Minggu, Mei 20, 2018

5 Destinasi Wisata Bawah Laut Terbaik di Indonesia

  2 comments    
categories: 

[Sumber : Traveloka]
Ngomong- ngomong soal wisata, ada yang rindu jalan- jalan ke tempat terpencil dan terisolir gak sih? Apalagi kalau tempatnya punya pemandangan pantai yang menarik dan lagi bisa lihat pemandangan bawah lautnya. Ah, jadi rindu banget punya banyak waktu buat eksplor tempat baru.

Nah, buat yang pengen tahu wisata bawah laut yang oke punya, kamu gak perlu jauh-jauh untuk liburan ke luar negeri, karena tanah air tercinta kita ini punya banyak sekali pulau dan pantai yang menawarkan pesona terbaiknya.

Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki garis pantai terpanjang di dunia yang membentang dari Samudera Hindia hingga Samudera Pasifik. Selain itu, bumi pertwi juga menjadi bagian dari Segitiga Koral dunia yang menyimpan dua puluh persen dari total jumlah terumbu karang di dunia. WOW!.

Amazingnya lagi, gak cuma terumbu karang dan deretan ikan hias saja, kamu juga bakalan dimanjakan dengan pemandangan seperti parit air dalam, bangkai kapal karam, hingga gunung api bawah laut. Lengkap banget biota bawah laut Indonesia. Gak heran sih kalau keindahan ini mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berlibur dan memanjakan diri di Indonesia.

Buat kamu yang gemar menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut, ada beberapa pulau keren yang bisa kamu kunjungi. Mumpung lebaran bakalan libur panjang nih, segerakan cari tiket pesawat murah dan eksplor pulau- pulau cantik ini.

1. Pulau Togean, Sulawesi
[Pulau Togean  (Foto: Instagram @virustraveling)]
Pulau Togean (atau Togian) ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Togean dan salah satu pulau di wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, yang berada di provinsi Sulawesi Tengah.

Nah udah bisa bayangin kan ya, gimana cantiknya pulau- pulau di Sulawesi? Makanya buat kamu yang mungkin punya rencana liburan ke Sulawesi, sempatkan juga ke Pulau Togean untu melakukan selam dangkal dan jelajah pantai-pantai cantik yang ada di sana.

Jarak dari satu tempat ke tempat lainnya tidak begitu jauh, karena memang letaknya masih ada disatu kawasan taman nasional. Banyak perairan dangkal yang aman untuk digunakan selam dangkal, ditambah lagi air laut di sana sangat jernih dengan berbagai macam karang. Makanya gak heran kalau sampai ada yang bilang, Pulau Togean ini merupakan surge tersembunyi yang ada di Sulawesi Tengah.

Cara untuk sampai di Togen bisa melalui 6 kabupaten, seperti Pagimana (Kabupaten Banggai), Ampana (Kabupaten Tojo Una-Una), Poso (Kabupaten Poso), Parigi (Kabupaten Parigi Moutong), Marisa dan Paguat (Kabupaten Pohuwato), dan Kota Gorontalo. Namun hanya 3 jalur yang memiliki jalur transportasi publik rutin yaitu Ampana, Paguat (Pohuwato) dan Gorontalo.

2. Pulau Weh, Aceh
[Sumber : https://www.traveluxion.web.id]
Pulau Weh ini berada di Provinsi Aceh dan merupakan pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Dulunya pulau ini terhubung dengan Pulau Sumatra, namun akhirnya terpisah oleh laut dikarenakan meletusnya gunung berapi.

Pulau yang letaknya tepat di Laut Andaman ini sebagian besar dijadikan sebagai tempat perlindungan satwa liar oleh pemerintah Indonesia. Nah, perairannya ini yang kini sedang banyak dibicarakan para penyelam. Karena memang Pulau Weh kondang dengan ekosistemnya yang kaya. Makanya gak heran kalau pulau cantik ini masuk ke destinasi wisata terbaik.

Ekosistem alam di pulau Weh sangat terjaga, karena masih penuh dengan sistem terumbu karang yang dinamis, dan juga beragam kehidupan laut yang tidak tereksploitasi.

3. Ora, Maluku
[Sumber: Instagram @ indonesiajalan2]
Pantai Ora merupakan pantai yang terletak di utara Pulau Seram, Desa Saleman, Maluku Tengah. Pantai ini juga merupakan salah satu wisata bahari kebanggaan Indonesia.

Banyak wisatawan yang menyandingkan keindahan alam Pantai Ora dengan keindahan alam Maldives atau Maladewa karena keindahannya memang gak kalah cantik.

Selain pemandangan alamnya, kamu juga bisa coba sensasi selam dangkal ataupun diving (menyelam) sambil menikmati bawah laut Pantai Ora. Nah, untuk bisa ke Ora, rencanakan liburan jauh- jauh hari dengan memanfaatkan promo supaya liburan lebih hemat. Kamu bisa mencari promo tiket pesawat murah dan siap menikmati keindahan Pantai Ora.

4. Raja Ampat, Papua
[Sumber : Wikipedia]
Siapa sih yang gak tau tempat ini? Meskipun belum pernah berkunjung, minimal pasti sudah pernah mendengarnya. Meskipun lokasinya cukup terpencil, namun Raja Ampat menawarkan pesona keindahan bawah laut yang telah diakui dunia.

Raja Ampat yang berada di ujung barat laut Papua ini merupakan situs menyelam paling terkenal di Indonesia, bahkan ketenarannya sudah merambah mancanegara.

Terdapat gugusan pulau kecil yang sangat indah, kehidupan laut di sini sangat memukau. Memiliki kurang lebih 1200 spesies ikan, biota laut Raja Ampat digadang-gadang sebagai yang terbesar di dunia. Nah, jika beruntung, kamupun bisa melihat hiu paus secara langsung.

Para diver yang datang ke tempat ini, menyebut Raja Ampat sebagai Frontier Diving. Istilah itu disematkan karena para diver mendapatkan pengalaman menyelam yang unik, karena memang lautnya jernih, cantiknya pulau- pulau perawan dan pemandangan hamparan langit yang luar biasa menakjubkan.

5. Kepulauan Wakatobi, Sulawesi
[Sumber : Sotong di kepulauan Wakatobi. Foto: Mad Alkatiri]
Kepuluan Wakatobi memiliki surga bawah laut yang tersembunyi di laut Banda. Kepulauan ini terdiri dari empat pulau besar, yaitu Wangi, Kaledupa, Tomea, dan Binongki yang siap memanjakan liburanmu.

Pulau yang kaya akan terumbu karang, rintangan, dan biota laut ini masuk ke taman nasional dan tetap terjaga kelestariannya berkat upaya pelestarian pemerintah dan masyarakat setempat. Spot diving di Wakatobi ini memang masih relatif baru, sehingga kekayaan alam di bawah airnya tetap terjaga dengan baik.

Itu tadi 5 destinasi wisata bawah laut yang memukau. So, sudah siap liburan ke pulau- pulau cantik itu? Yuk, cari tiket murahnya!.

2 komentar:

  1. Ora, Maluku kayak pulau Maldives emang ya. Bagus banget lho.

    BalasHapus
  2. Indonesia emang terbaik kalau soal keindahan alamnya. Gak kalah dengan luar negeri.

    BalasHapus

Keep Blogwalking!