Ini Cara Ampuh Obati Kulit Melepuh Kena Knaplot

November 02, 2016

Siapa di sini yang udah pernah merasakan kakinya kena knalpot motor? Coba ngacung mari diabsen. haha.

Pengalaman kena knalpot ternyata gak enak banget ya, ini pertama kalinya dalam karir bersepeda motoran saya. Kejadiannya hari Jumat yang lalu, saat mengantar adik ponakan sekolah.

Perjalanan pulang saya mampir ke kios buah di pinggir jalan, pas udah selesai kan harus nyebrang tuh nah lha kok ada truk besar yang menghalangi jalan saya.

Intinya dia mau parkir di depan kios buah itu, mungkin barang datang gitu. Rupanya pas sopir gak sabaran, jadinya dia mencet-mencet klaksonnya sambil kasih tanda saya suruh minggir. 

Udah mau nyebrang, jalannya rame, saya jadi panik tuh. Terus kaki kanan saya nyiyum knalpot motor-kebetulan motornya matic- jadi ada besi yang tersambung ke knalpot itu, apa sih namanya. Ini fotonya.


besi knalpot yg mengenyos betis

Mak nyos! 

Pas di rumah, buru-buru tuh lukanya siram pakai air mengalir. Lalu saya biarkan, ternyata pas malam kok lukanya semakin menghitam. Saya basuh air lagi pokoknya gitu terus, gak nyangka pas hari Sabtu udah melepuh dan maaf ada airnya gitu. Minggu pagi kaki saya makin sakit dan nyeri, tiap kena kain atau gesekkan rasanya sengkring-sengkring (apasih bahasanya?). Sampai akhirnya pagi ini saya putuskan untuk nyoblos. Iya mengeluarkan air didalam lepuhan itu. Tapi, saya tetep steril kok karena nyoblosnya pakai duri jeruk nipis. Padahal sebetulnya tidak dianjurkan untuk memecah luka melepuh itu. Tapi karena saya udah gak tahan, jadinya yaaa eksekusi deh.

Awalnya, luka saya guyur dengan air bersih, lalu saya keringkan. Agak takut juga sih tapi dengan segala keyakinan saya coblos supaya airnya keluar. Yah, semua saya eksekusi sendiri. Tak rasa-rasain sendiri deh. Habis itu saya olesin pakai VCO (Virgin Coconut Oil) dan saya plester. Padahal tidak dianjurkan untuk menutup lukanya, tapi karena saat itu saya ada acara dan menggunakan celana jeans-nya, jadinya luka melepuh saya plester.


Tidak dianjurkan untuk ditutup.
Ternyata ada beberapa tips yang ampuh untuk mengobati luka melepuh akibat serangan knalpot ini, antara lain ;
  1. Siram dengan air mengalir, atau ;
  2. Menggunakan es batu untuk memberikan efek dingin;
  3. Oleskan obat luka knalpot sepert Supratulle®, daryantulle®, bioplacenton tulle®, dll.
  4. Saya juga pakai Tender Care dari Oriflame,
  5. Biarkan terbuka jika sudah pecah supaya cepat kering.
  6. Ini hari ke 6 luka saya sudah mengering.
Semoga bermanfaat. 

-Silviana

You Might Also Like

11 comments

  1. Aku dulu pake bioplacenton ini Sil, alhamdulillah telaten dilakoni tiap hari. Dia nggak meninggalkan bekas sama sekali

    BalasHapus
  2. waktu kecil pernah tuh kena knalpot pas antar jemput pake ojek langganan dulu sih pakenya pasta gigi sama emak tapi alhamdulilah sembuh cuma berbekas aja ampe sekarang coklat gitu

    BalasHapus
  3. Pernah,kena kemalpot 2 kali SD dan TK

    BalasHapus
  4. Kalo kita dulu ah di kasih pepsodent ama emak, kata nya biar dingin

    BalasHapus
  5. Waah syukur dech Silvi, kalau sudah mengering,

    BalasHapus
  6. Paling gak suka sih kena kenal pot.... mending kenal kamu...
    heheh... aku juga kalo kenalpot suka dikasih pepsodent

    BalasHapus
  7. Sama, pakai pepsodent, biar anyessssss

    BalasHapus
  8. Paling ngg enak memang ya sil.. Aku selalu sedia super acid water untuk yang kayak beginiii

    BalasHapus
  9. aku pernaaah.. rasanya tuh kaya ada sengkring-sengkring nya gitu kalo kegesek.. hahhaha.. iya bener, kalo luka masih basah gitu kayaknya jangan ditutup dah.. takut busuk... :D

    BalasHapus
  10. Klo aku pernah baca, sebaiknya diobati pake tepung terigu.. Jadi pas habis kena langsung deh "diboboki" atau dibekap pake tepung terigu. klo misal yang kena tangan dan punya tepung terigu banyak, tangannya bisa langsung dipendam di terigunya, klo terigunya sedikit ya dibubuhkan lalu dibalut biar gak pada jatuh. katanya lebih ampuh daripada dikasih pasta gigi.

    BalasHapus
  11. terima kasih info nya gan. Kalau saya biasa juga pakai odol gigi karena itu sangat efektif
    referensi bacaan

    BalasHapus

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB