Belajar Bisnis Sukulen dengan Aksara Planteria

Juni 08, 2022

Berawal dari fyp (for your page) Tiktok, bulan April yang lalu saya menemukan video tentang akun yang menjual paket tanaman sukulen. Spontan saya berpikir untuk melakukan pemesanan, dengan tujuan akan saya kemas dan jual kembali.

Entah kenapa saat itu tiba-tiba saya ingin belajar untuk berbisnis sukulen ini. Tanpa perencanaan matang, hanya coba-coba siapa tahu ada yang berminat untuk membeli. Setelah melakukan pemesanan dan barang datang, saya mulai belajar menanam dan merawat si sukulen ini.

Memang prosesnya masih sekadar, beli dari supplier, tanam ulang kemudian jual kembali. Setelah siap saya unggah melalui whatsapp, ternyata beberapa teman tertarik untuk membeli. Akhirnya, saya memutuskan untuk membuat akun IG khusus jualan sukulen. 

Syukur alhamdulillah responnya baik, meskipun belum lancar-lancar banget. Tapi buat saya dan suami, progressnya cukup bagus untuk pemula. Kami berdua cukup senang karena disela-sela kesibukan bekerja, masih punya side job lain.

Saat bulan puasa, sepulang dari kerja, hampir setiap hari bungkus-bungkus paket sukulen untuk dikirim ke customer. Kami banting setir dari usaha makanan ke usaha jualan sukulen, dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan produksi makanan ringan.

Sejak mulai terjun ke bisnis online, saya jadi lebih banyak belajar saat menjadi pelaku usaha. Copywriting, memahami customer, mengemas produk dengan baik dan belajar disiplin. Karena saya sadar sebagai penjual, kita harus melek dengan literasi digital guna pengembangan usaha.

Apalagi di era yang serba digital yang semakin berkembang dan maju ini, kita juga difasilitasi dari berbagai pihak. Mudahnya akses internet untuk belajar yang sumbernya bisa dari mana saja, bahkan untuk pelaku bisnis online juga didukung dengan kemudahan proses pengiriman oleh pihak ekspedisi.

Salah satunya adalah ekspedisi JNE, perusahaan ekspres dan logistik nasional ini memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi nyata kepada kemajuan perekonomian nasional. Dengan taglinenya “Connecting Happiness” selama lebih dari 31 tahun mewujudkan berbagai langkah bisnis dan melakukan banyak inovasi. Komitmen yang tidak hanya sekadar komitmen, nyata dilakukan dengan terus mengedepankan kualitas pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Apalagi sejak adanya JLC atau JNE Loyalty Card yang merupakan program keanggotaan yang ditujukan untuk pelanggan setia JNE. For your information, JLC ini sejak diluncurkan pada tahun 2009 hingga saat ini telah memiliki lebih dari 450.000 member.

Keuntungan menjadi member JLC adalah jika kita melakukan transaksi dan dilakukan di sales counter JNE maka akan langsung dikonversi menjadi poin JLC. Poin ini dapat ditukarkan dengan beragam pilihan hadiah berupa produk maupun voucher.

Mulai dari gadget, perlengkapan rumah tangga, E-voucher, dan juga voucher ongkos kirim serta produk menarik lainnya. Selain ditukarkan dengan hadiah, sebagai member JLC kita juga bisa memberikan hadiah kepada orang lain melalui donasi.

Mantap bukan? Apalagi sekarang JNE juga melakukan transformasi dengan mengembangkan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui aplikasi My JNE. Jadi cukup dengan satu genggaman member JLC dapat melakukan berbagai macam transaksi. 

Mulai dari cek tarif kiriman, JNE Nearby (counter JNE terdekat yang ada sekitar kita), cek transaksi, melakukan cek poin, penukaran poin, kemudahan mendapatkan informasi promo, bahkan memiliki kartu member dalam bentuk digital. Selain itu dalam aplikasi ini, kita dapat melakukan pembelian pulsa/ data, token listrik melalui dompet digital serta pembayaran lainnya. My JNE dapat diunduh melalui Play Store, kapan saja dan di mana saja.


Eri Palgunadi, VP of Marketing JNE, menyampaikan, “Bahwa dalam meningkatkan pelayanan dan inovasi, tujuan kami adalah untuk memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan. Inovasi ini adalah salah satu wujud pengembangan teknologi yang berorientasi pada excellence service, agar kualitas pelayanan semakin maksimal dan memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam menggunakan layanan JNE".

Keuntungan lain menjadi member JLC, setiap akhir tahun selalu diadakan program JLC Lucky Draw. Setiap member memiliki kesempatan untuk menukarkan poin JLC yang dimiliki dengan nomor undian, untuk mendapatkan beragam hadiah menarik.

Jadi buat teman-teman yang selama ini sudah menjadi pelanggan setia JNE, namun belum bergabung menjadi member JLC dapat mendaftarkan diri melalui website. Supaya mendapatkan benefit dari setiap transaksi pengiriman paketnya melalui JNE. Pendaftarannya mudah dan tanpa biaya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi call center 021 – 2927 8888 dan juga melalui email 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera!



You Might Also Like

0 comments

Keep Blogwalking!

ABOUT ME

ABOUT ME
I'm Silviana Noerita. a human write about random things and travel journal. Based in Kediri, ID.

LIKE US ON FACEBOOK