Dua Kali Vaksin Dosis 1, Kenapa?

Juni 01, 2022

Flashback cerita tentang vaksin ya.

Di awal tahun 2021 saat gencar-gencarnya vaksin, saya belum bisa mengikuti program ini karena ada masalah kesehatan. Yaitu ada pendarahan hebat akibat penyakit mioma uteri yang baru saya ketahui secara mendadak dan ada di dalam tubuh saya.

Kenapa ya kok ga bisa ikut vaksin? Yes, karena saat itu saya sedang dalam masa pengobatan dan masih mengonsumsi obat-obatan, salah satunya adalah obat pengental darah. Saya pernah baca di keterangan syarat untuk bisa vaksin adalah tidak sedang mengonsumsi obat tersebut.

Setelah menjalani operasi pengangkatan miom atau bahasa medisnya adalah miomektomi di bulan Agustus. Dua bulan setelahnya saya coba mulai ikut vaksin dosis 1, saat itu saya mendapatkan vaksin jenis Sinovac. Kemudian di bulan Desember, saya mulai mengikuti lagi program vaksin, rencananya untuk mendapatkan vaksin dosis ke-2.

Setelah antre dan dilakukan pemeriksaan, saat itu saya dinyatakan belum memnuhi syarat untuk melanjutkan vaksin dosis ke-2. Karena sedang mengandung dan belum genap 3 bulan, sehingga diminta untuk kembali lagi di bulan berikutnya.

Sayangnya waktu itu saya kurang paham dengan jadwal vaksin di desa tempat tinggal saya. Jadinya bablas hingga akhirnya vaksin Sinovac saya dinyatakan DO (jarak vaksin lebih dari 6 bulan) dan harus menjalani vaksin ulang.

Hingga akhirnya di bulan Mei kemarin saya menjalani vaksin ulang dan mendapat vaksin jenis Moderna. Infonya vaksin jenis ini bagus untuk yang sedang menjalani kehamilan. Saya mulai tergerak untuk vaksin kembali karena sedang mempersiapkan untuk kelahiran.

Efek vaksin jenis Moderna yang saya rasakan adalah lengan kiri saya nyeri selama 3 hari. Beruntungnya saya tidak mendapatkan gejala demam, jadi cukup aman. Jadi ke depannya, saya akan mendapatkan 4 kali suntikan vaksin.

Vaksin Sinovac (DO), Moderna dosis 1, 2 dan booster. Ya baiklah tidak apa-apa jika memang peraturannya seperti itu. Selain karena alasan kesehatan, saya juga perlu memenuhi syarat vaksin guna melakukan perjalanan untuk pulang ke rumah ibu mertua.

You Might Also Like

0 comments

Keep Blogwalking!

ABOUT ME

ABOUT ME
I'm Silviana Noerita. a human write about random things and travel journal. Based in Kediri, ID.

LIKE US ON FACEBOOK