Minggu, April 12, 2020

Manfaat Senam Otak untuk Kecerdasan Anak

  No comments    
categories: 
Senam otak atau brain gym sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan guna menunjang kemampuan belajar anak. Menurut pelopor Brain Gym Paul E. Dennison,PH.D senam otak merupakan serangkaian latihan gerak yang sangat sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan tuntutan sehari-hari.

Gerakan senam otak dibuat untuk menstimulasi, meringankan atau merelaksasi untuk memaksimalkan kemampuan belajar siswa. Otak manusia seperti halogram, terdiri dari 3 dimensi dengan bagian-bagian yang saling berhubungan sebagai satu kesatuan.

Tiap dimensi ini memiliki tugas spesifik yang dalam aplikasi senam otak dipakai istilah dimensi pemfokusan, pemutusan, dan penyeimbangan antara otak kanan dan kiri.

Jadi senam otak ini bagus banget untuk mengasah otak anak-anak sebelum atau sesudah belajar. Ohya, bahkan orang dewasa juga bisa melakukan brain gym ini.

Nah, brain gym ini umumnya dilakukan oleh guru di sekolah, guna membantu anak-anak lebih fokus dalam belajar. Jadi sekolah yang menerapkan brain gym ini sudah membuktikan kalau ada peningkatan kognitif yang memengaruhi prestasi anak-anak di sekolah.

Setiap gerakan dari senam otak ini memiliki fungsi dan tujuannya sendiri. Gerakannya menyenangkan dan sangat mudah.

Abjad 8, Gerakan abjad 8 ini dilakukan dalam posisi tidur. Caranya adalah dengan membuat symbol 8. Angka 8 ini mewakili dasar dari pembuatan huruf dalam alfabet, A hingga Z.

Misalnya, untuk membuat huruf "a", "c", "d" dan "e", anak harus lancar membuat bentuk lengkung ke kiri. Sedangkan saat menulis simbol huruf "b", "n", dan "p", dia akan lebih banyak melakukan Gerakan ke arah kanan.

Gerakan yang dilakukan saat membuat angka 8 dalam posisi tidur akan mengasah kemampuan anak dalam menulis. Aktivitas ini juga membantu mempercepat kinerja otaknya dalam berpikir kreatif.

Gerak seluruh tubuh, caranya dengan menggerakkan kaki kanan dan tangan kiri secara bersamaan. Intinya menggerakkan seluruh tubuh dan indra.

Gerakan ini mampu membantu mengembangkan fungsi indera pendengaran dan penglihatan, serta kemampuan gerak anak. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat serta kemampuan membaca, mendengar, dan menulis anak.

Baca juga : Inovasi BaruNestlé DANCOW

Selain itu juga jangan lupa untuk menggerakkan kepala, seperti saat sedang pemanasan sebelum olahraga. Putar perlahan leher dari kanan ke kiri, depan dan belakang. Hal ini membuat bahu lebih rileks dan juga merelaksasi otot leher, meningkatkan kemampuan bicara dan mengurangi stress.

Jika olahraga leher sudah dilakukan, maka jangan ketinggalan juga untuk melakukan pijat kuping. Caranya dengan membuka daun telinga keluar dengan tangan. Lakukan sebanyak 3 kali ke atas dan ke bawah. Gerakan sederhana ini rupanya dapat meningkatkan memori dan indra pendengaran anak.

Pernafasan Perut, hal yang sangat mudah dilakukan oleh anak-anak. Sangat simple dan dapat dilakukan kapan saja. Taruh tangan di atas perut dan buang nafas yang pendek. Lalu, Tarik nafas dalam secara perlahan.

Tangan di atas perut harus mengikuti gerakan perut. Aktivitas sederhana ini dapat menambah stok oksigen ke seluruh tubuh, khususnya otak, serta mampu meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca.

Nah, cara selanjutnya untuk melakukan senam otak adalah dengan menggambar dengan dua tangan secara bersamaan. Meskipun hasilnya akan beda tidak apa-apa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan fokus dan meningkatkan performa kedua mata.

Ternyata brain gym sangat bagus dilakukan baik oleh anak-anak, maupun orang dewasa ya. Yuk lakukan senam otak supaya lebih fokus dalam melakukan kegiatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Keep Blogwalking! Komentar dengan link hidup akan langsung dihapus.