5 Tempat Wisata di Surabaya yang Ingin Saya Kunjungi di Tahun 2017

Februari 09, 2017

Ngomong-ngomong soal Surabaya, siapa sih yang gak tahu nama daerah ini. Orang Indonesia kebacut pol kalau sampai gak tahu, ya udah deh kalau emang gak tahu minimal pernah dengar lah ya. Secara Surabaya ini kan salah satu kota yang bersejarah selama zaman kemerdekaan, bahkan sampai punya sebutan kota pahlawan karena saking heroiknya dulu saat pengusiran VOC dan lagi di Surabaya kan punya banyak tempat bersejarah, salah satunya Jembatan Merah. Eh ini ada lagunya juga, ciptaan Gesang.

Nah dulu waktu kecil saya itu sering diajak ke Surabaya naik bus sama mbah kung. Rasanya kalau pergi ke Surabaya kayak jauuh banget, berangkatnya pagi terus pulangnya sore. Pokoknya dulu seneng banget deh rasanya. Lah sekarang pas udah besar gini malah sering banget pergi ke Surabaya sendirian, naik motor terus balik hari (pulang-pergi di hari yang sama), bisa seminggu 3-4 kali perginya. Apalagi pas zaman habis lulus kuliah kemarin, pas masih jobless jadi sering ke Surabaya untuk memenuhi panggilan wawancara dan gathering blogger.

Sayangnya saya ke Surabaya selama ini ya cuma gitu aja, seringnya datang ke acara terus pulang, kadang stay semalam kalau pas punya voucher hotel. Jarang banget datang ke Surabaya khusus untuk berwisata. Padahal di kota pahlawan ini banyak banget tempat asyik yang must visit buat nambahi koleksi foto di instagram. Hehe. Duh kenapa saya baru menyadarinya setelah sekian lama, yak. Padahal di Surabaya banyak juga temen yang semoga siap sedia kalau diajak melipir kesana-kemari.

Dari sekian banyak wisata di Surabaya ada 5 tempat yang pengen banget saya datangi tahun 2017 ini. Apalagi pas hits banget 'Oke Google' kemarin, jadi makin pengen datang khusus untuk berwisata, explore Surabaya. Ya masa ibukota sendiri gak pernah dijamah wisatanya, memang dasar saya ini manusia Jawa Timur yang masih magang. Hehehe.

Nah ini dia tempat wisata yang mau saya datangi, 


Tugu Pahlawan

Seriusan saya belum pernah ke sini. Yaampun lepak kali dah. Padahal Tugu Pahlawan ini kan salah satu tempat yang punya historical buat Surabaya. Ya memang cuma sebuah monumen berbentuk paku terbalik dengan tinggi 41,15 meter dilengkapi ornamen canalures (lengkungan) sebanyak 10 buah dan terbagi dalam 11 ruas. Ternyata angka-angka ini punya arti 10-11-45 yang merupakan tanggal bersejarah buat Indonesia.  Tugu Pahlawan ini lokasinya ada di tengah kota Surabaya dan berdekatan dengan Kantor Gubernur. Nah kalau datang ke Tugu Pahlawan ini saya nanti juga mau main ke museum bawah tanahnya.

Klenteng Sanggar Agung
Pernah lihat iklan "Oke Google" pas di Surabaya, khan? Pas sunrise dua pejalan duduk-duduk dibawah gapura berbentuk naga. Nah itulah Klenteng Sanggar Agung. Di sini sih katanya dekat sama Pantai Kenjeran dan ada patung Kwan Im yang tinggi banget letaknya ada di tepi laut. Klenteng ini gunanya udah pasti buat beribadah umat Tridharma, tapi juga dibuka untuk umum sebagai lokasi wisata. Saya pengen datang ke sini soalnya memang penggemar tempat ibadah sih. Suka aja datang ke tempat ibadah umat lain, bisa tau dan belajar hal baru. Mungkin Sanggar Agung ini juga hampir sama kayak Pa-Auk Tawya Vipassanā Dhura Hermitage di Rempang, Batam.

Monumen Kapal Selam (MonKaSel)
Tahun lalu mba Rahmah sempat ajak saya untuk main ke Monkasel, sayangnya karena keterbatasan waktu rencana ini gagal dan sampai sekarang ini belum terlaksana. Monumen kapal selam ini tampak luar seperti ada kapal yang sangat besar kombinasi warna hijau dan hitam. Nah ternyata kapal yang dipajang ini adalah kapal yang pernah digunakan dalam pertempuran di laut Aru, namanya KRI Pasopati 410. Jadi ada apa aja ya di dalam kapal ini? Let’s see! Gak sabar mau datang ke sana.

Museum House of Sampoerna
“Main o ke House of Sampoerna, ben kamu tau nek arep dadi legend iku perjuangan e yo berat” kata salah satu teman saya. Saya inget banget dia ngomong kayak gitu pas masih zaman kuliah, pas saya masih cupu belum berani pergi jauh-jauh. Nah setelah saya baca-baca dari reviewnya HoS ini merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ya meskipun saya bukan perokok sih ya, tapi kan saya juga pengen tahu sejarahnya produsen rokok kretek yang paling terkenal ini. Nanti deh saya tulis ulasannya versi saya tentunya kalau sudah berkunjung, ya.

Ekowisata Mangrove Wonorejo
Seumur hidup saya yang hampir menginjak ¼ abad ini, baru sekali saya mengunjungi hutan mangrove. Itupun saat melakukan kunjungan singkat ke Probolinggo, tepatnya di Pantai Bentar. Ternyata di Surabaya yang metropolitan ini juga ada ekowisata mangrove dan OMAEGAD saya baru tahu setelah lihat di blog teman. Nah karena sering pergi ke Surabaya belum sah kayaknya ya kalau belum mampir ke tempat ini. Kayaknya sih kalau datang ke sini enak sore-sore gitu kali ya, sambil ngadem. Tapi jangan pas musim hujan sih, nanti gak bisa foto-foto asyik.

Semoga tahun ini bisa terlaksana deh main ke 5 tempat wisata ini, kan tahun 2017 juga baru memasuki bulan ke dua, jadi pasti ada waktu. *Optimis. Rencananya sih pengen pergi ke wisata-wisata ini barengan sama keluarga atau temen blogger gitu pasti lebih seru dan asyik yak, ramai-ramai kayak famstrip. Apalagi soal akomodasi udah gak pusing lagi, soalnya udah ada sewa mobil Surabaya. Jalan-jalan kemanapun gak perlu worry apalagi kalau dalam jumlah banyak.



Jadi, ada yang mau jalan bareng saya ke 5 wisata di Surabaya ini? Yuk.

You Might Also Like

3 comments

  1. itu yang klenteng sama ekowisata aku belum sih :p

    BalasHapus
  2. Aku mau...aku mauuuu....terutama yang 2 trakir ituh...

    BalasHapus
  3. Aku ikut ya, Sil
    Motoran atau Uber
    Soal dana dan makan cari tempat yang bisa voucher, haha

    BalasHapus

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB