Sekali ke Gunung Kelud, Tiga Wisata Bisa Dikunjungi

Gambar
Gunung Kelud, masih jadi primadona wisata alam yang wajib dikunjungi kalau datang ke Kediri, Jawa Timur. Setelah sekian lama tutup karena dampak letusan tahun 2014, gunung kelud saat ini sudah bisa dikunjungi sampai kawah lagi. Yay. Buat yang belum tahu, Gunung Kelud ini merupakan gunung berapi yang masih aktif. Kelud berada di perbatasan tiga daerah, yaitu Kediri, Blitar dan Malang. Nama Kelud atau Kelut dalam bahasa jawa artinya sapu, dalam bahasa Belanda disebut Klut, Cloot, Kloet atau Kloete . Nama Gunung ini berasal dari kata 'Jarwodhosok' yaitu 'ke' (kebak) dan 'lud' (ludira) yang artinya bisa merenggut banyak korban tidak berdosa. Setelah letusan tahun 2014, gunung Kelud bisa dikunjungi namun hanya sampai di parkir terakhir saja. Setelahnya kita bisa mendaki atau naik ojek. Kabar terbaru saat ini gunung Kelud sudah bisa dikunjungi seperti sedia kala. Btw, seperti pepatah ada banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan rute ke Gunung Kelud. Untuk menuju

Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Virus Covid-19

Cuci tangan 6 langkah untuk mencegah virus. Tahun 2020 baru berjalan selama empat bulan, meski masih ada di awal-awal tahun tapi rasanya sudah banyak memberikan pembelajaran serta evaluasi ya. Apalagi sekarang ini sedang marak virus yang sudah ditetapkan jadi pandemi, yaitu Virus Corona.

Dulu saat virus ini masih berada di tempat asalnya, Wuhan. Kita masih bisa sedikit santai karena lokasinya yang jauh di sana. Namun, ketika pemerintah merilis bahwa ada 2 warga negara Indonesia yang terinfeksi virus ini, baru kita sadar ya meskipun hanya sebagain dan melakukan panic buying. Baik itu sembako, ataupun perlengkapan kesehatan lainnya, seperti masker, tisu basah, hand sanitizer, dll.


Padahal sebetulnya menjaga kesehatan dan kebersihan itu kan seharusnya sudah dilakukan sejak dulu ya. Bukan hanya saat musim wabah seperti ini saja. Tapi meskipun virus corona merupakan wabah, namun ada sisi positif dan hikmah yang tetap bisa diambil, yaitu kita dan masyarakat sudah mulai sadar akan kesehatan.

Nah, untuk mencegah penularan virus ini. WHO menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan perlindungan dasar, yaitu rajin dan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun.

Mencuci tangan merupakan cara yang mudah, aman dan efektif untuk melindungi diri dari virus corona ini. Nah, sebelum membahas lebih jauh, mungkin sebagian orang masih ragu akan kehebatan dari cuci tangan. Kita tahu ya, tangan dan telapak tangan merupakan bagian yang paling sering bersentuhan dengan benda asing.


Maka dari itu bisa jadi banyak kuman serta kotoran yang menempel di tangan. Bayangkan saja jika tangan yang ditempeli oleh kuman, kemudian kita gunakan untuk makan, untuk menyentuh wajah kita. Apa yang terjadi? Tentu akan menyebabkan sakit.

Jadi, apa saja sih manfaatnya jika kita rajin mencuci tangan?


Mencegah diare dan gangguan pencernaan

FYI, ternyata penyebab diare bukan hanya dari kandungan makanan saja. Tapi juga dari tangan yang kotor. Bayangkan seandainya kita menyantap makanan tanpa mencuci tangan terlebih dulu. Padahal di tangan kita terdapat banyak bakteri yang menempel.

Selain itu gangguan pencernaan ternyata bisa juga diakibatkan karena telur cacing yang berkembang biak dalam tubuh. Jika terus berlanjut akan menyebabkan penyakit yang fatal.


Kedua penyakit di atas sangat rentan terjadi kepada anak-anak. Maka dari itu membiasakan diri untuk mencuci tangan sejak dini sangatlah diperlukan.

Flu dan Batuk atau Radang Pernafasan

Hal ini berkaitan dengan makanan yang kita makan saat kondisi tangan kotor. Cara kerjanya sangat cepat yaitu bakteri akab berkembang dan masuk ke dalam tubuh melalui makanan.

Lalu, makanan tersebut menyentuh lendir tenggorokkan. Kemudian terjadilah radang pernafasan baik flu maupun batuk. Hal ini perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kekebalan tubuh menjadi turun.


Selain itu juga akan ada banyak penyakit lain jika malas mencuci tangan seperti terinfeksi penyakit scabies, bakteri e.colli, salmonella, impetigo pada anak-anak dan masih banyak lagi.

Nah, untuk itu perlunya kesadaran dalam diri yang harus ditanamkan sejak dini untuk terus membawa kebiasaan baik mencuci tangan. Karena mencuci tangan merupakan kegiatan yang sangat simpel dan mudah dilakukan.


Ada 6 langkah mencuci tangan dengan menggunakan sabun yang sangat praktis dan menyenangkan jika dilakukan, yaitu :



  1. Basuh tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu gunakan sabun dan letakkan di telapak tangan secukupnya. Gosok dan rekatkan antara tangan kanan dan tangan kiri.
  2. Kemudian letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya. Bagian ini seringkali luput dilakukan karena rata-rata orang hanya fokus mencuci telapak tangan saja.
  3. Usapkan sabun pada seluruh sela-sela jari sampai berbusa. Bagian sela-sela jari ini kerap menjadi tempat bersarangnya kotoran dan bakteri usai beraktivitas.
  4. Lanjut, letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci.
  5. Terakhir, gosok jempol kanan dengan tangan kiri, posisinya memutar dan sebaliknya.
  6. Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak tangan dan sebaliknya.
Mudah banget dilakukan kan ya. Yuk jaga kesehatan dimulai dari diri sendiri dengan rajin mencuci tangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Crayon Beserta Kekurangan dan Kelebihannya yang Perlu Diketahui

Pengalaman Sakit Pinggang Kecetit dan Pengobatannya

Review Milk & Honey Gold Nourishing Oriflame