Sekali ke Gunung Kelud, Tiga Wisata Bisa Dikunjungi

Gambar
Gunung Kelud, masih jadi primadona wisata alam yang wajib dikunjungi kalau datang ke Kediri, Jawa Timur. Setelah sekian lama tutup karena dampak letusan tahun 2014, gunung kelud saat ini sudah bisa dikunjungi sampai kawah lagi. Yay. Buat yang belum tahu, Gunung Kelud ini merupakan gunung berapi yang masih aktif. Kelud berada di perbatasan tiga daerah, yaitu Kediri, Blitar dan Malang. Nama Kelud atau Kelut dalam bahasa jawa artinya sapu, dalam bahasa Belanda disebut Klut, Cloot, Kloet atau Kloete . Nama Gunung ini berasal dari kata 'Jarwodhosok' yaitu 'ke' (kebak) dan 'lud' (ludira) yang artinya bisa merenggut banyak korban tidak berdosa. Setelah letusan tahun 2014, gunung Kelud bisa dikunjungi namun hanya sampai di parkir terakhir saja. Setelahnya kita bisa mendaki atau naik ojek. Kabar terbaru saat ini gunung Kelud sudah bisa dikunjungi seperti sedia kala. Btw, seperti pepatah ada banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan rute ke Gunung Kelud. Untuk menuju

Kuliner Kediri : Olahan 02 di Warung Bu Muhadi Djengkol Plosoklaten

Ada yang suka atau hobi makan olahan 02 atau biasa disebut dengan bekicot atau escargot? Kalau iya, kamu harus banget mampir ke daerah Djengkol di Plosoklaten, Kediri. Soalnya di tempat ini ada banyak warung makan yang menyediakan olahan bekicot sebagai menu utamanya.

Kalau diminta menyebutkan 3 makanan khas yang harus dicoba di Kediri, saya prefer ke Tahu takwa off course, gethuk pisang dan sate bekicot. Kenapa? Karena memang hampir semua teman yang pernah berkunjung selalu bilang pengen nyoba sate escargot ini.

Nah, kebetulan banget hari ini masih dalam suasana lebaran hari ke 4. Saya bersama keluarga berkunjung ke daerah Wates- dekat dengan Gunung Kelud, untuk mengunjungi mertua dari tante saya yang ada di Batam. Sepulangnya dari unjung- unjung, kami menyempatkan diri untuk mampir ke salah satu warung makan untuk membawa pulang olahan bekicot. Karena memang saudara saya yang dari Surabaya, setiap kali pulang ke Kediri hal pertama yang dicari adalah Sate Bekicot di Djengkol.

Kali ini warung makan yang kami kunjungi adalah warung Bu Muhidi, warung dengan cat warna kuning dengan bangun tidak permanen ini memang cukup kecil. Namun jangan salah, olahan makanan yang dijual di tempat ini gak kalah nikmat dengan rumah makan yang letaknya di kota. Warung Bu Muhidi buka mulai pukul 09.00 sampai habis dan buka setiap hari.

[Pulang ke desa]
Nah ada berbagai macam olahan bekicot yang bisa dicoba di sini, antara lain sate bekicot dengan bumbu kacang, kripik bekicot, krengsengan bekicot dan nasi campur. Harganya pun juga gak mahal kok, cukup dengan Rp. 20.000 sudah bisa menikmati berbagai macam olahan ini. Untuk sate 02 harga Rp. 20.000 sudah bisa menikmati 50 tusuk sate lengkap dengan bumbu kacang dan sambal pedasnya.
[Warung bu Muhidi]
Tadi waktu kami datang sekitar jam 17.00 WIB, menu krengsengan sudah kandas dan tinggal beberapa porsi sate serta kripik. Katanya sempat diborong oleh salah satu keluarga dari Mojokerto. Wah memanglah ya, olahan ini kalau buat yang doyan bisa nagihin banget. Selain bisa dimakan dengan nasi, olahan sate dan krengsengan 02 ini cocok juga kalau cuma digado biasa untuk camilan.

Tertarik buat nyobain nggak? Tapi kalau memang gak doyan jangan dipaksakan yak. Oh ya warung Bu Muhadi ini lokasinya ada di depan lapangan dan masjid. Ingat ya, warung warna kuning. 
 - Silviana -

Komentar

  1. Tahu takwa dan gethuk pisang udah pernah icip, dibawain teman Sil, tp baru tahu kalau Kediri jg terkenal dgn sate bekicot.

    BalasHapus
  2. Aku suka makan bekicot.. Sering makan sate bekicot ama keripik bekicot kalo ke Kediri. Tapi belum pernah singgah ke warung Bu Muhadi ini. Next time kalo ke Kediri lagi boleh nih masuk daftar.

    BalasHapus
  3. Bekicot belum pernah makan, tapi kalau keong aku pernah makan hahahhaha.

    BalasHapus
  4. Belum pernah makan sate bekicot.... hehehe jadi penasaran rasanya...

    BalasHapus
  5. escargot, makanan elit orang prancis :)

    BalasHapus
  6. belum pernah ke kediri... kayaknya perlu tahun depan keliling jawa

    BalasHapus
  7. Belum pernah makan bekicot, bayanginnya agak geli hihihi

    BalasHapus
  8. Eh sate bekicot itu apa , gimana rasanya. Haha penasaran

    BalasHapus
  9. Waktu mampir ke kediri, belum pernah makan makanan khasnya nih. PR buat balik kesana lagi :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Keep Blogwalking!

Postingan populer dari blog ini

Crayon Beserta Kekurangan dan Kelebihannya yang Perlu Diketahui

Pengalaman Sakit Pinggang Kecetit dan Pengobatannya

Review Milk & Honey Gold Nourishing Oriflame