal ini dikarenakan ada beberapa kebutuhan yang sangat mendesak dan tidak bisa dinomor duakan. Selain itu, baru- baru ini keluarga kami melakukan pembelian dengan nominal yang cukup besar.

Intinya tahun- tahun ini merupakan tahun yang cukup menguras tabungan. Pertama kali saya melakukan pinjaman KTA dengan nominal yang kecil, untuk menutup biaya tak terduga.

Hal ini saya lakukan, karena saya pribadi tidak ingin merepotkan keluarga atau teman. Namun tidak lama setelah itu, secepatnya bahkan sebelum jatuh tempo atau term of payment terjadi, saya sudah menutup pembayaran secara penuh.

Saat itu saya memilih pinjaman KTA sebagai solusi karena Kredit Tanpa Agunan ini masuk dalam kategori kredit konsumtif. Selain prosesnya cepat jika memenuhi syarat dan mudah, saya juga tidak perlu menjaminkan aset yang saya miliki. Apalagi pinjamannya juga dalam skala kecil.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman KTA, saya melakukan banyak riset mengenai salah satu inklusi keuangan ini. Apalagi sekarang juga sudah mudah sekali kalau pengen tahu dan membandingkan pinjaman KTA dengan bunga yang kecil secara online.

Cukup dengan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, kita bisa mengajukan aplikasi pinjaman. Banyak produk pinjaman KTA yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun yang perlu dipahami, tidak semua aman dan terpercaya. Itulah kenapa kita harus selektif saat memilih dan memutuskan. Supaya tidak terjadi bad debt saat menggunakan layanan keuangan ini.

Selain itu, ada beberapa kriteria yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman KTA. Nah, CekAja.com bisa jadi solusi untuk membandingkan produk pinjaman KTA yang aman dan terpercaya.
[sumber : cekaja.com]

Apa saja sih kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya?


Lembaga pinjaman terdaftar Otoritas Jasa Keuangan, ini kriteria mutlak yang harus dimiliki oleh penyedia pinjaman yang terpercaya. Lembaga keuangan yang terdaftar di OJK artinya sudah melewati berbagai tahapan uji kelayakan untuk dapat mengantongi izin dari OJK sebelum beroperasi. Nah dengan adanya OJK ini, kita sebagai konsumen juga dapat perlindungan jika terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.

Memiliki email dan situs resmi, lembaga penyedia jasa pinjaman juga harus memiliki email yang jelas perusahaan dan bukan gratisan seperti gmail ataupun yahoo. Sedangkan untuk situsnya, setidaknya diawali dengan "https" yang artinya menggunakan protokol socket secure layer (SSL) yang menyediakan proses enkripsi pada pertukaran data untuk mencegah terjadinya pencurian dan penyadapan data pengguna.

Transparan, penyedia jasa pinjaman KTA yang aman dan terpercaya pasti akan selalu transparan dalam menawarkan produknya. Mulai dari mekanismenya, terms of paymentnya, simulasi cicilan dan bunga. Sehingga debitur tidak akan merasa dirugikan karena sudah mengetahui segala resiko transaksinya.

Bunga yang diterapkan wajar, sebagai lembaga yang aman dan terpercaya, sudah tentu akan menerapkan bunga yang wajar. Sebagai acuan untuk melakukan pinjaman, kita bisa membandingkan bunga di pinjaman online dan bunga bank.

Nah, kalau udah tahu kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya. Sekarang kita juga wajib tahu nih, apa saja sih syaratnya untuk mengajukan KTA supaya bisa diapprove.

Soalnya tidak semua debitur akan diapprove begitu saja oleh penyedia pinjaman KTA, karena lembaga yang menyediakan pinjaman pasti akan melihat history kita.

Ini dia syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengajukan KTA; Fotokopi identitas seperti KTP, kartu keluarga dan surat nikah (jika sudah berkeluarga),
Fotokopi NPWP pribadi/ SPT PPh 21,
Cetak rekening tabungan selama 3 bulan terakhir,
Slip gaji untuk karyawan atau profesional Taguhan Kartu Kredit (jika memiliki),
Salinan SIUP, TDP, NPWP Perusahaan (untuk wiraswasta) dan dokumen lain untuk profesional lain,
dan yang paling penting materai.

Kalau sudah tahu apa saja syaratnya, kita juga wajib tahu tentang suku bunganya, KTA sendiri biasanya ada di suku bunga 10- 23% dan juga dibagi menjadi dua, yaitu fixed rate, suku bunga tetap dan tidak akan berubah dan floating rate, suku bunga mengambang sehingga akan berubah- ubah.

Pinjaman KTA sebetulnya sangat membantu jika dipergunakan dengan sewajarnya dan sebenar- benarnya. Selain itu kita juga harus komitmen dalam pembayaran, supaya tidak terjerat dalam bad debt. Kalau mau tahu lebih cek di sini, ya https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan.

1 komentar:

  1. Segala bentuk pinjaman itu sebenarnya sangat membantu pada situasi tertentu asal dipergunakan dengan benar dan penuh tanggung jawab. Tips KTA-nya akan sangat membantu bagi yang butuh dana mendesak :D

    BalasHapus

Keep Blogwalking!