Pesona Puncak B29, Negeri di Atas Awan Lumajang

Oktober 20, 2019

[Momen pertama saat sampai di B29]
Rasanya sudah cukup lama ya, tidak cerita soal jalan- jalan lagi. Sebetulnya dalam beberapa bulan ini saya juga selalu menyempatkan diri untuk pergi ke suatu tempat di Jawa Timur. Hanya saja belum sempat terus untuk membaginya.

Bulan Agustus yang lalu, bertepatan dengan tanggal lahir, saya mencoba untuk ambil cuti, istilahnya birthday leave. Sekalian ambil cuti tahunan yang memang masih belum bekurang sama sekali.

Rencananya mau pergi ke Banyuwangi, tapi sayangnya jadwal kereta yang akan membawa saya kesana belum pas waktunya. Akhirnya saya mengalihkan rencana ke Lumajang, B29.

Perjalanan ke B29 ini cukup panjang tapi juga sangat singkat. Jadi sebetulnya saya mau pergi hari Sabtu, tanggal 10 Agustus. Namun bertepatan dengan acara kirim doa yang diadakan selama 3 hari di rumah. Apalagi di tanggal 11 Agustus kan juga acara Idul Adha. Jadilah saya baru bisa pergi di tanggal 12 Agustus dan pulang di tanggal 13 Agustus.

Senin pagi, saya berangakat ke Malang dengan menggunakan bus Bagong. Sudah lama banget gak naik bus trayek ini, sekalinya naik gak dapat duduk dari Kediri sampai Malang dong ya. Haha. Bahkan dunia tidak memberi saya kesitimewaan di hari saya bertambah usia. Ngarep.

Begitu sampai di Malang, saya berjumpa dengan Ical dan langsung cus ke Lumajang via jalur Dampit. Ini kelirunya sih, harusnya ambil jalur pantura saja (kota) supaya lebih cepat sampainya.

Pilihan untuk lewat Dampit atau Malang Selatan ternyata tidak cukup oke untuk melakukan perjalanan ke Lumajang, soalnya jalurnya masih banyak dilakukan perbaikan. Intinya lama banget deh dari Malang ke Lumajang, lebih dari 4 jam rasanya.

Ohya, B29 ini lokasinya ada di Senduro, Sukapura. Waktu paling oke untuk menikmati B29 dan B30 tentunya saat matahari terbit. Jadi kemarin kami naik sekitar pukul 04.00 dan parkir di pemberhentian terakhir kendaraan dan dilanjut dengan naik ojek.

Kami dikenakan tarif 50K (kalau ga salah ingat) untuk 2 orang dengan 2 motor. Ohya tarif ini untuk satu kali jalan ya. Bisa sih kalau mau PP, tergantung kesepakatan dengan bapak ojeknya saja.

Jalurnya memang ekstrem meskipun sudah dipaving. Jadi buat yang pengen ke B29 lebih baik menggunakan jasa ojek saja untuk keamanan dan kenyamanan. Serahkan saja pada yang sudah pro.

Ohya, tarif sekian itu saya diturunkan di B29 ya, karena untuk melihat sunrise kita masih harus naik lagi ke B30. Tapi kita bisa treking kok untuk ke B30nya. Jalurnya pun tidak terlalu menanjak. Mungkin sekitar 15-20 menitan untuk sampai ke B30.

Alhamdulillah saat itu cuacanya bagus sekali, tidak mendung, namun angin yang berhembus cukup kencang. Posisi d atas puncak ini pasir ya, jadi pastinya berdebu banget.

Tapi B30 bener- bener super indah. Worth it dengan perjalanan yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke tempat ini. Sayangnya waktu itu kemera digital kesayangan saya tidak dapat digunakan karena mati total setelah jatuh di aspal kala jalan - jalan di Budug Asu.

Baca Juga : Menjelajah Budug Asu di Lawang

Jadi foto- foto perjalanan ini semua diambil dengan menggunakan kamera HP Realme dan pocket Sony.

Sekali seumur hidup, jika punya kesempatan, datanglah ke B29. Sungguh indah.

Sekitar pukul 08.00 kami memutuskan untuk turun dan pulang. Lagi- lagi kami memilih untuk jalan kaki menuju tempat parkir terakhir.

Bayangan saya mungkin akan memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan, ternyata hanya 30 menit saja kami sudah sampai. Tidak terlalu jauh juga ternyata, kan ya.

Lelah tapi sunggu berkesan, terima kasih semesta, sudah memberi saya kesempatan untuk melihat keindahan B29 dan B30 di pertambahan usia.

Semoga masih punya banyak waktu untuk melihat keindahan lainnya.

You Might Also Like

32 comments

1. Wah, kebayang indahnya puncak B29 & B30 dari ketinggian. Menurut saya, ini indah. Semoga indah untuk seterusnya.
    Ijin share juga kak Cilpi, versi tulisan yg berbeda:

BalasHapus
  2. B29 keinget banget planning aku bareng temen2 kantor dr jaman kami masih pada single, sampe beranak-pinak belum kesampaian wkwkwk...
    Karena di Senduro kebetulan ada rumah ortu teman kantor, jadi enak bisa nginep semalam di situ untuk istirahat.

Makin cantik ya infrastrukturnya juga, karena dulu jalan naik ke atas itu katanya masih makadam

BalasHapus
  3. Subhanallah sungguh indah sekali pemandangannya Mbak, jadi ingin kesana juga hehhe.

4. Jadinya berdiri dong Mbak dari Kediri sampai Malang selama di bus heheh.

5. Saya jadi semakin tidak sabar ingin segera liburan kesana juga Mbak heheh.

BalasHapus
  6. Pemandangannya hijau banget Mbak, bikin mata menjadi sejuk saat melihatnya heheh.

7. Pulangnya Jalan kaki Tidak apa-apa sekalian olahraga juga ya Mbak heheh.

8. Jadi ingin kesana juga nih aku Mbak, takutnya nyesel kalau gak main kesana hehe.

BalasHapus
  9. Tempat ini salah satu alternatif untuk memotret lanskap yang indah. Keren-keren fotonya

10. waah ternyata bagus ya viewnya dari puncak B29 ini.
    Aku belum pernaaaah :')

11. MAJESTIC!
    Indaaahhhh banget pemandangannya yaaa
    aku blum pernah ke sini, euy
    bismillah, moga2 thn depan bisaaa!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  12. Kalau turun atau pulangnya, emang biasanya akan terasa lebih cepat. Beda dengan waktu berangkat deh.

Duh pemandangan yang bikin kaki saya ingin melangkah ke sana

13. Pemandangan disana cantik banget mba, apalagi pas matahari terbit cantik banget. Andai dekat dari sini

BalasHapus
  14. Jenapa motor matic dilarang naik? Jalur menuju tempat yang tinggi seperti itu sudah memanakan mata karena panoramanya indah luar biasaa. Saya saha suka dengan foto-otonya.
    Selamat ulang tahun, ya, Mbak. Panjang umyr dan semoga impian Mbak tebntang sesuatu yang terpendam bisa diwujudkan .

15. B29 kaya nama detergent ya, hahaha

Tapi mau juga deh lihat keindahan kaya gitu. Aku beberapa kali ke gunung itu gagal lihat awal yang kece kaya gitu. Duh Indahnya ciptaan Tuhan

BalasHapus
  16. Aku pecinta ketinggian dan udah lama ga naik-naik... liat beginian serasa bergejolak lagi hatiku, hhuu

17. Maa syaa Allaah pemandangannya indah sekali Mbak. Mupeng saya liatnya. Berasa pengen jalan-jalan ke sana juga deh

Btw biar foto-foto di atas cuma diambil pake kamera hape tapi hasilnya tetap bagus kok. Kelihatan jernih gitu :)

BalasHapus
  18. Aw...cakep bangeeet foto2nya.. Ku paling suka yg ada ilalang dan juga yg banyak awan itu. Keren banget!

19. Waduh itu indah banget sih sunrise-nya udah kayak beneran Negeri di Atas Awan sih. Dan semua fotonya keren abis sih walopun cuma pake hape doang hehe.

20. Sunsetnyaaa juara bangeeet Pi.. dan nama tempatnya lucuuu ya B29.reminds me of vintagr soap :)

BalasHapus
  21. Ya Allah ..indah banget tempatnya..semoga suatu saat nanti bs main ke sana juga ah.. hehe

22. Nama lokasinya lucu ya, B29 dan B30. Kenapa bisa dinamai seperti itu ya, Mbak? Pemandangan di sana bagusnya. Aku belum pernah ke daerah Lumajang

23. Bagus sekali pemandangannnya. Bakal betah banget berlama-lama di sana. Ternyata harus pakai ojek dari sana ya. Harganya cukup terjangkau juga untuk PP. Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau ya, mbak :)

BalasHapus
  24. Masya Allah.. liat fotonya aja udah kesengsem banget. Indahhh banget ya B29 dan B30 ini. Awan yang putih, hijau pepohonan, berpadu tanah yg coklat dan birunya langit. Subhanallah..

25. Baca B29, jadi ingat vintage soap, bahahaha.
    Idem dengan mba Indah.

Puncak B29, viewnya juarak!
    Syukak!

Btw, kenapa dikasih nama B29 ya, mba?
    Aku kepo beraaaat.

Tak sabar, langsung browsing sendiri, hihihi.
    Ternyata eh ternyata karena puncak tersebut terletak di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl)

BalasHapus
  26. Rumah mamaku di lumajang tapi aku malah belum sepat naik ke B29, selalu cuma jadi rencana aja hahaaa. Lihat foto-foto ini jadi pingin banget ke sana,s emoga akhir tahun ini bisa menjejak B29 :)

27. MashaAllah indahnya.. begitu indah ciptaanNya ya.. aku pernah mendengar negeri diatas awan ini, tapi belum menemukan foto seindah dalam tulisan ini mba.. bersyukur banget mbak bisa menikmasti indahnya pemandangan di puncak b29.. semoga suatu saat nanti saya bisa kesini ya mbak

28. Ih bagus banget pemandangannya hehehe. Pas baca judulnya aku kira B29 itu cuma tempat biasa hehehehe. Bisa nih nanti kalau aku main ke lumajang mampir ke Puncak B29 ini

BalasHapus
  29. Ya Allah Pi fotonya bagus-bagus. Apalagi yang awan-awan itu. Cantik banget. Itu naiknya susah ga ya pi. Mau bawa rombongan anak-anak nih ke sana

30. Itu yang ngawe2 di kejauhan apakah Bromo, Pi? Duuuh aku merinding lihat foto-fotomu itu. Semacam ada rasa rindu yang menarik-narik pembuluh darahku untuk balik ke gunung lagi :) Entah kapan rindu ini bisa tertuntaskan. Sekarang bawa badan aja udah beraaat :))

31. Maasyaa Allah itu foto pemandangan gunung dan semacam kabut putih itu mempesona banget, Mbak
    Huhuhu punya anak dua kayaknya mikir panjang mau ke wisata gunung nih hehehe.

BalasHapus
  32. waw mantap banget kayanya, sering pulang kesurabaya tapi tidak pernah sempat ke puncak yang viral ini, sepertinya indah banget