Buka Bersama Bestie Munculkan Ide Kolaborasi

Mei 25, 2022

Buka Bersama Bestie Munculkan Ide Kolaborasi - Gak nyangka lho, ternyata obrolan ringan saya dan dua bestie saat buka bersama kemarin betulan bisa terwujud.


Syukur alhamdulillah ada beberapa pesanan yang masuk setelah kami melakukan sedikit promosi di akun media sosial masing-masing. Jadi kolaborasi yang kami lakukan adalah dengan saling support usaha.


Misalnya saja, Ranti yang menekuni pembuatan hampers kue meskipun made by order juga menyertakan kartu ucapan dengan ukiran henna dari teman saya Evi.


Saya-pun demikian, usaha mie kriuk yang saya jalani juga turut serta menyertakan kartu ucapan lebaran yang dibuat oleh Evi. Selain itu juga setiap pembelian 10pcs Mie Kriuk saya beri bonus sample kue dari Ranti.


Ternyata dengan begitu, penjualan meningkat cukup baik dan bisa saling mengenalkan produk sahabat ke customer. Memang belum meningkat secara signifikan, sih. Tapi saya rasa momen lebaran kemarin cukup bagus untuk memulai membuka peluang pasar.

Kami jadi berpikir, seharusnya hal semacam ini sudah dilakukan sejak dulu. Tapi tidak apa-apa, karena tidak ada kata terlambat dalam menjalani sesuatu. Lebih baik sedikit terlambat, daripada tidak memulai sama sekali.


Kolaborasi semacam ini ternyata juga banyak dilakukan oleh UMKM di luaran sana. Salah satunya adalah Kolaborasi JNE dengan UMKM Cirebon yang nyatanya dapat meningkatkan perekonomian rakyat pasca pandemi.


Memang gak bisa dipungkiri, wabah yang menyerang seluruh dunia hampir 2 tahun kebelakang memang membuat banyak aspek jatuh, utamanya perekonomian. Namun, kabar baiknya karena pandemi tercatat ada lebih dari 17,5 juta UMKM di Indonesia mulai menggeliat dan mengenal literasi digital.


Mau tidak mau, para pelaku UMKM dipaksa untuk memutar otak untuk jadi leboh kreatif dengan memanfaatkan berbagai macam sosial media sebagai sarana pemasaran, supaya tidak hanya berpatokan pada penjualan offline saja.

Ide kreatif juga akhirnya membuat para pegiat UMKM Cilegon berusaha untuk melakukan terobosan baru, yaitu dengan kolaborasi yang tidak hanya melibatkan UMKM saja. Namun juga melibatkan sektor ekspedisi seperti JNE sebagai pendukung kegiatan pemasaran.


JNE sebagai perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa, yang mengusung tagline Connecting Happiness tentu mendukung penuh ide kreatif ini, sehingga memberikan kesempatan kolaborasi untuk UMKM setempat.


Maka dalam kesempatan yang baik tersebut, JNE Express turut serta mengadakan webinar JNE Ngajak Online 2022. Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon.

“JNE menggelar JNE Goll..Aborasi Bisnis online dalam rangka mendukung para UMKM, semoga dengan adanya acara JNE Goll..Aborasi online ini bisa menjadi inspirasi untuk para UMKM dan kita semua.”, buka Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online, Rabu(18/5).


Dalam kesempatan yang baik ini, JNE tentu menghadirkan pelaku UMKM yang sukses menjalankan bisnisnya di Kota Cilegon. Yakni Farah Kartika Sari selaku owner IKM Permata (sandal hotel Cilegon) dan Linda Yuli Yani selaku owner ELYECRAFT yang menghasilkan berbagai macam kerajinan tangan untuk aksesoris handmade. Khususnya aksesoris hijab. Elyecraft ini melayani penjualan dalam negeri dan luar negeri (Asia Tenggara).


Dua pelaku UMKM ini sepakat bahwa media sosial berperan sangat penting untuk kesuksesan UMKM.

“Jangan malas untuk buat konten. Kita harus memiliki diferensiasi dan tentunya original. Yang terakhir yaitu, jangan anggap kompetitor jadi lawan, tetapi jadikan motivasi bahkan teman kolaborasi”.


Hal ini bisa menjadi motivasi bagi pelaku UMKM di lain daerah, khususnya Kediri. Apalagi pihak JNE juga memberikan beberapa program untuk para UMKM dan masyarakat sekitar. Tinggal actionnya saja kan, karena tim pendukungnya sudah ada.


Seiring dengan berkembang pesatnya UMKM, JNE di Cilegon juga terus berupaya untuk meningkatkan penjualan para UMKM.


“Ada kegiatan yang akan kita lakukan setelah Goll..Aborasi, yaitu trading house, digital marketing, serta lainnya, yang akan berkolaborasi dengan para seller. Tentu kita selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada.” ungkap Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon.


JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon ini adalah kota ke-sembilan dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll...Aborasi Bisnis Online pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia.


Setelah Kota Cilegon, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Pasuruan pada 19 Mei 2022. Wah penasaran nih, Kediri jadi kota ke berapa ya yang akan dikunjungi. Jika ada kesempatan untuk ikut serta, kami bertiga (Ranti, Evi dan saya) pasti akan senang sekali bisa dapat ilmu dari ekspert di bidang UMKM.

You Might Also Like

0 comments

Keep Blogwalking!

ABOUT ME

ABOUT ME
I'm Silviana Noerita. a human write about random things and travel journal. Based in Kediri, ID.

LIKE US ON FACEBOOK