5 Bahan Alami Pencegah Asam Lambung

Agustus 31, 2020

Penyakit asam lambung yang sering kambuh bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika asam lambung naik, gejala yang ditimbulkan bermacam-macam. Dari mulai sensasi terbakar pada dada sampai mual dan perut kembung.

Tau ga sih? Ada banyak pemicu naiknya asam lambung, seperti makanan pedas, makanan berlemak, serta makanan atau minuman asam. Tak hanya itu, produk yang mengandung alkohol, kopi dan minuman soda berkarbonasi juga harus dihindari oleh penderita asam lambung.

[Ilustrasi asam lambung. Emily Frost]
Selain menghindari makanan dan minuman pemicu, mengonsumsi bahan alami juga dapat meminimalisir gejala asam lambung. Berikut adalah 5 bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi penyakit asam lambung.

1. Jahe 
Jahe adalah bahan alami yang sangat mudah ditemukan dan kaya akan antioksidan. Komponen Phenolic yang terkandung di dalam jahe bisa meredakan iritasi gastrointestinal, radang dan kontraksi yang disebabkan oleh asam lambung. Dengan kata lain, jahe bisa mengurangi asam yang mengalir dari perut ke esofagus sehingga dengan cepat meredakan gejala asam lambung. Untuk pencegahan, konsumsi jahe sangatlah bagus. Jahe bisa dikonsumsi dengan dicampurkan ke dalam hidangan lain atau dijadikan minuman khas Indonesia seperti wedang jahe.

Tetapi perlu diingat, menurut healthline.com, terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi jahe justru bisa memperburuk sensasi heartburn. Bila penderita mengalami sensasi dada terbakar dan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe dalam waktu kurang dari 24 jam, hal itu bisa menambahkan sensasi heartburn yang dirasakan.

2.   Daun Mint
Tumbuhan yang termasuk ke dalam genus mentha ini terkenal dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare, mual dan sakit perut. Menurut buku ‘Healing food’ yang dikutip food.ndtv.com, oil di dalam mint bisa menjadi antiseptik dan anti bakteri yang berfungsi  untuk mengurangi kadar asam berlebih dan merelaksasi perut yang kembung. Selain itu, daun mint juga bisa meredakan radang pencernaan yang biasa dialami penderita asam lambung

Daun Mint bisa dikonsumsi dengan cara dicampurkan dengan hidangan lain atau memakannya mentah-mentah. Sebelum dikonsumsi, pastikan sudah dibersihkan terlebih dahulu, ya!

3.   Jus Aloe vera
Aloe vera memiliki banyak manfaat seperti, mengurangi asam perut berlebih, mengeluarkan toksin, meningkatkan kadar protein pencernaan, menyeimbangkan bakteri dalam pencernaan dan meredakan peradangan akibat asam lambung.

Dalam studi Journal of Traditional Chinese Medicine, peneliti menemukan bahwa penderita yang mengkonsumsi 10 ml jus aloe vera setiap hari dalam 4 minggu mengalami penurunan signifikan pada gejala asam lambung seperti, sensasi panas di dada, mual dan muntah, serta naiknya kadar asam setelah makan.

4.   Kunyit
Kunyit sudah digunakan untuk pengobatan alami sejak ribuan tahun yang lalu. Herbal berwarna kuning ini bisa menjadi alternatif terapi pengobatan untuk asam lambung. Kunyit dipercaya bisa mengurangi sensasi heartburn dan menetralkan asam lambung. Bahan aktif curcurmin di dalam kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Curcumin mengandung anti radang, antioksidan dan anti bakteri jahat dalam pencernaan. Oleh karenanya Kunyit dikatakan bisa meringankan gejala GERD.

5.   Daun Basil
Basil mengandung zat yang dapat mengurangi gas dan kram perut. Eugenol dalam daun basil berguna mengurangi kadar asam. Sedangkan zat linoleic di dalamnya sangat berguna untuk mengurangi radang pencernaan. Untuk meredakan gejala asam lambung, daun basil bisa dikonsumsi dengan cara mencampurkan 1-2 sendok makan basil kering atau fresh dengan makanan atau merebusnya dan dijadikan minuman hangat.

Itulah bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati gejala asam lambung. Selain itu, tidak ada salahnya menyimpan Promag di rumah untuk menetralisir asam lambung dikala keadaan darurat.

You Might Also Like

0 comments

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB