Jumat, Agustus 14, 2020

Alpukat, Si Hijau Banyak Manfaat

[Alpukat yang kaya manfaat]
Avocado atau yang memiliki nama latin Persea Americana, buah yang tumbuh subur di tanah Indonesia dan dikenal dengan nama yang hampir sama, yaitu alpukat, alpokat, pokat, dan lainnya.

Buah ini ternyata asalnya dari Amerika Tengah dan sudah banyak dibudidayakan di perkebunan sebagai tanaman monokultur, serta tanaman pekarangan di daerah tropis lain di dunia.

Alpukat merupakan buah dengan tipe buni, dalam dunia botani merupakan buah berdaging lembut. Memiliki warna hijau cenderung coklat hingga ungu, tergantung jenis dan varietasnya.

Buah yang menjadi comfort food bagi mayoritas orang ini, rupanya memiliki banyak sekali manfaat. Baik untuk kesehatan, maupun untuk kecantikan. Selain itu juga, alpukat bisa dikreasikan dengan berbagai macam olahan.

Seperti misalnya roti gandum dengan selai alupkat kerok, atau smooties alpukat yang dicampur dengan susu lalu diblender, es dengan alpukat, dan masih banyak lagi. Tahun 2019 sempat hits juga Namanya alpukat kocok.

Jadi gak cuma dibuat jus alpukat aja ya. Bahkan alpukat yang matang, juga sudah enak dinikmati secara langsung tanpa ada tambahan apapun.


Manfaat alpukat ternyata juga banyak lho tanpa kita sadari. Setiap 100 gram buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6, E, folat dan mengandung beberapa senyawa dalam jumlah kecil seperti magnesium, mangan, zink, zat besi, tembaga, vitamin A, B1, B2 dan B3.

BACA JUGA : Memeram Buah Alpukat Mentah

Nah, ini dia manfaat mengonsumsi buah alpukat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

Menjaga kesehatan jantung,

Seperti yang kita tahu, penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Nah, kandungan buah alpukat dapat mengontrol tekanan darah serta meredam inflamasi (peradangan).

Menurunkan berat badan,
Buat yang pengen diet cocok banget nih ya, karena dengan mengonsumsi buah ini membuat kita merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan selama berjam-jam.

Alpukat kaya akan serat dan bagus untuk menu program diet. Fyi, dalam 100 gram alpukat mengandung 7 gram serat yang merupakan 27% jumlah kebutuhan harian yang disarankan.

Detoks Alami,
Selain untuk program diet, kandungan serat dalam alpukat juga berguna sebagai detoks alami. Manfaatnya bagus banget karena bisa meningkatkan pergerakan usus secara teratur.

Nah, sekarang kita bahas soal manfaat mengonsumsi buah alpukat untuk kecantikan, ya.

Karena kandungan vitamin E di alpukat cukup tinggi dan dipercaya baik untuk kecantikan kulit, jika dikonsumsi secara teratur. Makanya gak heran kan kalau ada banyak produk kecantikan dan juga kesehatan yang memiliki kandungan buah ini.

Dapat memudarkan kantung mata,
Mencegah kerutan,
Melembabkan kulit,
Mengangkat sel kulit mati,
Menutrisi rambut dan kulit kepala,

Dll.

Wah ternyata buah alpukat punya beragam manfaat tanpa kita sadari, ya. Kebetulan di rumah uti saya ada nih 3 pohon alpukat di belakang rumah, kalau sudah berbuah kami gak pernah ketinggalan untuk mengonsumsinya.

Terinspirasi bikin tulisan soal manfaat alpukat, habis baca artikel di halodoc. Kebetulan di rumah lagi punya alpukat nih.

Eh, Buat yang belum tahu, Halodoc ini merupakan sebuah web atau bisa ditemukan dalam aplikasi yang memberikan solusi yang lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan.
[Halodoc]
Jadi kita bisa tuh dapat banyak informasi dari halodoc ini, selain itu kita juga konsultasi secara online lho di sini. Wah memudahkan banget apalagi dalam kondisi dunia yang masih belum pasti seperti sekarang. Halodoc bisa jadi solusi.

Yuk, konsumsi makanan sehat. Stay healthy and happy, everyone.



0 komentar:

Posting Komentar

Keep Blogwalking! Komentar dengan link hidup akan langsung dihapus.